ACCUBATOR: Penerapan Sustainable Development Goals pada Proses Pembelajaran Akuntansi untuk Mencapai Pendidikan Berkualitas di Indonesia
Abstract
Penerapan Sustainable Development Goals pada proses pembelajaran akuntansi difokuskan pada daerah kota-kota besar dan daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Terlebih pada mata pelajaran akuntansi yang mana guru dituntut untuk memberikan materi pembelajaran yang up to date serta tidak membedakan pendidikan di kota-kota besar dengan daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Dalam hal ini, maka diperlukan adanya aksi nyata terkait penerapan SDGs (Sustainable Development Goals) dalam pemerataan pendidikan guna mengurangi terjadinya kesenjangan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penulisan karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk memberikan gagasan pembentukan komunitas yang bergerak di bidang sosial pendidikan bernama ACCUBATOR (Accounting Build Accomodating Tutor) sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam mengurangi kesenjangan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya pada pembelajaran akuntansi. Dalam karya tulis ini, penulis menggunakan jenis penelitian studi literatur. Fokus dari program ACCUBATOR adalah perbaikan SDM pendidik melalui voluntir yang diterjunkan di daerah 3T. Tujuan dari program ini membentuk masyarakat, khususnya individu untuk menjadi pribadi yang mandiri, baik mandiri dalam berpikir, bertindak, serta mengendalikan apa yang dilakukannya terhadap informasi dan pendidikan.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, R., Nugroho, S. W., Sulistyowati, N. P., Annisa, L., & Putrianti, R. (2020). Potret Pendidikan Indonesia Statistik Indonesia (D. Susilo, Y. Rachmawati, & R. Sinang, eds.). Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Annur, S., Wati, M., Mahtari, S., & Prastika, M. D. (2018). Sustainable Development Goals (SDGs) dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, pp. 251–255.
Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika, 3(2), 73–87. https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.1320
Dwiharja, L. M. (2015). Memanfaatkan Edmodo Sebagaimedia Pembelajaran Akuntansi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY" Profesionalisme Pendidik Dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Pada Era MEA", 332–344.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fredy, F., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Analisis Kepuasan Orangtua dan Siswa terhadap Kualitas Layanan Pendidikan Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 2(1), 59–66. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i1.1874
Ginting, A. M. (2013). Kendala pembangunan provinsi Kepulauan Riau: Studi kasus provinsi Kepulauan Riau. Politica, 4(1), 49–75. Retrieved from http://bakohumas.kominfo.go.id/news.php?id=1000,
Handrian, E., & Andry, H. (2020). Sustainable Development Goals: Tinjauan Percepatan Pencapaian di Provinsi Riau. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6 (1),
Jakaria, Yaya., dkk. (2019). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Daerah 3T Terluar, Terdepan dan Tertinggal. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Jatirahayu, W. (2013). Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 2, 46–53.
Nasution, E. (2016). Problematika Pendidikan di Indonesia. Jurnal Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon, 1–10.
Ngoyo, M. F. (2015). Mengawal Sustainable Development Goals (SDGs); Meluruskan Orientasi Pembangunan yang Berkeadilan. Jurnal Sosioreligius, I (1), 77–88. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Sosioreligius/article/view/4525
Nurdyansyah, & Toyiba, F. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Strategi Pembelajaran Aktif, Hasil Belajar, 1(2), 929–930. Retrieved from http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1610
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:nJurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pribadi, R. E. (2017). IMPLEMENTASI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PAPUA. EJournal Ilmu Hubungan Internasional, 5(3), 917–932.
Rahadian, A. H. (2016). Strategi Pembangunan Berkelanjutan. Prosiding Seminar STIAMI, III (01), 46–56.
Safarah, A. A., & Wibowo, U. B. (2018). Program Zonasi Di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pemerataan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(2), 206–213. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i6
Setianingtias, R., Baiquni, M., & Kurniawan, A. (2019). Pemodelan Indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 27(2), 61–74. https://doi.org/10.14203/jep.27.2.2019.61-74
Sila, I. M. (2017). Peranan Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi Berbasis Spmi Dalam Meningkatkan Pelayanan Untuk Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 1–10.
Simanjuntak, F. N. (2017). Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(3), 169–195. https://doi.org/10.33541/jdp.v10i3.634
Syafii, Ahmad. (2018). Perluasan dan Pemerataan Akses Kependidikan Daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam. 4 (2), 153-171. Retrieved from journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/index.
Tahmidaten, L. (2016). Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Sosiologi SMA. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu pengetahuan Sosial.
Turistiati, A. T. (2016). Pentingnya Komunikasi Efektif Dalam Mensosialisasikan dan Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Prosiding Seminar STIAMI, III (01), 103–111. Retrieved from http://www.unpad.ac.id/2015/09/isu-
Vito, B., Hetty K., & Risna R. Kesenjangan Pendidikan Desa dan Kota. Publikasi Ilmiah. 2 (2), 147-300. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/327
Yosada, K. R. (2017). Pendidikan Di Beranda Terdepan Negara Perbatasan Entikong. Prosiding Seminar Nasional: Penguatan Hubungan Antara Pengembangan Keterampilan, Pendidikan, Dan Ketenagakerjaan Generasi Muda, 192–201. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/41250/
Refbacks
- There are currently no refbacks.