Pemanfaatan Google Sites Sebagai Media Praktik Pembelajaran Administrasi Perpajakan di SMK Kepanjen

Achmad Ali Nur Huda, Ali Fausan Tanal, Ria Zulkha Ermayda, Sri Hayati

Abstract


Google sites merupakan salah satu aplikasi online yang dapat digunakan dalam membuat web. Google sites sebagai media pembelajaran dapat dimanfaatkan oleh pendidik dalam menyajikan materi pembelajaran secara efektif. Pada artikel inipeneliti tertarik untuk mengkaji keefektifan pemanfaatan google sites sebagai media praktik pembelajaran perpajakan yang diterapkan di SMK Kepanjen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah google site cocok untuk diterapkan pada mata pelajaran administrasi pajak dan bagaimana keefektifan penggunaan google sites tersebut mengingat masalah penelitian terletak pada alokasi waktu pembelajaran perpajakan yang diterapkan di sekolah tersebut terbatas dan materi yang harus disampaikan cukup banyak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif yang menggunakan strategi Narrative Researchdan melibatkan partisipan sebanyak 37 Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Kepanjen. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tidak langsung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pemanfaatan google sites telah efektif digunakan pada pembelajaran perpajakan di SMK Kepanjen, mengingat materi pajak yang cukup luas dapat dirangkum dalam satu link yang di dalamnya memiliki tampilan beragam materi perpajakan.


Full Text:

PDF

References


Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20–32. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891

Assjari, P. (2010). Desain Penelitian Naratif. JASSI, 9, 172–183.

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). JTEV (JURNAL TEKNIK ELEKTRO DAN VOKASIONAL) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri Padang. JTEV, 5(2), 11–16. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11.

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Harsanto, Budi (2014). Inovasi Pembelajaran Di Era Digital: Menggunakan Google Sites dan Media Sosial. Bandung: UNPAD PRESS.

Hartanto, W. (2018). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. 3.

Haryadi, R., & Kansaa, H. N. Al. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. At-Ta`lim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 68–73.

Islamiah, I. N. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Jombang. Skripsi. Surabaya: Universitas Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/46854/

Ismawati, I., Mutia, N., Fitriani, N., & Masturoh, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis web menggunakan google sites pada materi gelombang bunyi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(2), 140–146.

Kamarga, Hanny. 2002. Belajar Sejarah melalui e-learning; Alternatif Mengakses Sumber Informasi Kesejarahan. Jakarta: Inti Media.

Khusniyah, T. W. (2020). Efektivitas E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS. 4(3).

Mardin, H., & Nane, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Kepada Guru Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Boalemo. Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG), 3(2), 78–82. https://doi.org/10.30869/jag.v3i2.652

Meliala, T. S., & Oetomo, F. W. (2008). Perpajakan dan Akuntansi Pajak. Perpajakan Dan Akuntansi Pajak, 4.

Mukti, W. M., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Listrik Statis. FKIP e-PROCEEDING, 5(1), 51- 59.

Putra Nasution, A. K. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Internet (Pertama). As-Salam Press.

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1. https://doi.org/10.18326/lisania.v1i1.1160

Rosyana. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Sites dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Jarak Jauh Siswa Kelas VII SMP Islam Asy-Syuhada Kota Bogor Rosiyana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Korespondensi : rosi.yana18@mhs.uinjkt.ac.id Abstrack. 5(2), 217–226.

Setiawardhani, R. T. (2013). Pembelajaran Elektronik (E-learning) dan Internet dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(2), 82–96.

Soekartawi, 2003. Prinsip Dasar E-Learning: Teori dan Aplikasinya di Indonesia, Jurnal Teknodik, Edisi No.12/VII/Oktober/ 2003.

Suryanto, D. A. (2018). Analisis Perbandingan Antara Blogger dan Google Site. Fakultas Komunikasi Dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/60091

Tinambunan, H. S. (2021). Mengulas Problematik Kegiatan Belajar-Mengajar di Tengah Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Jaminan Perlindungan Hak Konstitusional & Implementasinya Di Masa Pandemi Covid-19, 7(1), 139–156.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142


Refbacks

  • There are currently no refbacks.