Pemanfaatan Limbah Kopi Espresso untuk Face Mask dan Bodyscrub

LUTHFIANA IZZATURRAHMAH, MEYLANIA MARDILA, PANDEGA HUTAMA, PUTRI AMALIA SOFIE, Umi Nuraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai cara pengolahan limbah yang dihasilkan oleh bisnis yang sedang berkembang di Kota Malang, yaitu bisnis kedai kopi (coffeeshop) yang menghasilkan limbah espresso berupa ampas kopi yang belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Kami memilih ide bisnis ini dikarenakan meningkatnya kebutuhan akan perawatan tubuh juga didukung oleh banyaknya limbah yang coba kita olah guna mengurangi limbah di lingkungan kita, serta kami mencoba untuk memaksimalkan nilai ekonomis dari limbah kopi ini yang dikombinasikan dengan bahan lainnya serta didukung dengan konsep hingga kemasan yang mendukung.

Pada metode penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif dengan mencari fakta atau menyelidiki fenomena sosial dan masalah manusia dengan interpretasi yang tepat. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi pada konteks penelitian kualitatif. Pendekatan fenomenologi adalah mengungkap makna suatu konsep atau fenomena pengalaman yang dilandasi oleh kesadaran individu.  Pada penelitian kami, kami menyelidiki fenomena sosial seperti tren remaja akan penggunaan masker kecantikan dan bodyscrub, lalu untuk permasalahan manusia yaitu seperti kurangnya pemanfaatan limbah kopi espresso dan pencemaran lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Dewi, Desintya. 2012. Sehat dengan secangkir Kopi. Surabaya : Stomata

Faturrahman., Yusuf, A., Oktaviana, B. 2021. Inovasi Biji Kopi Robusta Menjadi Kopi Coklat Sebagai Sumber Penghasilan Masyarakat Dusun Monggal Bawah, Desa Genggelang. Jurnal PEPADU Volume 2, No. 1, Januari 2021

Fauzi, Ridwan Aceng. 2012. Merawat Kulit & Wajah. Jakarta : Gramedia Hakim, Nelly, dkk, (1983). K

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–180. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1146

MAHASISWI KEDOKTERAN, BUKA LAPANGAN PEKERJAAN MELALUI MASKER KOPI - Universitas Jambi. (n.d.). Retrieved July 12, 2021, from https://new.unja.ac.id/en/mahasiswi-kedokteran-buka-lapangan-pekerjaan-melalui-masker-kopi/

Maryani, D., Rochdiani, D., Setia B., 2020. Strategi Pengembangan Bisnis Kedai Kopi “AI COfFEE” di Desa Pakemitan Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH Volume 7, Nomor 3, September 2020 : 739-748

Panggabean, Edy.Ir. 2011.Buku Pintar Kopi. Jakarta: PT. AgroMedia Pustaka

Rahmat, A., Farida N., Sadikin Y., dkk. 2020. Pembuatan Masker Kopi Sebagai Produk Unggulan Kelompok Wanita Tani Desa Manggarai, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat. Jurnal Pengabdian Nasional Volume 1, (1) : 19-25.

Rohmah, A.R. 2016. Pengaruh Proporsi Kulit Buah Kopi dan Oatmeal Terhadap Hasil Jadi Masker Tradisional untuk Perawatan Kulit Wajah. E-Journal Universitas Negeri Surabaya. 05(03): 73-79.

Snelson, C. L. (2016). Qualitative and mixed methods social media research: A review of the literature. In International Journal of Qualitative Methods (Vol. 15, Issue 1). SAGE Publications Inc. https://doi.org/10.1177/1609406915624574

Wasito, Hendri. 2011. Obat-obat Tradisional Kekayaan Indonesia. Yogyakarta : Graha Ilm

Wulandari, A., Rustiani E., Noorlaela E., dan Agustina, P. 2019. Formulasi Ekstraksi dan Biji Kopi Robusta dalam Sediaan Masker Gel Peel Off untuk Meningkatkan Kelembaban dan Kehalusan Kulit. Fitofarmaka Jurnal Ilmiah Farmasi. 9(2): 77-85.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.