MENYUSUN SKRIPSI DI MASA PANDEMI? STUDI KUALITATIF KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS MAHASISWA

Firmanto Adi Nurcahyo, Tience Debora Valentina

Abstract


Pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai sektor kehidupan termasuk pendidikan. Secara khusus pandemi diduga berpengaruh pada kesejahteraan psikologis mahasiswa yang menyusun skripsi. Penelitian kualitatif dengan desain studi kasus ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesejahteraan psikologis mahasiswa yang menyusun skripsi di masa pandemi. Partisipan penelitan terdiri dari 12 mahasiswa S1. Pengumpulan data dilakukan dengan pertanyaan terbuka yang disusun berdasarkan 6 dimensi kesejahteraan psikologis. Analisis tematik dilakukan dengan mencari tema-tema yang muncul berdasarkan data. Hasil menunjukkan adanya 12 tema yakni: kekuatiran diri, penyesuaian diri, keyakinan diri, berelasi dengan memanfaatkan teknologi, strategi regulasi diri, keleluasaan waktu, dukungan keluarga, inspirasi skripsi, pelajaran hidup, pencapaian hidup, tantangan untuk diselesaikan, serta adaptasi kreatif. Pandemi menjadi sumber stres bagi mahasiswa dalam menyusun skripsi. Untuk menghadapinya, mahasiswa berfokus pada penyelesaian masalah yakni dengan memanfaatkan teknologi. Meski dalam kondisi pandemi, mahasiswa memiliki keyakinan diri dapat menyelesaikan skripsi dengan strategi, ketekunan, serta kerja keras. Penyelesaian skripsi ini menjadi bagian dari pencapaian tujuan hidup mahasiswa.

Kata Kunci: kesejahteraan psikologis; kualitatif; mahasiswa; pandemi; skripsi

Full Text:

PDF

References


Betz, C. L. (2019). Generations X, Y, and Z. Journal of Pediatric Nursing, 44, A7–A8. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2018.12.013

Bramasta, D. B. (2020, Mei). Hari pendidikan nasional dan solusi belajar di tengah pandemi corona. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/02/151400565/hari-pendidikan-nasional-dan-solusi-belajar-di-tengah-pandemi-corona-?page=2.

Coyle, S., Demaray, M. K., Malecki, C. K., Tennant, J. E., & Klossing, J. (2017). The associations among sibling and peer-bullying, social support and internalizing behaviors. Child & Youth Care Forum, 46(6), 895–922. https://doi.org/10.1007/s10566-017-9412-3

Creswell, J. W. (2007). Qualitative inquiry & research design. Choosing among five approaches. (Second). SAGE Publications Inc.

Hamdan-Mansour, A. M., & Marmash, L. R. (2007). Psychological well-being and general health of Jordanian university students. Journal of Psychosocial Nursing & Mental Health Services; Thorofare, 45(10), 31–39.

Huppert, F. A. (2009). Psychological well-being: Evidence regarding its causes and consequences. Applied Psychology: Health and Well-Being, 1(2), 137–164. https://doi.org/10.1111/j.1758-0854.2009.01008.x

Kalat, J. W. (2008). Introduction to psychology. Thomson, Wadsworth.

Koulenti, T., & Anastassiou-Hadjicharalambous, X. (2011). Non-normative life events. In S. Goldstein & J. A. Naglieri (Eds.), Encyclopedia of child behavior and development. Springer.

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping (1 edition). Springer Publishing Company.

Malecki, C. K., & Demaray, M. K. (2002). Measuring perceived social support: Development of the child and adolescent social support scale (CASSS). Psychology in the Schools, 39(1), 1–18. https://doi.org/10.1002/pits.10004

Olasupo, M. O., Idemudia, E. S., & Dimatkakso, M. (2018). Adjustment, psychological well-being and mental health of first year students in a South African university. North American Journal of Psychology; Winter Garden, 20(1), 55–68.

Pintrich, P. R. (2003). A motivational science perspective on the role of student motivation in learning and teaching contexts. Journal of Educational Psychology, 95(4), 667–686. https://doi.org/10.1037/0022-0663.95.4.667

Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1069–1081. https://doi.org/10.1037//0022-3514.57.6.1069

Ryff, C. D., & Singer, B. (1996). Psychological well-being: Meaning, measurement, and implications for psychotherapy research. Psychotherapy and Psychosomatics, 65(1), 14–23. https://doi.org/10.1159/000289026

Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The Structure of psychological well-being revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69(4), 719–727.

Sternberg, R. J. (2006). The nature of creativity. Creativity Research Journal, 18(1), 87–98.

Yin, R. K. (2014). Case study research. Design and methods. (5 Edition). SAGE Publications Inc.

Zalaznick, M. (2020, May 8). Student mental health has “significantly worsened” during pandemic | [University Business Library]. https://universitybusiness.com/mental-health-college-student-wellness-telehealth-teletherapy-active-minds/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.