Pengembangan Aplikasi GEMA dengan Pendekatan Gamifikasi dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Jayanti Yusmah Sari, Suharsono Batun, Risnayanti Risnayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi GEMA (Game Edukasi Matematika) dengan pendekatan gamifikasi untuk pembelajaran matematika di sekolah dasar. Aplikasi GEMA dirancang sebagai alat bantu pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan untuk membantu siswa dalam memahami konsep matematika. Pendekatan gamifikasi digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui elemen-elemen permainan yang menarik. Proses pengembangan aplikasi GEMA melibatkan berbagai fitur, seperti materi belajar, game, video edukasi, dan panduan. Aplikasi ini diujicobakan melalui metode blackbox dan User Acceptance Testing (UAT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi GEMA mendapat respons positif dari guru dan siswa. Aplikasi ini membantu guru dalam mengajar matematika dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Dengan nilai n-gain yang tinggi pada tes pretest ke posttest (0,76, kategori tinggi), aplikasi GEMA terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika. Hasil penelitian ini mengonfirmasi bahwa pengembangan aplikasi GEMA dengan pendekatan gamifikasi merupakan langkah positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar. Dengan demikian, aplikasi GEMA dapat menjadi alat yang berharga dalam mendukung pembelajaran matematika yang lebih interaktif dan efektif di tingkat sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Anggeraeni, R. W., Rahmawati, Y., Febriyana, M. M., & Astuti, I. A. D. (2021). FINOT PHYSTOOL (Find Out Physics Tools) sebagai Media Pengenalan Alat-Alat Praktikum Fisika Berbasis Aplikasi Game Android. Journal of Learning and Instructional Studies, 1(1), 1-8. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/7367

Depaepe, F., Verschaffel, L., & Kelchtermans, G. (2013). Pedagogical content knowledge: A systematic review of the way in which the concept has pervaded mathematics educational research. Teaching and teacher education, 34, 12-25. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2013.03.001

Kind, V. (2009). Pedagogical content knowledge in science education: perspectives and potential for progress. Studies in science education, 45(2), 169-204. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/03057260903142285

Kurniawan, E. S., Pratiwi, U., & Fatmaryanti, S. D. (2019). Asistensi Praktikum Fisika dan Pendampingan Fun Science Project Bagi Peserta Didik di SMA Negeri 9 Purworejo. Surya Abdimas, 3(1), 12-20. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/abdimas/article/view/482

Loughran, J., Milroy, P., Berry, A., Gunstone, R., & Mulhall, P. (2001). Documenting science teachers' pedagogical content knowledge through PaP-eRs. Research in Science Education, 31(2), 289-307. https://link.springer.com/article/10.1023/A:1013124409567

Noor, Y. A., Putra, N. M. D., Nugroho, S. E., Marwoto, P., Mindyarto, B. N., Linuwih, S., Adhi, M. A., Muttaqin, R., Prayitno, W. S. W., & Suyanto, S. (2020). Praksis Praktikum Fisika Mode Daring: Studi Kasus Pembelajaran Di SMA/MA Jawa Tengah Dan Jawa Timur Semasa Pandemi Covid-19. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(3), 276-283. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/45868

Olfos, R., Goldrine, T., & Estrella, S. (2014). Teachers' pedagogical content knowledge and its relation with students' understanding. Revista Brasileira de Educação, 19, 913-944. https://www.scielo.br/j/rbedu/a/b7mNsqsg4JLLSTyrP4pctFP/?lang=en

Safriana, S., & Marina, M. (2019). Analisis Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Fisika Pada Mata Kuliah Microteaching. Jurnal Serambi Akademica, 7(3), 312-320. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/jsa.v7i2

Sholihah, M. a., Yuliati, L., & Wartono, W. (2016). Peranan TPACK terhadap Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Calon Guru Fisika dalam Pembelajaran Post-Pack. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 144-153. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6115

Shulman, L. S. (2015). PCK: Its genesis and exodus. In Re-examining pedagogical content knowledge in science education (pp. 3-13). Routledge.

Yuliati, L. (2017). Membangun pedagogical content knowledge calon guru fisika melalui praktek pengalaman lapangan berbasis lesson study. Momentum: Physics Education Journal, 16-30. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.1629

Yuniati, L. (2011). Pengembangan media pembelajaran mobile learning efek doppler sebagai alat bantu dalam pembelajaran fisika yang menyenangkan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2(2). http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F/article/viewFile/130/116

Yusro, A. C. (2022). Kemampuan Adaptasi dan Kreativitas Calon Guru Fisika dalam Transformasi dan Inovasi Pembelajaran di Era Digital. SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika),

Yusro, A. C., Safitri, W., Ngabdiningsih, S. W., & Taqwim, M. A. (2023). Development of Students’ Science Worksheets Based on Liveworksheet As Alternative Learning Resources for Junior High School Students. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 133-146. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/2406

Yusro, A. C., Zulfa, R. N., Taqwim, M. A., & Damayanti, P. (2023). Implementation of a Lesson Study on Pascal's Law Using Liveworksheet-Based E-Student Worksheets Media to Analyze the Learning Process in Junior High School. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 11(1), 124-134. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bipf/article/view/15587




DOI: https://doi.org/10.17977/um083.8583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This proceeding series is indexed by:

ipiii.pnggoogle.png

ISSN: 2987-2448