Pengaruh Religiusitas terhadap Minat Mahasiswa Menabung di Perbankan Syariah

Laila Nanda Safira, Mela Dwi Oktavia, Hafizh Dwijasena Wicaksono, Muhammad Yodha Raissa Putra

Abstract


Indonesia ialah salah satu satu dari sekian negara yang penduduk muslimnya mayoritas di dunia, dengan adanya potensi tersebut maka seharusnya potensinya sangat besar. Tetapi kenyataannya pangsa pasar bank konvensional jauh lebih besar (Tripuspitorini, 2019: p.55). Perbankan Syariah belum bisa meningkatkan pertumbuhan strategi pemasaran dengan cepat atau loncatan pertumbuhan yang memuaskan. Sikap nasabah terhadap bank dapat menjadi tantangan bagi bank untuk menarik nasabahnya. Salah satunya perilaku konsumen yaitu sensitifitas religiusitas. Dalam ajaran agama islam, tingkahalaku individu merupakan perefleksin hubungannya dengan Allah SWT, maka nasabah muslim yang taat akan mengambil jalan yang sesuai hukum Allah yaitu dengan tidak mengambil jalan yang haram, tidak pelit, dan tidak serakah agar sejahtera di dunia serta akhirat kelak (Masrurah, 2015: p. 2). Pada penelitian ini, penulis menyorot faktor yang dipaparkan, diungkapkan dan hasil dari penelitian terdahulu, menyatakan adanya ketidakkonsistenan hasil penelitian. Sehingga, diperlukan adanya pengujian kembali.  Dipilih metode kuantitatif guna untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadapUminat mahasiswa menabung mahasiswa di Perbankan Syariah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan hasil bahwa religiusitas berpengaruh terhadap minat menabung mahasiswa di perbankan syariah, dengan persentase pengaruhareligiusitasaterhadapaminat mahasiswa menabung di perbankan syariah adalah sebesar 58,20% dan sisanya 41,80% dipengaruhi oleh faktor lain

Full Text:

PDF

References


Abhimantra, A. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah (Mahasiswa) dalam Memilih Menabung pada Bank Syariah. 46(3), 27–29. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/5229465

Afiyanti, F. (2019). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung untuk Menabung di Bank Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(2), 54–69.

Amir, Y., Rini, D., & Hamka, U. R. (2016). Religiusitas Dan Spiritualitas: Konsep yang Sama atau Berbeda?. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris, 2(2), 67–73.

Aviyah, E., & Farid, M. (2014). Religiusitas, Kontrol Diri dan Kenakalan Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 126–129. doi:https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.376

Edy Susanto, M. (2019). Pengaruh Religiusitas dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Menabung di Bank Syariah pada Santri Mahasiswi Darush Shalihat. Journalkof ChemicaluInformation and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi ke 4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, A., Azman, H. A., & Novel, I. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap terhadap Perilaku Memilih Bank Syariah dengan Faktor Religiusitas Sebagai Moderating Variable. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 3(1), 1. doi:https://doi.org/10.30983/es.v3i1.934

Khotimah, N. (2018). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, dan Sistem Bagi Hasil terhadap Minat Nasabah Menabung dan Loyalitas di Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 05(01), 37–48.

Lestari, A. M. (2015). Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbankan Syariah.

Maghfiroh, S. (2018). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Menabung di Bank Syariah pada Santri Pesantren Mahasiswi Darus Shalihat. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 7(3), 213–222.

Mayasari, R. (2014). Religiusitas Islam dan Kebahagiaan (Sebuah Telaah dengan Perspektif Psikologi). Al-Munzir, 7(2), 81–100.

Muhith, A. (2012). Sejarah Perbankan Syariah. Jurnal Kajian Keislaman dan Pendidikan, 01, 69–84.

Nasrullah, M. (2015). Islamic Branding, Religiusitas dan Keputusan Konsumen terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam, 13(2), 79. doi:https://doi.org/10.28918/jhi.v13i2.487

Padmaninggar, A. (2016). Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan dan Jumlah Uang Saku terhadap Minat Menabung di Bank Umum Syariah (Studi Pada Mahasiswa S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(2), 1–134.

Rahmawaty, A. (2014). Pengaruh Persepsi tentang Bank Syari’ah terhadap Minat Menggunakan Produk di Bni Syari’ah Semarang. Addin, 8(1), 1–28.

Ramadhani, N., Susyanti, J., & ABS, M. K. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah Kota Malang. E-Jurnal Riset Manajemen, 79–87.

Shandy Utama, A. (2018). Sejarah dan Perkembangan Regulasi Mengenai Perbankan Syariah dalam Sistem Hukum Nasional di Indonesia. Jurnal Wawasan Yuridika, 2(2), 187. doi:https://doi.org/10.25072/jwy.v2i2.180

Sari, F. N. (2013). Pengaruh Tingkat Religiusitas Santri Pondok Pesantren Darussalam Kediri terhadap Minat Menabung di Perbankan Syariah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung.

Suharyad & Purwanto, S.K. (2016). Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Edisi 3 Buku 2. Jakarta: Selemba Empat.

Sumantri, B. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Pembiayaan. Jurnal Economia, 10, 141–147.

Suratno. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan dan DisposiblepIncome Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah FEBI IAIN Purwokerto). Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Utami, W., Sangen, M., & Rachman, M. Y. (2015). AnalisislPengaruh Religiusitas, KelompokjReferensi dan Motivasi terhadaplKeputusan Menabung di Bank Syariah (Studi pada Nasabah Bank Syariah di Kota Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, 2(1), 79–90.

Zakaria, L. D., Afifudin, & Mawardi, M. C. (2020). Pengaruh Religiusitas, Fasilitas Layanan, Literasi Keuangan dan Bagi Hasil terhadap Minat Mahasiswa Untuk Menabung di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 09(11), 25–26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.