Aktivitas olahraga sebagai upaya untuk peningkatan keterampilan motorik siswa sekolah dasar

Bagus Cahyono Putro

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk memberikan pandangan terhadap pentingnya kebiasaan aktivitas olahraga untuk peningkatan keterampilan motorik khususnya siswa sekolah dasar. Keterampilan motorik pada siswa sekolah dasar sebagai dasar gerak siswa menuju pada gerak yang lebih khusus. Metode penulisan menggunakan deskriptif kualitatif. Data menggunakan hasil penelitian oleh peneliti sebelumnya mengenai keterampilan motorik siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa mendorong partisipasi olahraga dapat melalui peran sekolah dan keterlibatan pendidikan jasmani dengan menerapkan program khusus untuk dukungan partisipasi olahraga anak.

Keywords


aktivitas olahraga; keterampilan motorik; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Aggerholm, K. (2014). Talent Development, Existential Philosophy and Sport. Talent Development, Existential Philosophy and Sport. Retrieved from https://doi.org/10.4324/9781315775050

Akhmad, I. (2016). Sumber Pegangan Penunjang PLPG 2016 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, 11.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bremer, E., & Cairney, J. (2018). Fundamental Movement Skills and Health-Related Outcomes: A Narrative Review of Longitudinal and Intervention Studies Targeting Typically Developing Children. American Journal of Lifestyle Medicine, 12(2), 148–159. Retrieved from https://doi.org/10.1177/1559827616640196

Feezell, R. (2019). Sport, Philosophy and Good Lives. Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). Retrieved from https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Gabbard, C. P. (2014). Lifelong Motor Development (Sixth Edit). Edinburgh: Pearson Education Limited. Retrieved from www.pearsoned.co.uk

Haibach-Beach, P. S., Reid, gregory D., & Collier, D. H. (2018). Motor Learning and Developement (Second). Human Kinetics.

Haywood, K. M., Roberton, M. A., & Getchell, N. (2012). Advanced Analysis of Motor Development. Advanced Analysis of Motor Development. Retrieved from https://doi.org/10.5040/9781492595151

Malina, R. M., & Bouchard, C. (2014). Growth Maturation and Physical Activity (Second). Campaign: Human Kinetics.

Mu’arifin. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: UM Press.

Ningsih, A., Sarwita, T., Program, D. M., Pendidikan, S., Stkip, J., Bangsa, B., & Banda, G. (2020). Survei Penguasaan Gerak Dasar Motorik Pada Siswa Kelas V Di Sd Negeri 3 Ketol. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).

Reid, H. L. (2014). Introduction to the Philosophy of Sport. Sport, Ethics and Philosophy (Vol. 8). undefined. Retrieved from https://doi.org/10.1080/17511321.2014.912675

Rusmawati, I. (2017). Penerapan Permainan Tradisional Terhadap Gerak Dasar Motorik Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V Sdn Margomulyo 1 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(2), 435–440.

Sukarmin, Y. (2011). Aktualisasi Nilai-nilai Olahraga sebagai Upaya Membangun Karakter Bangsa, 1–15.

Torres, C. R. (2014). The Bloomsbury Companion The Philosophy of Sport (First). Bloomsbury Publishing Plc.

Undang-undang No 3. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional Dengan. Presiden RI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bagus Cahyono Putro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.