Pentingnya Pengembangan Kurikulum PAUD Berbasis Soft Skills dan Local Wisdom di Era Merdeka Belajar

Lidia Susanti, Amir Hamzah

Abstract


Perubahan Kurikulum Merdeka adalah hasil evaluasi dari pelakasanaan Kurikulum 2013 yang digagas untuk menjawab tantangan global dan mengantisipasi perubahan paradigma di era teknologi digital, di samping juga dipicu oleh kondisi pandemi Covid-19 yang menyebabkan terjadi krisis belajar (learning loss). PAUD adalah anak usia 2-6 tahun yang akan memasuki dunia pendidikan formal. Oleh karenanya PAUD harus mendapatkan perhatian khusus dalam proses belajarnya agar memiliki bekal yang cukup menghadapi perubahan era Merdeka Belajar, khususnya bekal kecakapan hidup (soft skill) dan local wisdom sebagai pondasi penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian kepustakaan ini dilakukan untuk menemukan landasan teoretik yang komprehensif dalam upaya pengembangan kurikulum PAUD era Merdeka Belajar. Hasil penelitian mengidentifikasi 7 materi pokok yang harus ada dalam Kurikulum PAUD sesuai karakteritik dan tujuan Kurikulum Merdeka, yaitu (1) keterampilan praktis sehari-hari, (2) keterampilan panca indera, (3) keterampilan linguistik, (4) keterampilan sosial dan kebudayaan, (5) pengetahuan agama dan budi pekerti, (6) pengetahuan etika dan moral, dan (7) pembentukan karakter Pancasila. Simpulan dari kajian dapat dinyatakan bahwa 7 materi pokok pengembangan kurikulum PAUD di era Merdeka Belajar dapat dirangkum dalam 2 muatan khusus, yaitu kecakapan hidup (soft skill) untuk pengembangan jasmani anak dan nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom) untuk pengembangan rohani anak.

Full Text:

PDF

References


Anonimus. (2023). Pengembangan Kurikulum Untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Indonesia. Retrieved from Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi website: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/

Anwar Makarim, N. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid -19. In Surat Edaran Permendikbud No 4 Tahun 2020.

Benoit, V., & Gabola, P. (2021). Effects of positive psychology interventions on the well-being of young children: A systematic literature review. International Journal of Environmental Research and Public Health, Vol. 18. https://doi.org/10.3390/ijerph182212065

Gavin, M., Mentz, R., Wedig, L. M., Storlie, C. H., & Herbst, E. (2020). Soft skills curriculum on a budget: Tackling the STEM skills gap with limited resources using online video. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings, 2020-June. https://doi.org/10.18260/1-2--35196

Huertas-Abril Ed., C. A., & Gómez-Parra Ed., M. E. (2018). Early Childhood Education from an Intercultural and Bilingual Perspective. Advances in Early Childhood and K-12 Education (AECKE) Book Series. IGI Global.

Idi, A. (2016). Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Grafindo.

Khadijah, Arlina, Miftahul Jannah Addaudy, M. (2021). The Effect of Edutainment Learning Model on Early Childhood Socio-emotional Development. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2).

Maulana, N. (2023). Toward Sustainable Higher Education: Integrating Soft Skill Development Into Business School Curriculum In Indonesia. Journal of Law and Sustainable Development, 11(4). https://doi.org/10.55908/sdgs.v11i4.325

Morrison, G. S. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini Edisi 13. Pustaka Pelajar, 2(1).

Olugbenga, M., & Oluwatosin, O. (2022). Future Curriculum and 21St Century Soft Skills. Agpe the Royal Gondwana Research Journal of History, Science, Economic, Political and Social Science, 3(3).

Safarina, A. dan. (2015). Etika Pendidikan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Santoso, S. T. P., & Sutama, I. W. (2019). Profil Kemampuan Asertif Pada Usia Pra Sekolah. Preschool, 1(1). https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8173

Saylor, M. M., & Ganea, P. A. (2018). Active learning from infancy to childhood: Social motivation, cognition, and linguistic mechanisms. In Active Learning from Infancy to Childhood: Social Motivation, Cognition, and Linguistic Mechanisms. https://doi.org/10.1007/978-3-319-77182-3

Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2020). Motivation and social cognitive theory. Contemporary Educational Psychology, 60. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101832

Sukmadinata, N. S. (2019). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.

Suprapto, N., Prahani, B. K., & Cheng, T. H. (2021). Indonesian curriculum reform in policy and local wisdom: Perspectives from science education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 69–80. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i1.28438

Susanti, L. (n.d.). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Malang: PT Gramedia Jakarta.

Sutisna, I., & Laiya, S. W. (2020). Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. In UNG Press Gorontalo.

Thompson, J., & Stanković-Ramirez, Z. (2021). What early childhood educators know about developmentally appropriate practice. Phi Delta Kappan, Vol. 103. https://doi.org/10.1177/00317217211051138

Wadu, L. B., Darma, I. P., & Ladamay, I. (2019). Pengintegrasian Nilai Moral Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.21067/jip.v9i1.3067

Ye, Y. H., & Shih, Y. H. (2020). Life education for young children in Taiwanese preschools: Meaning, aspects and teaching methods. Universal Journal of Educational Research, 8(4). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080415




DOI: https://doi.org/10.17977/um083.8584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This proceeding series is indexed by:

ipiii.pnggoogle.png

ISSN: 2987-2448