Strategi Pemasaran Digital Dengan Endorsment Influencer Di Media Sosial Dalam Meningkatkan Pendapatan Negara Melalui Pajak Penghasilan Influencer

Nora Anisa Br Sinulingga, Syafrizal Helmi Situmorang, Ria Zulkha Ermayda

Abstract


Saat ini Indonesia dihadapkan dengan tatanan kehidupan baru yaitu masa new normal setelah pandemic covid berlangsung, adanya pandemic covid-19 membuat keberlangsungan bisnis menjadi berbasis digital. Kemajuan teknologi yang pesat di era digital ini menuntut para pemasar untuk mempromosikan produknya secara digital di media sosial yaitu dengan dengan menggunakan strategi pemasaran digital dengan mengendorsement influencerEndorsement merupakan pemasaran yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok melalui media sosial yaitu Instagram, Facebook, Tiktok dan Youtube. Influencer memberikan testimoni ataupun ulasan dengan tujuan mempromosikan suatu barang atau jasa di sosial media yaitu Instagram, Facebook, Tiktok dan Youtube. Influencer merupakan seseorang yang bisa memberikan pengaruh di masyarakat. Contohnya seperti selebriti, blogger, youtuber, ataupun seorang public figure yang dianggap penting di komunitas tertentu. Digital marketing endorsement atau pemasaran digital melalui endorsement dilakukan oleh Influencer untuk menambah penghasilan atau sebagai mata pencaharian. Untuk itu adanya influencer dalam memasarkan secara digital akan dikenakan pajak penhasilan sehingga akan menambah pendapatan perekonomian negara.

Kata Kunci: Pemasaran Digital, Influencer, Endorsement, Pajak Penghasilan dan Pendapatan Negara.

 


Full Text:

PDF

References


APJII, “Laporan Survei Internet APJII (2020). Asos. Penyelenggara Jasa Internet Indones., vol. 2020, pp. 1– 146, 2020, [Online]. Available:https://apjii.or.id/survei.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arifah, Nanda Putri. (2016)-Paid Promote Sebagai Media Promosi Produk Delicy dalam Meningkatkan Konsumen Potensial.

Nursatyo, Nursatyo, and Dini Rosliani. (2018)-Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.Com Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi 1, no. 2 (November 23, 2018): 46.

Abdullah, Assyari. (2020)-Public Relations in The Era of Artificial Intelligence: Peluang atau Ancaman? ARISTO 8, no. 2 (May 31, 2020): 406.

Devina Ellora. (2019) Mengenal Berbagai Jenis Influencer Di Media Sosial. Beauty Journal, Mei 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.