Peran Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran Akuntansi Sebagai Sarana Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran akuntansi guna meningkatkan motivasi siswa. Umumnya guru atau tenaga pendidik lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran, yang mana berdampak pada kurangnya motivasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan terkesan monoton dan kurang menarik dimata siswa sehingga guru perlu menggunakan media pembelajaran sebagai sarana meningkatkan motivasi siswa dalam belajar di kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari data sekunder yang diambil dari literatur-literatur yang relevan, dan publikasi penelitian-penelitian sebelumnya dengan tema yang sama. Hasil penelitian menunjukkan peran penggunaan media audio visual berupa video pembelajaran terbukti mampu mempengaruhi aspek kognitif dan prestasi belajar siswa dibandingkan tanpa menggunakan media audio visual berupa video pembelajaran pada kegiatan pembelajaran. Siswa lebih mudah mengingat dan memahami materi yang dipelajari karena adanya bantuan visual bukan hanya audio saja. Sehingga media pembelajaran memiliki peranan penting dalam hal meningkatkan motivasi siswa dalam belajar yang mana dapat berpotensi pada prestasi siswa. Semakin tinggi motivasi siswa dalam belajar maka semakin tinggi pula hasil belajar yang diperoleh.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Agustin, W. (2019). Pedoman Pengembangan Modul Pembelajaran SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Dirjen Dikmen, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Alamsyah, R., Toenlioe, A. J., & Husna, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Kepenyiaran Materi Produksi Program Televisi Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 229–236.
Ardiansah, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Pelajaran PAI di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 56–70.
Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arwudarachman, Danizar. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas XI”. Skripsi Universitas Negeri Surabaya.
Asror, B. M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Pada Pokok Bahasan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa. Journal of Accounting and Business Education, 1(1). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6008
Bustanil, M., Asrowi, & Ardianto, D. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134.
Briggs, L. J., and Wager, W. W. (1981). Handbook of procedures for the design of instruction (2nd ed.) Englewood Cliffs, NJ: Educational Technology Publications. https://link.springer.com/article/10.1007/B F02299731
Clark, R.E. & Salamon, G. (1986). Media in teaching. In M.C. Wittrock, ed. The third handbook of research on teaching, 468. Chicago, IL: Macmillan
Damayanti , Siti. 2014. “Pengembangan Media Audio Visual Teknik Mewarnai Dalam Pembelajaran Gambar Bentuk Siswa Kelas X”. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, (Online),Vol 2, No 3,
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran : Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran (2nd ed.). Gava Media. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id =1145789
Dimyati, dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Eti, S. (2015). Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design . Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8, 54–67.
Gagne, R. M., (1985) The Conditions of Learning and Theory of Instruction. New York: CBSCollegePublishing.https://int.search.tb.ask.com/search/GGmain.jhtml?searchfor=Gagne%2C+R.+M.%2C+(1985)+The+Conditions+of+Learningand+Theory+of+Instruction.+New+York%3A+CBS+College+Publishing.&enableSearch=rue&rdrct=no&st=sb&tpr=omni&p2=%5EBNF%5Expt567%5ES28101%5Emp=B288199F6DAE4136-8350FB75C5 43B96D&n=78494ff0&si=EAIaIQobChMI997mJKH3AIViBJoCh1rAAYEAEYASAAE gLXePD_BwE
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hidayat, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar MYOB Berbasis Audio Visual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 4(2), 72–82.
Kanah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual (Video) pada Materi Pengisian SPT Tahun PPh Wajib Pajak Orang Pribadi Kelas XII AKuntansi Di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan AKuntansi (JPAK), 4(3), 1–7. http://dx.doi.org/10.1016 /j.biochi.2015.03.025%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature10402%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature21059%0Ahttp://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nrmicro2577%0Ahttp://
Kumari, S. & Rani. G. (2012). Efficacy of different instructional media on academic achievement of class XII students. Internasional Idexed & Reffered Research Journal, 1, 41-42
Mahnun, Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasi Dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. Vol 37. No 1
Mamun, Abdullah. 2014. Effectiveness Of AudioVisual Aids In Language Teaching In Tertiary Level.
Mattoasi, M. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Vibermixo Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Kuliah Akuntansi: Berdasarkan Tinjauan Literatur. Jambura Economic Education Journal, 1(1).
Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol 8. No 2. 1- 10
Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128–137.
Mulyani Sumantri & Johar Permana (2001), Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Maulan.
Munadi, Y. 2013 . Media Pembelajaran. Jakarta : GP press Group.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf
Oktira, Y. S., Ardipal, A., & Toruan, J. L. (2013). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Belajar Seni Budaya. Jurnal Sendratasik, 2(1), 63-72
Patimah. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu.
Pangestu, B. A. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran dalam pendidikanPangestu, B. A. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran dalam pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 121–126. Retrieved from http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/12/Bayu-Aji-Pangestu.pdf. Seminar Nasional Pendidikan, 121–126.
Patimah. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VIII SMPN 11 Kota Jambi.
Priandono , Febrian. 2012. “Pengembangan Media Audio-Visual Berbasis Kontekstual Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA”. Skripsi Universitas Jember.
Pribadi, B. A. (2004). Ketersediaan Dan Pemanfaatan Media Dan Teknologi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan, 5, 145–156.
Purwanto, N. M. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Rostina, Achmadi, & Okiana. (2013). Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas xi di smk. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(3), 1–13.
Sadirman, A . M . 2015. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Rawamangun-Jakarta: Prenadamedia Group.
Siswanto, Aghni, R. I., & Siregar, M. N. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio-Visual Untuk E-learning Mata Kuliah Kurikulum Dan Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(1), 98–114.
Siswanto, Aghni, R. I., Siregar, M. N. N., & Purnama, D. N. (2020). Efektivitas penggunaan media pembelajaran audio-visual berbasis e-learning pada pembelajaran akutansi. Pembangunan Pendidikan, 8(2), 134–143. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/ view/40016
Siswanto, S., Suyanto, S., & Kartowagiran, B. (2017). Nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran akuntansi sebagai pengembangan karakter siswa di SMK. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 5(1), 75. https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i1.14534
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.
Sutarno, E., & Mukhidin. (2013). "Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran Untuk Meningkatkan Hasil Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Di Kota Bandung". sJurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 203–218.
Suwardi. 2011. Efektivitas Media Pembelajaran bagi Pendidik PAUD yang Ramah Lingkungan. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora. Vol 1. No 2.
Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2016). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Jurnal Bina Gogik, 3(1), 35–42. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id /index.php/pgsd/article/view/26
Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8
Refbacks
- There are currently no refbacks.