Peranan psikologi olahraga dalam meningkatkan prestasi cabang olahraga sepakbola

Linggo Jiventino Yono Prayogo

Abstract


Psikologi Olahraga adalah psikologi yang diterapkan dalam bidang olahraga, meliputi faktor-faktor yang berpengatuh secara langsung terhadap atlet dan faktor-faktor di luar atlet yang dapat mempengaruhi penampilan (performance) atlet. Seperti kepercayaan ini, motivasi, kemandirian, emosi, semangat, rasa tanggungjawab, rasa sosial dan hasrat ingin menang. Psikologi olahraga sangat penting di dalam pembinaan olahraga prestasi. Dari tujuan psikologi olahraga dalam cabang olahraga sepakbola yaitu untuk meningkatkan prestasi dan dapat menjelaskan dan memahami tingkah laku atlet dan gejala-gejala psikologi yang terjadi dalam pada umumnya. Dalam penelitian ini menggunakan metode literatur riview dari beberapa artikel yang berkaitan dengan permasalahan psikologi, dan dapat mengontrol dan mengendalikantingkah laku dengan perlakuan-perlakuan untuk menanggulangi hal-hal yang kurang menguntungkan, juga dapat memberi perlakuan-perlakuan untuk mengembangkan kemampuan dan segi-segi positif yang dimiliki untuk meningkatkan prestasi dalam cabang olahraga sepakbola.

Keywords


Psikologi Olahraga; Prestasi; Sepakbola

Full Text:

PDF

References


Anuar, F., & Syahrastani. (2018). Tinjauan Tingkat Percaya Diri Pemain Sepakbola U17 SSB Taruna Kepala Hilalang Kab. Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, Volume 1 N.

Apriansyah, B., Sulaiman, & Mukarromah, S. B. (2017). Kontribusi Motivasi, Kerjasama, Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Atlet Sekolah Sepakbola Pati Training Center di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 101–107.

Effendi, H. (2016). Peranan psikologi olahraga dalam meningkatkan prestasi atlet. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 1, 27.

Irwanto, & Romas, M. Z. (2019). Profil Peran Psikologi Olahraga Dalam Meningkatkan Prestasi Atlet di Serang-Banten Menuju Jawara. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 1–14.

Kenny Farrel. (2019). Motivasi Pemain Sepakbola Liga Kompas Kacang Garuda U-14 Tahun 2018/2019. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, Vol. 3 Jul.

Kusumajati, D. A. (2012). Psikologi Olahraga dan Filsafat. Humaniora, 3(1), 246. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i1.3307

Leitner, P., Khalil, M., & Ebner, M. (2017). Learning Analytics In Higher Education-A Literature Review. In Learning Analytics: Fundaments, Applications, And Trends, 1-23.

Permadi, A. A., & Fernando, R. (2021). Hubungan Keterampilan, Kondisi Fisik dan Psikologi terhadap Performance Pemain Sepakbola. 5(1).

Pratama, R. R. (2019). Pengaruh Gizi, Motivasi dan Percaya Diri Terhadap Prestasi Atlet Sepakbola Universitas Sriwijaya. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 37. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.37-42

Sumarjo, S. (2017). Peran psikologi olahraga dan kepelatihan dalam olahraga. Journal Warta, 53(9), 1689–1699.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Linggo Jiventino Yono Prayogo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.