Peran Kebersyukuran Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa

Hayatun Nufus, Mahdia Fadhila, Yulia Hairina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kebersyukuran terhadap motivasi belajar pada mahasiswa penerima beasiswa. Responden penelitian ini berjumlah 55 orang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif, metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Variabel dalam penelitian ini ada 2 yakni kebersyukuran (X) dan motivasi belajar (Y). Alat pengumpulan data berupa skala model likert, analisis data menggunakan bantuan program SPSS 25.0 for window. Hasil penelitian menerangkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel kebersyukuran terhadap motivasi belajar (p = 0.002<0.05), sehingga hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Berlandaskan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kebersyukuran pada mahasiswa penerima beasiswa maka semakin tinggi pula tingkat motivasi belajar pada mahasiswa penerima beasiswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.