Pengembangan latihan imagery untuk meningkatkan kepercayaan diri pada atlet pencak silat kategori tanding di Padepokan Aji Soko Sidoarjo

Muhammad Linggar Eka Prasetya, Kurniati Rahayuni, Prisca Widiawati

Abstract


Pencak Silat adalah olahraga prestasi dimana kepercayaan diri sangat penting, namun kondisi pandemi Covid-19 memberikan berbagai dampak terhadap masyarakat dan berbagai bidang, terutama pada bidang olahraga yang membuat berkurangnya kepercayaan diri atlet. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan latihan imagery guna meningkatkan kepercayaan diri pada atlet Padepokan Pencak Silat Aji Soko Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) mengikuti model ADDIE. Urutan pengembangan dalam penelitian ini sebagai berikut: Analisis kebutuhan pengembangan dilakukan menggunakan instrumen wawancara dan angket. Kemudian produk divalidasi 3 (tiga) validator/ahli, yaitu: (1) Ahli Psikologi Olahraga, (2) Ahli Kepelatihan Olahraga, dan (3) Ahli Kepelatihan Pencak Silat. Hasil penilaian validator/ahli yaitu dari Ahli Psikologi Olahraga sebesar 93,75%, dari Ahli Kepelatihan Olahraga sebesar 87,50%, Ahli Kepelatihan Pencak Silat sebesar 100% terhadap produk. Kemudian produk diuji coba pada kelompok kecil sebanyak 5 (lima) atlet, dan diuji coba kelompok besar sebanyak 10 atlet. Hasil uji coba menunjukan dari uji coba kelompok kecil sebesar 100% dan dari uji coba kelompok besar sebesar 100% terhadap produk. Hasil tersebut menunjukan bahwa produk pengembangan latihan imagery untuk meningkatkan kepercayaan diri pada atlet pencak silat di Padepokan Aji Soko Sidoarjo berupa audio podcast yang dikemas dalam bentuk CD (Compact Disk) dinyatakan layak digunakan.

Keywords


pengembangan; latihan imagery; kepercayaan diri; tanding; pencak silat

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. F., Priambodo, A., & Jannah, M. (2019). Pengaruh Latihan Imagery Dan Tingkat Konsentrasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Lay Up Shoot Bola Basket Sman 1 Menganti Gresik. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 2(2), 1–13. https://doi.org/10.33503/jpjok.v2i2.445

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran.

Anglada, D. (2007). An Introduction to Instructional Design: Utilizing a Basic Design Model. 208–216.

Apriansyah, B., Sulaiman, & Mukarromah, S. B. (2017). Kontribusi Motivasi, Kerjasama, Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Atlet Sekolah Sepakbola Pati Training Center di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 101–107.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Ed. Rev. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cumming, J., & Williams, S. E. (2013). Introducing the revised applied model of deliberate imagery use for sport, dance, exercise, and rehabilitation. Movement and Sports Sciences - Science et Motricite, 82(January), 69–81. https://doi.org/10.1051/sm/2013098

Effendi, H. (2016). Peranan psikologi olahraga dalam meningkatkan prestasi atlet. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 1, 23–30.

Fani, R. A., & Sukoco, P. (2019). Volleyball learning media using method of teaching games for understanding adobe flash-based. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 2(1), 34. https://doi.org/10.33292/petier.v2i1.6

Feltz, D. L., & Öncu, E. (2014). Self-confidence and self-efficacy. In A. G. Papaioannou & D. Hackfort (Eds.), Routledge Companion to Sport and Exercise Psychology (pp. 417–429). International Society of Sport Psychology. https://doi.org/10.4324/9781315880198.ch36

Hidayat, F., Subarjah, H., & Komarudin. (2019). Pengaruh Audiovisual Training Dan Imagery Training Terhadap Performa Bermain Sepak Bola. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 18(2), 1–3.

Koenarso, D. A. P., Sumantri, M. S., & Supena, A. (2017). Intervensi Perkembangan Motorik pada Anak Down Syndrome. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v6i2.1572

Kriswanto, E. S. (2015). Pencak silat. Pustaka Baru Press.

Kumaidah, E. (2012). Penguatan eksistensi bangsa melalui seni bela diri tradisional pencak silat. Humanika, 16(9).

Lubis, J., & Wardoyo, H. (2014). Pencak silat. Raja Grafindo Persada.

Maksum, A., Nasution, Y., Rustiana, E., Sudarwati, L., Rusmi, T., Ambarukmi, D., Garincha, G., Bustiana, B., & Raharjo, S. (2011). Pedoman dan materi pelatihan mental bagi olahragawan. Kementerian Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia.

Mirhan, J. (2016). Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan Hidup. Jurnal Olahraga Prestasi, 12(1), 115487. https://doi.org/10.21831/jorpres.v12i1.9499

Munas IPSI. (2012). Peraturan Pertandigan Ikatan Pencak Silat Indonesia. https://fdokumen.com/download/peraturan-pertandingan-ipsi-2012

Munroe-Chandler, K., & Hall, C. (2016). Imagery. In Routledge International Handbook of sport psychology (pp. 387–398). Routledge.

Nisa, K., & Jannah, M. (2021). Pengaruh kepercayaan diri terhadap ketangguhan mental atlet bela diri. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(3), 36–45.

Prawitama, M. R., & Aulia, P. (2005). Pengaruh Latihan Mental Terhadap Kepercayaan Diri Atlet Sepakbola Akademi Persegat Padang Pariaman. Jurnal Psikologi, Universitas Negeri Padang, 4(2017), 44–45.

Rahayuni, K. (2014). Pencak silat (Issue November 2018).

Rahayuni, K. (2021). Kesehatan Mental Atlet Indonesia saat Pandemi COVID-19: Tantangan, Rekomendasi dan Peluang Riset. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Setiatmoko, A. (2013). Latihan mental bagi atlet elit. Bandung: Artikel, 7.

Setyawati, H. (2014). Strategi Intervensi Peningkatan Rasa Percaya Diri Melalui Imagery Training Pada Atlet Wushu Jawa Tengah. Journal of Physical Education Health and Sport, 1(1), 48–59. https://doi.org/10.15294/jpehs.v1i1.3012

Sufriyanto, A., & Putra, Y. Y. (2019). Pengaruh Latihan Imagery Mental Terhadap Kepercayaan Diri Atlet Sepakbola Kabupaten Kerinci. Universitas Negeri Padang, 0, 1–12.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukadiyanto & Muluk, D. (2011). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Bandung: Lubuk Agung.

Sukar, N., Priambodo, A., & Nurkholis, N. (2019). Pengaruh Latihan Imagery dan Self Talk Terhadap Percaya Diri dan Konsentrasi Pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli SMP N 51 Surabaya. Jendela Olahraga, 4(1), 49–54. https://doi.org/10.26877/jo.v4i1.2991

Sulton Manazi, M., & Nurhayati, F. (2013). Pengaruh Penerapan Latihan Imagery Terhadap Hasil Tembakan Pada Jarak 30 Meter Ekstrakurikuler Olahraga Panahan Smp Negeri 02 Bakung Blitar. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(2), 454–458.

Umami, F. N., & Dewi, R. C. (2021). Motivasi Atlet Tenis Lapangan Pelti Kota Kediri Dalam Mengikuti Latihan Dan Berprestasi Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 09, 311–320.

UU RI No. 3. (2005). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3 TAHUN 2005 TENTANG SISTEM KEOLAHRAGAAN NASIONAL. http://buk.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/05/Undang-Undang-No-3-Tahun-2005.pdf

Vealey, R. S., Chase, M. A., & Cooley, R. (2017). Developing self-confidence in young athletes. In Sport psychology for young athletes (pp. 94–105). Routledge.

Williams, S. E., Cooley, S. J., Newell, E., Weibull, F., & Cumming, J. (2013). Seeing the difference: Developing effective imagery scripts for athletes. Journal of Sport Psychology in Action, 4(2), 109–121. https://doi.org/10.1080/21520704.2013.781560


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Linggar Eka Prasetya, Kurniati Rahayuni, Prisca Widiawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.