Analisis Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pada Masa Covid – 19 di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Huta Raja Tinggi

Dorawan Lia Sihite

Abstract


Abstract: This research aims to find out the activeness of the learning process through online learning, to find out the inhibiting factors of the learning process through online learning, and to find out the efforts made in overcoming the obstacles to online learning at SDN in Huta Raja Tinggi District, Padang Lawas Regency Academic Year 2020/2021. Type of Research This is a qualitative descriptive study. This research was conducted at SDN 0702 Panyabungan, SDN 0706 Tanjung Bale, SDN 0713 Trans Pir, Huta Raja Tinggi District, Padang Lawas Regency. The sample of this study consisted of 57 fifth grade students and 3 teachers from three elemen- tary schools, namely SDN 0702, SDN 0706, SDN 0713, Huta Raja Tinggi District. The data was collected using a questionnaire, totaling 15 questions which had been validated by expert lecturers. The results of the study were: a) Student learning activeness in learning during the covid-19 period at SDN 0702 results of student questionnaire recapitulation 49.68%, SDN 0706 results of student questionnaire recapitulation 48.93%, SDN 0713 results of student questionnaire recapitulation 49.39% and teacher questionnaire recapitulation 49.13% with quite active category. b) Obstacles to student learning in online learning: 1) students are less focused while studying; 2) inadequate facilities in online learning; 3) lack of readiness of class teachers for online learning. c) Efforts made to overcome obstacles to online learning: 1) distributing in- ternet quota to students; 2) creative learning training facilities using both the internet learning system and other techniques.

Keywords: Active learning, covid 19, online learning

Abstrak: Penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui keaktifan proses belajar melalui pem- belajaran daring, mengetahui faktor penghambat proses belajar melalui pembelajaran daring, dan mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala pembelajaran daring SDN di Kec.Huta Raja Tinggi Kab.Padang Lawas T.A 2020/2021.Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Penelitian ini dilaksanakan di SDN 0702 Panyabungan, SDN 0706 Tanjung Bale, SDN 0713 Trans Pir Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Sampel penelitian ini berjumlah 57 orang siswa kelas V dan 3 guru dari tiga SD yaitu SDN 0702, SDN 0706, SDN 0713Kecamatan Huta Raja Tinggi.Data dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuesioner yang berjumlah 15 butir pertanyaan yang sudah divalidkan dengan dosen ahli. Hasil temuan penelitian yaitu:A)Keaktifan belajar siswa pada pembelajaran pada masa covid- 19 di SDN 0702 hasil rekapitulasi angket siswa 49,68%, SDN 0706 hasil rekapitulasi angket siswa 48,93%, SDN 0713 hasil rekapitulasi angket siswa 49,39% dan rekapitulasi angket guru 49,13% dengan kategori cukup aktif.B)Penghambat belajar siswa dalam pembelajaran dar- ing:1)peserta didik kurang fokus saat belajar;2)fasilitas yang kurang memadai dalam pembela- jaran daring; 3)kurangnya kesiapan guru kelas dalam pembelajaran daring.C)Upaya yang dil- akukan untuk mengatasi kendalapembelajaran daring:1)mendistribusikan kuota internet kepada siswa;2)fasilitas pelatihan belajar kreatif baik dengan menggunakan sistem belajar internet maupun teknik lainnya.

Kata kunci: Keaktifan belajar, pembelajaran daring


Full Text:

PDF

References


A, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid- 19 oleh guru

Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10 (3), 282–289.

Ajat, R. (2018). Pendekatan Peelitian Kuantitatif. Quantitative Research Approach Deepublish.

Al Halik, Z. A. (2020). Analisis Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran daring. Jurnal Bimbingan Konseling

Islam.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

D. J. PRIANSA. (2017). Pengembangan strategi dan model pembelajaran. Pustaka Setia. Gusty dkk. (2020).

Belajar mendiri pembelajaran daring di tengah covid-19 konsep, strategi, dampak dan tan-tangan.

Yayasan Kita Menulis.

Hamalika, O. (2009). Proses Belajar Megajar. CV Pustaka Setia.

Hanafy sain Muh. (2021). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17, 1.

komalasari k, dkk. (2020). Principal’s Management Competencies in Improving the Quality of Education. Jurnal

of Social Work and Science Education, 1(2), 181-.

Nissa S.F dan Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal

Ika, 8 (2) : 27.

Nurdin. (2011). Belajar dengan pendekatan Paikem. Bumi Aksara.

Nurfatimah, Lalu hamdian affandi, I. syahrul jiwadono. (2020). AnalisisKeaktifan Bela jar Siswa Kelas Tinggi di

SDN 07 Sila pada Masa Pandemi Covid-19. PGSD FKIP Mataram.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Riswani, E. . dan W. (2012). Model Active Learning Dengan Teknik Learning Starts With a Question Dalam

Pening-katan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Akuntansi Kelas Xi Ilmu Sosial 1 Sma Negeri

Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012.

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajagrafindo Persada. Silalahi. (2012). Metode

Penelitian Sosial. PT Refika Aditama.

Sinar. (2018). Metode Active Learning-Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.

Sudijono. (2012). Pengantar Statistika Pendidikan. Rajagrafindo.

Sudjana N. (2010). Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Sugiyono.(2015).

Metode Penelitian Pendidikan. ALFABETA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Rajagrafindo Persada.

Widiyoo A. (2020). Efektifitas Pekulihanan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid-19.

Jurnal Pendidikan, 8(2), 169.

Yuliai M dkk. (n.d.). Pembelajaran daring untuk pendidikan teori &penerapan. Yayasan Kita Menulis.




DOI: https://doi.org/10.17977/um083.8142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This proceeding series is indexed by:

ipiii.pnggoogle.png

ISSN: 2987-2448