Efektivitas AORA sebagai pengolah hasil tes fisik olahraga pencak silat

Deny Pradana Saputro, Andrew Rinaldi Sinulingga, Fekie Adila, Alimandan Alimandan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas aora sebagai aplikasi berbasis android yang memiliki fungsi untuk mengolah hasil tes fisik olahraga pencak silat remaja kategori tanding. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan level 2. Sampel yang digunakan sebanyak 30 mahasiswa jurusan pendidikan olahraga Universitas Riau kelas pencak silat. Analisis data menggunakan paired sample t-test dengan bantuan spss 16. Dilihat dari aspek pemrograman dan aspek penggunaan, aplikasi mendapatkan nilai yang baik. Berdasarkan penilaian secara deskriptif, aplikasi dinyatakan cukup layak dan sangat layak. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pengolahan data menggunakan aplikasi olahraga pencak silat lebih efektif dibanding manual.

Keywords


aora; pencak silat; aplikasi olahraga; tes dan pengukuran; android

Full Text:

PDF

References


Aji, R. P. (2021). Analisis perangkat lunak penilaian digital pertandingan pencak silat menggunakan iso 9126. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 5(3), 307–314.

Akbar, R. A., & Hariyanto, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pencak silat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Health, 2(7), 350–356. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/index

Dewayani, E., & Wasino. (2020). Pemodelan Data Dalam Pelestarian Warisan Budaya Tak Benda. Permodelan Data Dalam Wa, 4(2), 136–143.

Fadli, Z. (2016). Hubungan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Menunjang Kinerja Koni Provinsi Dan Induk-Induk Organisasi Cabang Olahraga Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 15(1), 26–37.

Fantini, E., & Tamba, R. S. (2020). Mediamorfosis Edukasi Informal Online Melalui Platform Digital Sebagai Peluang Bisnis Baru. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 114–127. https://doi.org/10.31334/bijak.v17i1.831

Haag, H. (1994). Theoretical Foundation of Sport Science as A Scientific Discipline. Contribution to a Philosophy (Meta-Theory) Of Sport Science. Karl Hofmann.

Khoiro, U. U., Yahya, K., & Fuad, N. (2017). Aplikasi Belajar Teknik Dasar Pencak Silat ( PSH ) Untuk Pemula. J-TIIES, 1(1), 401–408.

Marwan, I. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Seni Gerak Pencak Silat Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i2.12453

Mukholid, A. (2021). Analysis of the Audiovisual Media Development for Basic Self-defense Learning in Sports Science Colleges. Journal of Hunan University (Natural Sciences), 48(9), 269–279.

Nurhidayah, D., & Siswantoyo. (2018). Need Assesment of Software Preparation for Pencak Silat Physical Test in Early Age. Advances in Social Science, Education and Humanities Research: Proceedings of the 2nd Yogyakarta International Seminar on Health, Physical Education, and Sport Science (YISHPESS 2018) and 1st Conference on Interdisciplinary Approach in Sports (CoIS 2018), 278, 627–629. https://doi.org/10.2991/yishpess-cois-18.2018.160

Nurkholis, M. (2015). Implementasi Nilai – Nilai Pembentukan Sikap Dalam Pencak Silat Terhadap Perilaku Mahasiswa Prodi Penjaskesrek Unp Kediri. Jurnal Sportif, 1(1), 100–113.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional.

Putra, A. M., Andrian, M. A. W., & Hikmah, R. (2021). Perancangan Aplikasi Pembinaan Pencak Silat Berbasis Android Pada Yayasan Sinar Warna Nusantara. Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK), 983–987.

Rizal, Y. K., Hidayat, S., & Suryana, Y. (2021). Model Pengembangan Karakter Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar Melalui Program Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 102–113. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/32894

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Ross, C. M., & Sharpless, D. R. (1999). Innovative Information Technology and Its Impact on Recreation and Sport Programming. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 70(9), 26–30. https://doi.org/10.1080/07303084.1999.10605965

Sampurna, J., Istiono, W., & Suryadibrata, A. (2021). Virtual Reality Game for Introducing Pencak Silat. International Association of Online Engineering, 15(1), 199–207. https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I01.17679

Saputro, D. P. (2017). Pengembangan Software Tes Fisik Pencak Silat Remaja Kategori Tanding. UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Saputro, D. P., Wijaya, M. R. A., & Dongoran, M. F. (2020). Analysis of Software Requirement Management Results for Physical Tests of Adolescent Pencak Silat Fighting Categories. JUARA: Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v5i1.842

Saputro, G. E., Hanief, Y. N., Herpandika, R. P., & Saputro, D. P. (2018). Modul tutorial sebagai media pembelajaran pencak silat untuk siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Keolahragaan, 6(2), 130–138. https://doi.org/10.21831/jk.v0i0.21099

Sari, L. N., Untari, M. F. A., & Ardiyanto, A. (2020). Penanaman Karakter Disiplin Melalui Ekstrakurikuler Pencak Silat di SD Muhammadiyah 11 Semarang. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 3(2), 16–23.

Sasmitha, W., & Suwirman, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Gerak Dasar Pencak Silat Melalui Pendekatan Taktis di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Salimpaung. Sport Science: Jurnal Sains Olahraga Dan Pendidikan Jasmani, 21(1), 68–76. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/index

Sinulingga, A., Sagala, R. S., & Harahap, A. A. (2021). Training Model of Pencak Silat Learning based on Android Module Design. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 7792–7798. https://doi.org/10.33258/birci.v4i4.2698 7792

Soekarno, M. A. R. (2015). Aplikasi Permainan Silat Berbasis Android. EProceedings of Applied Science, 1(3), 1–4. https://core.ac.uk/download/pdf/299905643.pdf

Subekti, D. R., Wiguno, L. T. H., & Kurniawan, A. W. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Seni Bela Diri Pencak Silat Berbasis Aplikasi Smart Application Creator untuk Guru KKG PJOK Sekolah Dasar Kelas IV. Sport Science and Health, 3(7), 508–518. https://doi.org/10.17977/um062v3i72021p508-518

Sucipto, A., Adrian, Q. J., & Kencono, M. A. (2021). Martial Art Augmented Reality Book (Arbook) Sebagai Media Pembelajaran Seni Beladiri Nusantara Pencak Silat. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 10(1), 40–45. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i1.983

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). ALFABETA.

Sumarsono, A., Hidayat, A. K., & Ramadona, L. E. S. (2019). Optimalisasi Kemampuan Guru Pendidikan Jasmani SMA. Musamus Devotion Journal, 1(2), 11–21.

Syaifullah, R., & Doewes, R. I. (2020). Pencak silat talent test development. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 8(6), 361–368. https://doi.org/10.13189/saj.2020.080607

Tama, R. A., & Purwono, E. P. (2014). Survei Kendala Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Materi Pencak Silat SMP Ne- geri di Kabupaten Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(2), 102–108. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/32894

Yurindra, S. (2019). Pembuatan Aplikasi Scoring Board untuk membantu wasit juri dalam Kejuaraan Pencak Silat. Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat 2019, 294–305.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Deny Pradana Saputro, Andrew Rinaldi Sinulingga, Fekie Adila, Alimandan Alimandan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.