Pelaksanaan Supervisi Klinis Sebagai Upaya Peningkatkan Kualitas Guru di Sekolah Dasar
Abstract
Abstract: This research was conducted to determine the results of the implementation of clinical supervision in improving the quality of teaching teachers to students. This research was conducted by identifying problems and obstacles faced by teachers during teaching and learning activities, then the principal provided assistance to teachers with a clinical supervision approach. This research was conducted using a literature study method. The problem of teacher professionalism in teaching can be carried out by coaching with the clinical supervision method by the supervisor. Clinical supervision is carried out by observing the learning process by the teacher directly and then discussing the resolution of teaching problems. This study uses a literature study method which then obtains literacy data in the form of factors that affect teacher performance and the clinical supervision process. By reviewing several studies on clinical supervision, it can be seen that the provision of clinical supervision to overcome the obstacles and problems of teachers in teaching is carried out through 3 stages, namely the meeting stage, the observation stage and the feedback stage. By providing feedback by the principal to the teacher in the form of directions and possible solutions, the quality of teacher teaching can increase.
Keywords: clinicalisupervision, teacher quality, elementary school
Abstrak: Penelitian ini dilakukan guna mengetahui hasil pelaksanaan supervisi klinis dalam meningkatkan kualitas mengajar guru terhadap peserta didik. penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi masalah dan kendala yang dihadapi oleh guru selama kegiatan belajar mengajar, kemudian kepala sekolah memberikan bantuan kepada guru dengan pendekatan supervisi klinis. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi literatur. permasalahan profesionalisme guru dalam mengajar dapat dilakukan pembinaan dengan metode supervisi klinis oleh supervisor. Supervisi klinis dilakukan dengan mengobservasi proses pembelajaran oleh guru secara langsung kemudian mendiskusikan penyelesaian masalah pengajarannya. Kajian ini menggunakan metode studi literatur yang selanjutnya didapat data literasi berupa faktor yang mempengaruhi kinerja guru serta proses supervisi klinis. dengan mengkaji beberapa penelitian mengenai Supervisi klinis, dapat diketahui bahwa pemberian supervisi klinis untuk mengatasi kendala dan masalah guru dalam mengajar dilakukan melalui 3 tahapan yakni tahap pertemuan, tahap observasi dan tahap balikan. Dengan memberikan umpan balik oleh kepala sekolah kepada guru berupa arahan dan solusi yang mungkin dapat ditempuh, maka kualitas mengajar guru dapat meningkat.
Kata kunci: supervisi klinis, kualitas guru, sekolah dasar
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, E. C., Isa, A. H., & Zubaidi, M. (2020). BAB XI PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS UNTUK
MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DI TK DUNGALIYO
KABUPATEN GORONTALO. 10.
Akay, Y. V., Santoso, A. J., & Rahayu, F. L. S. (2015). Metode User Centered Design (UCD) Dalam Perancangan
Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tindak Kriminalitas. 6.
Anisah, F., & Aliyyah, R. R. (n.d.). UPAYA PENINGKATAN KUALITAS GURU PNS BERSERTIFIKASI DI PROVINSI
LAMPUNG. 11.
Ansori, A., & Supriyanto, A. (2016). PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KINERJA
GURU SEKOLAH DASAR. 6.
Astuti, A. (2019). IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU.
DIDAKTIKA, 11(2), 144. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.162
Chui Mi, L. N. (2012). Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam
Mengelola Pembelajaran pada SMA Negeri 2 Sambas. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(1).
https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.339
Hadi, H. (2016). PENINGKATAN KUALITAS MENGAJAR GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS OLEH PENGAWAS
SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 74–79.
https://doi.org/10.17977/um025v1i12016p074
Humairoh, F., & Supriyanto, A. (n.d.). IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS
PEMBELAJARAN GURU DI SEKOLAH DASAR. 4.
Kristiawan, D. M., Pd, M., Yuniarsih, D. Y., Pd, S., Pd, M., & Pd, N. R. S. (2019). SUPERVISI PENDIDIKAN. Alfabeta.
Mena, Y., & Supriyanto, A. (2016). PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN MUTU
KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR. 1(11), 6.
Mushlih, A., & Supriyadi, R. A. (2018). Supervisi Pendidikan Teori dan Praktik. Rosda.
Nurcholiq, M. (2018). SUPERVISI KLINIS. Evaluasi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1 –25.
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.62
Pangestika, R. R., & Alfarisa, F. (2015). PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG): STRATEGI PENGEMBANGAN
PROFESIONALITAS GURU DAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN INDONESIA. 13.
Prasojo, L. D. (2011). Supervisi Pendidikan. Gava Media, 1–34.
Purwanto, N. (2019). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Samsudin, A. (2014). SUPERVISI AKADEMIK PEMBELAJARAN IPA MELALUI ICT BASED LESSON STUDY
UNTUK MEMBANGUN LEARNING COMMUNITY GURU SD. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1).
https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.867
Sukarno, A., & Sarjono, Y. (2015). Pengelolaan Supervisi Klinis (Studi Kasus di SMKN 1 Karangayar). Jurnal
VARIDIKA, 27(1), 10–22. https://doi.org/10.23917/varidika.v27i1.735
Sukemi. (2020). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mengelola Administrasi Kelas Melalui Supervisi
Klinis Pada Guru Di SD Negeri Sendang 01 Tahun Pelajaran 2018/2019. ANACITTA Journal of Primary
and Children’s Education, 3(1).
Tanama, Y. J., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DALAM
MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan,
(11), 2231–2235. https://doi.org/10.17977/jp.v1i11.8127
zaki, ahmad. (2019). SUPERVISI PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU
BERKELANJUTAN [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/x76ab
DOI: https://doi.org/10.17977/um083.7877
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This proceeding series is indexed by: