Penerapan Authentic Assessment pada Perkuliahan Daring Perpajakan Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya

Ananda Gilang Ismoyo, Aprilia Yulihanita, Eka Dia Permata Sari, Moh. Danang Bahtiar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan authentic assessment, mengetahui menganalisis faktor penghambat dan faktor pendukung penerapan authentic assessment, dan mengetahui implementasi authentic assessment dalam pembelajaran daring mata kuliah perpajakan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif tipe field research yang dilakukan secara daring dengan metode analisis data deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini berasal dari hasil observasi dan interview kepada narasumber kompeten dalam hal ini dosen pengampu mata kuliah perpajakan prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya sesuai dengan batasan penelitian yang kemudian digunakan untuk dasar pijakan dalam melakukan analisis data. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data yang relevan, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan dari observasi dan interview kepada narasumber kompeten menunjukkan bahwa penerapan authentic assessment pembelajaran daring mata kuliah perpajakan di Universitas Negeri Surabaya dilakukan dengan menilai seluruh aspek dalam diri mahasiswa baik dalam ranah afektif, kognitif dan psikomotorik. Pada penerapannya, authentic assessment mempunyai berbagai faktor pendukung dan penghambat selama perkuliahan daring. Faktor penghambat berupa miskonsepsi instruksi yang mengaruskan klarifikasi melalui  Whatsapp grup. Faktor pendukung berupa motivasi diri, kekuatan jaringan, bahan ajar, kesiapan peserta didik dan dosen, serta media pembelajaran daring.

Kata Kunci: Autentik Assesment, Pendidikan, Perpajakan

Full Text:

PDF

References


Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalila Indonesia.

Implementasi authentic assessment dalam pembelajaran sejarah di SMA negeri 1 semarang. (2018). Indonesian Jurnal of History Education 6, 21-30.

Junaidi, A., & dkk. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mardetini, E., Fatimah, S., & Amrina, D. E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic Berbantuan Multimedia Berbasis Prezi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pajak Perpajakan. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Volume 6 No. 2, 126-138.

Nurhayati, E., Jayusman, & Ahmad, T. A. (2018). Implementasi Authentic assessment dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Semarang. Indonesian Journal of History Education, 6, 21-30.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan (online). (n.d.). Retrieved May 11, 2021, from http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud66-2013SPenilaian.pdf

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. (n.d.).

Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang SN-DIKTI. (n.d.).

Riestyanda, A., Rahmanto, N, A., & Ninghardjanti, P. (2018). Implementasi Model Authentic assessment dalam Pembelajaran di SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 2, 91-100.

UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. (n.d.).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.