Analisis Kebutuhan Pengembangan Aplikasi “Studitax” Sebagai Sumber Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Inklusi Kesadaran Pajak Pada Peserta Didik

Rifqi Indra Widiyanarto, Salsabila Putri Tristiana, Rafi Alfin Utama, Sheila Febriani Putri

Abstract


Rendahnya tingkat pendidikan di Indonesia mengakibatkan tertinggalnya kemajuan bangsa karena kalah bersaing dalam ketatnya persaingan global. Ditambah lagi dengan adanya dampak dari pandemi memberikan tantangan lebih kepada pendidik. Dalam dunia pendidikan, ranah ekonomi menjadi objek yang sangat penting untuk dikaji, salah satunya pada bidang perpajakan. Meskipun demikian, fasilitas pendidikan dan program inklusi kesadaran pajak belum merata di seluruh instansi pendidikan. Oleh sebab itu, diperlukan suatu media agar dapat memaksimalkan kesadaran pajak bagi pelajar dan masyarakat umum berupa aplikasi Studitax. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dan wawancara untuk menemukan informasi dan mengkaji teori yang relevan dengan masalah tersebut. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan R&D dimana penelitian ini untuk menghasilkan produk tertentu berupa aplikasi serta menguji keefektivitasannya. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi “Studitax” memberikan kemudahan bagi pelajar dan masyarakat umum dalam mempelajari bidang perpajakan yang sekaligus ikut mendukung program pemerintah dalam kesadaran membayar pajak.


Full Text:

PDF

References


Baskoro, C. (2014). Usulan materi perpajakan masuk dalam kurikulum pendidikan. Dipetik Oktober 28, 2021, dari https://jakartastrategic.co.id/entry/usulan-materi-perpajakan- masuk-dalam-kurikulum-pendidikan

(2019). Ini 4 Strategi Kemenkeu Tingkatkan Kepatuhan Pajak. IPOTNEWS. Dipetik September 30, 2021, dari https://www.indopremier.com/ipotnews/newsDetail.php?jdl=Ini_4_Strategi_Kemenke u_Tingkatkan_Kepatuhan_Pajak&news_id=102696&group_news=IPOTNEWS&new s_date=&taging_subtype=ECONOMICS&name=&search=y_general&q=kepatuhan% 20pajak&halaman=1

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2019). Tax Ratio, Tak Kenal Maka Tak Sayang. VOLUME XIV/NO.137(Isu Tax Ratio), hal. 5-19. Dipetik Oktober 25, 2021

Robby Krisyadi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Administrasi Perpajakan Di SMK Negeri 2 Batam. Concept, Vol. 1, No. 1, 2599. Dipetik September 27, 2021, dari https://journal.uib.ac.id/index.php/concept/article/view/4929/1615

Setiyono, Joko. (29 November 2019). Inklusi Pajak: Upaya Membangun Pondasi Kesadaran Pajak Masa Depan. Dipetik Oktober 25, 2021, dari https://www.pajak.go.id/id/artikel/inklusi-pajak-upaya-membangun-pondasi- kesadaran-pajak-masa-depan

Susanto, H. (2012, Januari 9). Membangun Kesadaran Dan Kepedulian Sukarela Wajib Pajak. Dipetik Oktober 29, 2021, dari https://www.pajak.go.id/id/artikel/membangun- kesadaran-dan-kepedulian-sukarela-wajib-pajak

Huda, M. K. 2020. “Analisis Program Inklusi Kesadaran Pajak Di Sekolah Dan Perguruan Tinggi.” Skripsi.

Indriyani, Putri Dwi. 2020. “Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pemahaman Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaku E-Commerce Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi Pelaku E-Commerce Di Kota Semarang Pada Platform.” Skripsi.

Krisyadi, R., and R. Ricky. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Digital Administrasi Perpajakan Di SMK Negeri 2 Batam.” ConCEPt-Conference on Community … 1(1):2596–2601.

Rosada, Bintang, and Muhammad Afif Amrulloh. 2018. “Metode Pembelajaran Qira’Ah Persepektif Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kasus Di Smp Muhammadiyah 2 Yogyakarta).” Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam 15(1). doi: 10.34001/tarbawi.v15i1.719.

Sari, Indah Wikiya. 2021. “Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Skripsi.

Thoriqi, Muhammad Wafiq. 2016. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Menyiapkan Konsep Dasar Pajak Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi Di SMK Negeri 1 Tempel.” Skripsi 31–48.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.