Pembentukan karakter melalui pembelajaran pendidikan jasmani pada atlet pelajar

Triatmo Joko Purnomo, Roesdiyanto Roesdiyanto

Abstract


Pendidikan merupakan wadah dalam membentuk peserta didik seutuhnya, dengan artian bahwa membangun manusia Indonesia memiliki sumber daya yang berkualitas. Olahraga merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan tersebut, dimana terdapat didalam pendidikan jasmani dalam pembelajaran disekolah Hal paling utama dalam pendidikan jasmani yaitu proses pembentukan karakter untuk tercapai tujuan pendidikan. Karakter yang baik harus ditanamkan pada peserta didik karena apabila sudah terbentuk akan menjadi acuan dalam kehidupan dimasa mendatang. Pembentukan karakter sendiri tidak sebatas pada saat olahraga prestasi namun juga pada pembelajaran disekolah. Begitu pula karakter sangat penting ditekankan pada siswa yang menjadi atlet.   Integrasi pembentukan karakter dalam mata pelajaran sudah menjadi bagian dan harus dijalankan bersamaan dengan peran pendidik. Demikian pembelajaran dan olahraga dalam pembentukan karakter siswa yang menjadi pelaku olahraga atau altet pelajar harus seiring dengan peran pendidik yang profesional sehingga berguna bagi bangsa dan negara.

Keywords


karakter; pembelajaran pendidikan jasmani

Full Text:

PDF

References


Ajhuri, K. F. 2019. Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Annisa, M.N, dkk. 2020. Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains. 2(1), pp.35-48. Dari: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Arifin, S., 2017. Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 16(1), pp. 78-92. Dari: https://ppjp. ulm.ac.id/journal/index.php /multilateral pjkr/article/view /3666.

Dakir. 2019. Manajemen Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasinya Di Sekolah Dan Madrasah. Yogyakarta: K-Media

Hariadi. 2014. Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahragapada Pendidikan Anak Usia Dini. Parameter Jurnal Pendidikan, 24(1) pp.13-26. Dari: http://journal.unj.ac.id /unj/index.php/parameter /article/view/ 1024.

Herdiana. A and Prakoso, G. P. W. 2016. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Mengacu Pada Pembiasaan Sikap Fair Play Dan Kepercayaan Pada Peserta Didik, Jurnal Olahraga Prestasi, 12(1), pp. 77–85. Dari https: // journal. Uny .ac.id/index.php/jorpres/article/view/9498.

Huda. S, dkk. 2020. Penanaman Pendidikan Karakter Peserta Didik Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dan Guru Pendidikan Jasmani. Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 2(1), pp.42-70. Dari: https://jurnal. staim-probolinggo.ac .id/index.php/ Muaddib/article/view/75.

Mustoip, S dkk. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV Jakad Publishing

Paturusi, A .2012. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, S dan Susanto, E. 2019. Nilai-Nilai Karakter Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta UNY Press.

Rosdiani, D. 2012. Model Pemebelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Rosmi, Y.F. 2016. Pendidikan Jasmani Dan Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 66(1), pp.55-61. Dari: http://jurnal. unipasby .ac.id/index.php/whn/article/view/482.

Undang-Undang No 3 tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidkan Nasional.

Utama, A.B. 2011. Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas BermainDalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), pp 1-9 Dari: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3477.

Winarno, M. E. 2006. Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Malang: Laboratorium Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Winarno, M.E. 2012. Pengembangan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Jasmani & Olahraga. “Pidato Penukuhan Guru Besar Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Yuliawan, D. 2016. Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Journal Of Sportif, 2(1), pp.101-112. Dari: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/661.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Triatmo Joko Purnomo, Roesdiyanto Roesdiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.