Tingkat Pemahaman Pelaku UMKM Wajib Pajak di Kota Malang & Kota Banyuwangi Mengenai Perpajakan Badan Usaha

Aliffia Ajeng Astari, Annisa Puspita Amalia, Anugerah Risky Surya Alfandy, Anbar Nabila Afandi, Ajeng Restuning Baasith, Ria Zulkha Ermayda

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan wajib pajak pelaku usaha UMKM di Kota Malang & Kota Banyuwangi. Topik ini perlu dibahas karena pemahaman terhadap pajak menjadi salah satu faktor tersembunyi bagi pemerintahan`untuk menumbuhkan angka kepatuhan wajib`pajak dalam memenuhi`kewajibannya. Pemahaman pajak dalam penelitian ini berkaitan dengan isi PP No. 46 tahun 2013 dan perubahannya pada PP No. 23 tahun 2018 setelah sosialisasi dan edukasi oleh pemerintah. Populasi dalam penelitian ini yaitu salah satu UMKM di Kota Malang & Kota Banyuwangi dan jenis penelitian ini yaitu deskriptif (kualitatif) dengan pengumpulan data melalui pertanyaan mengenai seputar perpajakan yang selanjutnya digunakan untuk mengevaluasi dan mengetahui bagaimana perusahaan dalam berurusan dengan perpajakan. Data deskriptif didapatkan melalui kuesioner, dan wawancara dengan dua wirausahawan yang menjadi wajib pajak. Hasil dari penelitian ini yaitu  pemahaman dan pengetahuan wajib pajak UMKM tentang peraturan umum dan sistematis perpajakan masih rendah. Minimnya pemahaman dan pengetahuan tentang undang-undang perpajakan diketahui disebabkan oleh kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah kepada para pejabat UMKM.


Full Text:

PDF

References


Hasanah, U., 2018. ANALISIS PERBANDINGAN PP 46 TAHUN 2013 DAN PP 23 TAHUN 2018 PADA UMKM. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 6(2), pp.16-27.

Ningsih, S. S., & Saragih, F. (2020). Pemahaman wajib pajak pelaku UMKM mengenai Peraturan Pemerintah tentang PP No. 23 Tahun 2018 tentang Ketentuan Pajak UMKM. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(1), 38-44.

Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan Atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang memiliki Peredaran Bruto Tertentu. http://www.pajak.go.id/peraturan-pemerintah-nomor-23-tahun-2018. Diakses 19 September 2018.

Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2013 tentang Pengahasilan Dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruton Tertentu. (2013). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5378/pp-no-46-tahun-2013

Wang, W.G., Kho, K., Sunjaya, R., Jerry, J., Zhang, W. and Ardiansyah, M., 2021, September. Penggunaan Media Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Umkm Bidang Kuliner. In National Conference for Community Service Project (NaCosPro) (Vol. 3, No. 1, pp. 36-42).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.