Pemahaman Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Atau Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak

Adella Sugih Nurdinah Muttaqien, Aditia Kusuma Wardana, Almaeda Santania Pribawani, Andi Liani, Ria Zulkha Ermayda

Abstract


Pajak merupakan sumber pembiayaan negara yang menyumbangkan pengaruh besar dalam melakukan pembangunan negara demi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Penerapan sistem self assessment berperan dalam pemungutan pajak dan memiliki peran yang sangat penting. WP memiliki kepercayaan, tanggung jawab dan wewenang dalam menghitung, membayar dan melaporkan pajak. Wajib Pajak yang memiliki NPWP diharapkan aktif untuk memenuhi kewajiban nya. Sehingga, pemahaman WP Pribadi atau Badan merupakan hal yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak badan atau orang pribadi dalam membayar pajak. Metode yang digunakan adalah observasi non partisipan dan wawancara. Berdasarkan pembahasan hasil, narasumber yang sebagai wajib pajak memiliki pengetahuan dan melakukan perhitungan, pelaporan, persepsi serta pembayaran pajak dengan baik. Semakin tinggi pemahaman dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak maka semakin tinggi juga kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak.  

Full Text:

PDF

References


Gunadi. (2013). Kepatuhan Wajib Pajak

Indrawan, R & Bani, B. (2018). Pemahaman Pajak dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UKM. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 6 (3).

Manik, A. W. (2009). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya Kepatuhan Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Madya Denpasar. Bali : Universitas Udayana.

Nurmantu, S. (2010). Pengantar Ilmu Perpajakan. Jakarta: Granit.

Zahrani, Naifah, Roidah. (2019). PENGARUH PEMAHAMAN PAJAK, PENGETAHUAN PAJAK, KUALITAS PELAYANAN PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol. 8, No. 4

Watung Debora Natalia. (2013). ANALISIS PERHITUNGAN DAN PENERAPAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 SERTA PELAPORANNYA. JURNAL EMBA. Vol. 1 No. 3, Hal 265-273.

Agustina Imelda & Fatmawati Isnaini. SISTEM PERHITUNGAN DAN PELAPORAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 PADA UNIVERSITAS XYZ. JIITI (Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi ), Vol. 1, No. 2, 24-29 .

Hikmah Nurul. (2013). PENGARUH PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN, KESADARAN, PERSEPSI TERHADAP KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI. Jurnal Paradigma, Vol. 11, No. 02.

Zahrani Naifah Roidah & Titik Mildawati. (2019). PENGARUH PEMAHAMAN PAJAK, PENGETAHUAN PAJAK, KUALITAS PELAYANAN PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol.8 No.4.

Purnaditya, R. R. 2015. PENGARUH PEMAHAMAN PAJAK, KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN PAJAK. Universitas Diponegoro.

Musliminn. 2015. PENGARUH PEMAHAMAN WAJIB PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN KEGIATAN BISNIS ONLINE DI SURABAYA. Behavioral Accounting Journal. Vol. 4, No. 2

Rizki Indrawan & Bani Binekas. 2018. Pemahaman Pajak dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UKM. Jurnal Riset dan Akuntansi.

Nugroho, Aditya, dkk. 2016. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Pengetahuan Perpajakan Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Penghasilan di KPP Semarang Candi. Journal Of Accounting. Vol. 2, No. 2.

Kompas.com. 24 Maret 2022. Rumus Menghitung PPN, Pahami Cara Hitung Pajak Masukan dan Keluaran. Diakses pada 20 Mei 2022, dari https://money.kompas.com/read/2022/03/24/190155826/rumus-menghitung-ppn-pahami-cara-hitung-pajak-masukan-dan-keluaran?page=all


Refbacks

  • There are currently no refbacks.