APLIKASI PSIKOLOGI SOSIAL TERHADAP PERILAKU PENGGUNAAN INTERNET

Fattah Hanurawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap aplikasi psikologi sosial terhadap perilaku penggunaan internet. Penelitian berpendekatan kualitatif ini  menggunakan jenis penelitian heurmenetika. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah teks tertulis yang terkait dengan  psikologi sosial, psikologi sosial terapan, dan kasus-kasus perilaku sosial penggunaan di internet. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi hermeneutika. Hasil penelitian menunjukkan terdapat teori psikologi sosial yang dapat diaplikasikan dalam perilaku penggunaan internet. Penelitian psikologi sosial terkait objek perilaku penggunaan internet, antara lain adalah persuasi dan propaganda, sikap, konflik, prasangka, dan perilaku agresi.

Kata-kata kunci: psikologi sosial, perilaku penggunaan internet, aplikasi.

Full Text:

PDF

References


Baumister, R. F. & Finkel, E.J. 2010. Advanced Social Psychology. Oxford: Oxford University Press.

Gosling, S.D. & Mason, W. 2015. Internet Research in Psychology. Annual Review of Psychology, 66 (1). Doi:10.1146/annurev-psych-010814-015321. Diakses 23 Maret 2019.

Hanurawan, F. 2010. Psikologi Sosial. Suatu Pengantar. Bandung: PT Rosdakarya dan Universitas Negeri Malang.

Hanurawan, F. 2015. Ilmu Psikologi untuk Pemecahan Masalah-Masalah Kemanusiaan. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hanurawan, F. 2016. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Psikologi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hanurawan, F. 2018. Psikologi Sosial Terapan untuk Pemecahan Masalah-Masalah Perilaku Sosial. Depok: PT RadjaGrafindo Persada.

Myers, D.G. 2016. A Social Psychology of the Internet. International Forum of Teaching and Studies, 12 (1): 3-9.

Slavin, R.E. 2006. Educational Psychology. Theory and Practice. Boston: Pearson.

Toffler, A. 1980. The Third Wave. New York. William Morrow and Company Inc.

Vieira, K.A.L & de Querios, G.M. 2017. Hermeneutic content analysis: a method of textual analysis International Journal of Business Marketing and Management (IJBMM), 2 (8), 2456-4559.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.