Dampak negatif model pembelajaran e-learning mata pelajaran PJOK pada siswa sekolah dasar terhadap kesehatan mental: sebuah studi literatur

Khoiriyah Khoiriyah, Ni Putu Shinta Ayu Devi, Anisa Maulidiya Putri Rahman, Yulingga Nanda Hanief, Prisca Widiawati

Abstract


Kesehatan mental tengah menjadi hal yang menjadi permasalahan di tengah pandemi COVID-19 terutama pada siswa sekolah dasar. Kesehatan mental yang terus mengalami perubahan membuat berbagai masalah utama yang harus diselesaikan. Pandemi tersebut menyebabkan banyak hal yang harus dilakukan dengan menggunakan alat komunikasi sebagai rantai bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Metode yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan literatur artikel Google Scholar yang merujuk artikel antara tahun 2016-2021 dengan rujukan yang relevan. Pencarian penulisan ini lebih menekankan pada artikel terbaru. Hasil dan pembahasan yang didapatkan memuat unsur penjelasan yang menerangkan bahwa kesehatan mental adalah kondisi dimana psikis seseorang mengalami gangguan yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Kesehatan mental yang kurang baik dapat dilihat dari bentuk kecemasan, depresi, rasa takut, jenuh, dan hal yang membuat perasaan psikis manusia merasa terganggu. Penerapan dalam pandemi COVID-19 untuk tidak bertatap muka secara langsung dengan manusia lain membuat sebagian besar menerapkan metode secara online. Hal tersebut berdampak pada tingkat pendidikan yang mengharuskan tenaga pendidik dan siswa harus melalui pembelajaran jarak jauh atau E-Learning. Pembelajaran E-Learning adalah pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media elektronik dan sosial media. Pembelajaran E-Learning dilakukan melalui sebuah aplikasi Zoom, Google Meet, Google Classroom, Whatsapp, dan melalui aplikasi lain. Melalui pembelajaran E-Learning, siswa dihadapkan oleh kecemasan dalam mengerjakan setiap tugas dari seorang guru. Siswa sekolah dasar yang menjadi perhatian penulisan tersebut karena dinilai memiliki dampak negatif jika tidak diimbangi dengan penerapan yang dapat membuat siswa sekolah dasar merasa nyaman dengan pembelajaran E-Learning. Siswa sekolah dasar akan lebih mudah terguncang psikisnya karena mengalami berbagai kondisi yang tak nyaman. Kesimpulannya, penerapan pembelajaran e-learning memperkaya pemahaman dan penerapan teknologi pada siswa, namun jika penerapan e-learning menjadi permanen pada mata pelajaran PJOK maka akan berpengaruh pada laju perkembangan motorik siswa, timbulnya rasa cemas, jenuh, dan depresi yang dapat berdampak pada pencapaian tujuan pembelajaran.


Keywords


e-learning; pendidikan jasmani; kesehatan mental; depresi; kecemasan; jenuh

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146.

Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 150-157.

Agustina, D. I., & Muhammad, H. N. (2021). Respon Siswa Terhadap Penggunaan E-Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Selama Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 9(1), 357-363.

Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh pembelajaran e-learning model web centric course terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1-12.

Ayuningtyas, D., & Rayhani, M. (2018). Analisis situasi kesehatan mental pada masyarakat di Indonesia dan strategi penanggulangannya. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(1), 1-10.

Bachtiar, B., Putri, A. P., & Maulana, F. (2021). Survei Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui E-Learning Siswa Smk Negeri Kota Sukabumi. Jendela Olahraga, 6(1), 17-27.

Bangun, S. Y. (2016). Pengembangan Pengetahuan Anak Difabel Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Outbound. Journal Physical Education, Health and Recreation, 1(1), 70-77.

Bertollo, M., Forzini, F., Biondi, S., Di Liborio, M., Vaccaro, M. G., Georgiadis, E., & Conti, C. (2021). How does a sport psychological intervention help professional cyclists to cope with their mental health during the COVID-19 lockdown?. Frontiers in Psychology, 12, 699.

Djannah, M. (2020, October). Pengaruh Kesehatan Mental di Tengah Wabah Covid-19 Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 4, No. 1, pp. 2403-2414).

Fakhriyani, D. V. (2019). Kesehatan Mental (Vol. 124). Duta Media Publishing.

Fitria, P. A., & Saputra, D. Y. (2020). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KESEHATAN MENTAL MAHASISWA SEMESTER AWAL. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 4(2), 60-66.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503

Handayani, S. L., Budiarti, I. G., Kusmajid, K., & Khairil, K. (2021). Problem Based Instruction Berbantuan E-Learning: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 697-705.

Harmono, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konseptual Dan Ketrampilan Gerak Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa SMA Kota Kediri. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28

Hayati, Y. (2021). Pembelajaran Daring Bervariasi Di Masa Covid-19 Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Smpn 4 Mataram. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 36-42

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran literasi digital pada peserta pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(2), 231-240.

Kasenda, L. M., & Sentinuwo, S. (2016). Sistem monitoring kognitif, afektif dan psikomotorik siswa berbasis android. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).

Kusmana, A. (2011). E-learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 14(1), 35-51.

Lestari, S. W. (2020). Kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (pjj) dalam masa pandemi ditinjau dari media pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3).

Mangkurat, L. DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019, February). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Prasetyo, K. (2016). Penerapan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 196-205

Prihatiningsih, E., & Wijayanti, Y. (2019). Gangguan mental emosional siswa sekolah dasar. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 3(2), 252-262

Rahmawati, S., Firmiana, M. E., & Hadiansyah, A. (2021). Manajemen stress dan menjaga kesehatan mental di masa pandemi COVID-19.

Rai, N. G. M., Susanto, T. D., Savitri, E. D., & Ratu, A. (2020). Studi Pendahuluan: Strategi Promosi Kesehatan Mental Di Lingkungan Kampus Melalui Partisipasi Dosen Wali. JURNAL SOSIAL HUMANIORA (JSH), 13(1), 46-58.

Ridlo, I. A. (2020). Pandemi Covid-19 dan tantangan kebijakan kesehatan mental di Indonesia. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 5(2), 162-171.

Rohman, U. (2016). TINJAUAN ALTERNATIF KONSEP MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI SEKOLAH. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 12(22), 111-118

Salsabila, U. H., Hanindraswari, A. D. M., Annisa, A., & Sarika, V. (2020). Menjaga Kesehatan Mental Di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Tazkiyatun Nafs. WARAQAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 5(2), 12-12.

Setiyawan, S. (2017). Visi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).

Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).

Surani, D., & Tabrani, M. B. (2021). EDUKASI KAPABILITAS KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI BANTEN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM)-Aphelion, 1(2), 155-161

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34

Tirajoh, C. V., Munayang, H., & Kairupan, B. H. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kecemasan Orang Tua Murid di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL BIOMEDIK: JBM, 13(1), 49-57.

Utami, T. W., Astuti, Y. S., & Livana, P. H. (2017). Hubungan Kecemasan Dengan Depresi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Keperawatan, 9(1), 1-5.

Utami, T. W., Astuti, Y. S., & Livana, P. H. (2019). Hubungan Kecemasan Dan Perilaku Bullying Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(1), 1-6

Warni, H., Arifin, S., & Arifin, R. (2021). Karakteristik Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) di Lingkungan Lahan Basah. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 6, No. 1).

Wijaya, R., Lukman, M., & Yadewani, D. (2020). Dampak Pandemi Covid19 Terhadap Pemanfaatan E Learning. Jurnal Dimensi, 9(2), 307-322.

Wulandari, F. (2021). Desain Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMPIT Ukhuwah Banjarmasin. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 125-139

Yusuf, S. (2011). Pengaruh Agama Terhada Kesehatan Mental. Jurnal alshifa, 2(2), 248-262.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Khoiriyah Khoiriyah, Ni Putu Shinta Ayu Devi, Anisa Maulidiya Putri Rahman, Yulingga Nanda Hanief, Prisca Widiawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.