Pembayaran Pajak Penghasilan bagi Wajib Pajak Badan “Koperasi Serba Usaha Nuansa Perkasa”

Anisa Nur Qomariyah, Anisa Pratiwi, Apri Aulia Putri, Adam Gumilang Rahmawan, Ria Zulkha Ermayda

Abstract


Kondisi pasca Covid-19 di indonesia tidak hanya membuat masyarakat meningkatkan kualitas bisnisnya agar bisa dalam menghadapi tantangan dan juga persaingan di masa yang akan datang. Hal ini juga berdampak pada wajib pajak di sektor yang terdampak Covid-19. Berdasarkan pada Pasal 2 ayat (1) huruf b Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2000, koperasi termasuk KSU Nuansa Perkasa merupakan suatu badan usaha yang merupakan subjek pajak yang memiliki kewajiban dan juga hak perpajakan yang sama dengan badan usaha lainnya. Riset ini bertujuan mengetahui pembayaran pajak badan pada KSU Nuansa Perkasa Dompu dengan menggunakan teknik wawancara untuk memperoleh data kemudian dikembangkan dengan studi Pustaka.

Full Text:

PDF

References


Adelina, R. (2013). Analisis Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terhadap Pendapatan Daerah di Kabupaten Gresik. Jurnal Akuntansi Unesa, 1(2), 1-19.

As'ari, Nur Ghailina. pengaruh pemahaman peraturan perpajakan, kualitas pelayanan, kesadaran wajib pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.. JURNAL EKOBIS DEWANTARA, [S.l.], v. 1, n. 6, p. 64-76,

Devi, Sunitha., Warasniasih., Masdiantini., dan Musmini. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal ekonomi, bisnis dan akuntansi ventura. Vol 21.

Febriani, Y., & Kusmuriyanto, K. (2015). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK. Accounting Analysis Journal, 4(4).

Gantino, Rilla dan Setiyati, Ritta. (2021). PEMBINAAN AKUNTANSI, PAJAK DAN PEMASARAN PADA KOPERASI (UKM). Prosiding Hasil Pengabdian Masyarakat Tahun 2021 112

Indrawan, R., & Binekas, B. (2018). Pengaruh Pemahaman Pajak dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 6(3), 419-428.

Lestari, Harini., Laekkeng, Mursalim dan Nurwanah, Andi. ( 2021). IMPLEMENTASI ASPEK PERPAJAKAN PADA KOPERASI DI KABUPATEN JENEPONTO. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan. Vol.4 Nomor 1

Prasista, Putu M., Setiawan, Ery. 2016. PENGARUH PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PENGHASILAN WAJIB PAJAK BADAN. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.17.3.

Pemerintah Republik Indonesia. 2008. Undang-undang No. 36 tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan, Jakarta.

Pemerintah Republik Indonesia. 2007. Undang-undang No. 28 tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tatacara Perpajakan. Jakarta.

Hati, R. K. (2016). Penerapan Pajak Bunga Deposito pada Koperasi Simpan Pinjam Nasari Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).

Pemerintah Republik Indonesia. 2010. PMK No: 112/PMK.03/2010 tanggal 14 Juni 2010 tentang Tata Cara Pemotongan, Penyetoran dan Pelaporan Pajak Penghasilan Atas Bunga Simpanan Yang Dibayarkan Oleh Koperasi Kepada Anggota Koperasi Orang Pribadi, Jakarta.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan Dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu.

Tarmidi, D., Garin Pratiwi Solihati, Adelina Suryati, & Pratiwi Nila Sari. (2021). Sosialisasi & Pelatihan Penghitungan & Penyetoran Pajak Bagi UMKM. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 552-559.

Putri, Wulandari (2018) Analisis Perbedaan Tingkat Ketepatan Waktu Pembayaran Pajak Masa PPh Pasal 21 Sebelum Dan Sesudah Diterapkan e-billing system(Studi Kasus: KPP Pratama Padang Dua). Diploma thesis, Universitas Andalas.

Setyorini, Tri. (2022). EFEKTIFITAS PEMANFAATAN INSENTIF PAJAK DI MASA COVID-19BAGI KOPERASI SIMPAN PINJAM DI KOTA METRO.

PAJAK, A. P. (2021). PENAGIHAN PAJAK DENGAN SURAT PAKSA. PENERBIT: WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG, 92.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.