Studi Eksplorasi Kegiatan Praktikum Fisika Saat Pandemi Covid-19

Anggi Setiyaningsih, Ramadona Rahmawati, Siwi Danawarih

Abstract


Pandemi Covid-19 menyebabkan dampak yang besar bagi sektor pendidikan utamanya pada pembelajaran fisika. Dengan adanya pemberlakuan kebijakan physical distancing, pembelajaran tidak dapat dilaksanakan tatap muka secara langsung dan menggantinya dengan pembelajaran daring dengan pemanfaatan teknologi yang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kegiatan praktikum selama pandemi Covid-19 pada Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret. Metode penulisan dalam artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan studi eksploratif menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form. Kriteria responden adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret angkatan 2018, 2019 dan 2020 yang sekarang sedang menempuh studi semester dua, empat dan enam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kegiatan praktikum daring terlaksana selama masa pandemi. Kegiatan praktikum yang sering dilaksanakan menggunakan aplikasi simulasi sesuai dengan bentuk praktikum yang paling diminati mahasiswa. Ada empat mata kuliah di semester genap dan lima mata kuliah di semester ganjil yang terdapat mata kuliah praktikum. Mayoritas kendala yang dihadapi saat praktikum yaitu pada jaringan atau sinyal, juga pemahaman mahasiswa terhadap pelaporan praktikum. Ada dua alasan praktikum tetap harus dilaksanakan dan tergantung situasi dan mayoritas mahasiswa mengatakan praktikum secara daring ini terlaksana cukup efektif.

Kata Kunci: pendidikan fisika, praktikum, daring, pandemi Covid-19


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99–108. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008

Ariani, N., & Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah: Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prospektif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Fayakun, M., & Joko, P. (2015). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (CTL) dengan Metodepredict, Observe, Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 49–58. https://doi.org/10.15294/jpfi.v11i1.4003

Hamidah, A., Sari, E. N., & Budianingsih, R. S. (2014). Persepsi Siswa tentang Kegiatan Praktikum Biologi di Laboratorium SMA Negeri Se-Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 49–59.

Hermansyah, Gunawan, & Lovy, H. (2015). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(2), 97–102. http://www.jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/242

Nisa, U. M. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Journal Biology Education, 14(1), 62–68.

Nursuhud, P. I. (2016). Pengembangan Perangkat Praktikum Listrik Dinamis Pada Mata Kuliah Eksperimen Fisika Materi Jembatan Wheatstone. Universitas Negeri Semarang.

Pasaribu, L. M. (2018). Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Alat Optik Di Kelas XI Semester II SMA Negeri 8 Medan T.P. 2017/2018. UNIMED.

Saraswati, N. L. P. A., & Mertayasa, I. N. E. (2020). Pembelajaran Praktikum Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19 : Qualitative Content Analysis Kecenderungan Pemanfaatan Teknologi Daring. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajaran, 14(2), 144–161.

Sholikah, T., Mardhotillah, A. F., Indriyani, L. A., Wulandari, V. A., Kuraesin, P. P. S., Al-Khotim, N. L. S. A., Irjiananto, M. Y., Fatmah, Ma’arif, M., Fadhillah, N., & Rachmawati, Y. (2020). Studi Eksplorasi Kegiatan Praktikum Sains Saat Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Science Learning, 1(2), 67–75. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/IJSL

Subiantoro, A. W. (2014). Pentingnya Praktikum Dalam Pembelajaran IPA. In Fmipa Uny (Issue ipa).

Supardi, Leonard, Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 2(1), 71–81. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/86/84

Suseno, N., Riswanto, Aththibby, A. R., Al-Arifin, D. H., & Salim, M. B. (2021). Model Pembelajaran Perpaduan Sistem Daring dan Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotor. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 9(1), 42–54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.