Analisis Pembelajaran Home Visit Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 104193 Tandam Hilir II Kecamatan Hamparan Perak

Nurhabibah Meha

Abstract


Abstract: This study aims to find out whether the implementation of home visit learning during the pandemic was effective. Implementation of home visit learning during the pandemic at SD Negeri 104193 Tandam Hilir II, Hamparan Perak District, Deli Serdang Regency. This research method is descriptive qualitative. This research was conducted at SD Negeri 104193 Tandam Hilir II, Hamparan Perak District, Deli Serdang Regency. This research was conducted on fourth grade students at SD Negeri 104193 Tandam Hilir II consisting of 30 students as the sample and 4 teachers. Data analysis techniques include data collection, data reduction, data presentation, and conclusion and verification. Checking the validity of the findings was obtained from triangulation of sources and triangulation of techniques. As for the implementation of the home visit, there are three stages, namely: a) the preparation stage, b) the implementation stage, divided into 2, namely: the initial activity implementation stage and follow-up activities, c) the learning monitoring and evaluation stage) implementation of the home visit there are three stages, namely: a ) the preparation stage b) the implementation stage is divided into two, namely: the initial activity implementation stage and the advanced activity implementation stage. c) monitoring and evaluation stage of learning.

Keywords: Home visit learning, the role of the teacher, the covid-19 pandemic

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan pembelajaran home visit pada masa pandemi efektif digunakan. Pelaksanaan pembelajaran home visit pada masa pandemi di SD Negeri 104193 Tandam Hilir II Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104193 Tandam Hilir II Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilaksanakan terhadap peserta didik kelas IV SD Negeri 104193 Tandam Hilir IIyang terdiri atas 30 peserta didik sebagai sampelnya dan 4 orang guru. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan di peroleh dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun pada pengimplementasian home visit terdapat tiga tahapan yaitu: a) tahap persiapan, b) tahap pelaksanaan, dibagi menjadi 2 yaitu: tahap pelaksanaan kegiatan awal dankegiatan lanjutan, c) tahap monitoring dan evaluasi pembelajaran) pelaksanaan home visit terdapat tiga tahap yaitu: a) tahap persiapan b) tahap pelaksanaan terbagi menjai dua yaitu: tahap pelaksanaan kegiatan awal dan tahap pelaksanaan kegiatan lanjutan. c) tahap monitoring dan evaluasi pembelajaran.

Kata kunci: Pembelajaran home visit, peran guru, pandemic covid-19


Full Text:

PDF

References


Ahmad Idzhar. (2016). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Office,

(2), 221–228. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4604

Amalia, H. (2016). Implementasi Home Visit dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran PAI di SDIT alAzhar Kediri. Didaktika Religia, 4(1), 77–106.

https://doi.org/10.30762/didaktika.v4.i1.p77-106.2016

Dwita, K. D., Anggraeni, A. I., & Haryadi. (2018). Pengaruh Home Visit Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil

Belajar Siswa Di Sdit Harapan Bunda Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA),

(01), 1–15.

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown

bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

(1), 177. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529

Nirmala, B., & Annuar, H. (2020). Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa

Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1052–1062.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.716

Rachman, S. A. (2020). 408-Article Text-1149-1-10-20200918. Pentingnya Penyediaan Lingkungan Belajar

Yang Kondusif Bagi Anak Usia Dini Berbasis Kunjungan Belajar Di Masa New Normal, 6(3).

https://doi.org/10.5281/zenodo.4035268

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Pembentukan

Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Seluma dan Kabupaten Kaur. 1, 1–22.

Sugiyono (Ed.). (2019). metode penelitian kuantitatif dan kuantitatif dan R & D (cetakan ke 3). Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development. Alfabeta.

Sumiati, S. (2018). Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. TARBAWI Jurnal

Pendidikan Agama Islam, 3(02), 145–164. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1599




DOI: https://doi.org/10.17977/um083.8127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This proceeding series is indexed by:

ipiii.pnggoogle.png

ISSN: 2987-2448