Pengaruh Pembelajaran Menggunakan E-Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi SMKN 12 Malang

Rista Fitri Muliani, Siti Rusmiati, Vandi Andiono Syarif, Sriyani Mentari, Ulya Brilian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui keterkaitan dari pengaruh pembelajaran menggunakan E-Learning terhadap hasil belajar siswa Jurusan Akuntansi SMKN 12 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Analisis data menggunakan regresi linear dan skala likert, dan Teknik sampling yang digunakan adalah Teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 65 siswa jurusan Akuntansi SMKN 12 Malang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online. Hasil penelitian ini adalah menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara pembelajaran menggunakan e-learning terhadap hasil belajar siswa meningkat hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini di terima, Hasil dari penelitian ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam bidang pendidikan untuk lembaga pendidikan maupun seluruh pendidik dalam rangka membuat kebijakan untuk keberlanjutan penggunaan metode pembelajaran berbasis e-learning yang dapat meningkatkan hasil belajar para peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Aminoto, T., Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8 (1), 13–29.

Ardhi dan Muhkamad. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Menggunakan Alat – alat Ukur. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Edisi XV.Nomor. 2

Ardiansyah, I. (2013). Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Choirun, L., (2012). Pengaruh Pembelajaran E-learning Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Statistics Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah Iain Walisongo. Jurnal Phenomenon, Volume 2 Nomor 1.

Daud, Ridwan., Jasruddin. UTAUT Model: Suatu Pendekatan Evaluasi Penerimaan E-Learning pada Program Pascasarjana. Prosiding Seminar Nasional ISBN: 978-602-6883-93-3.

Hanifah, Ida. (2020). Kebijakan Perlindungan Hukum Bagi Pekerja Rumah Tangga Melalui Kepastian Hukum. Vol 17 No. 2 - Juni 2020 : 193-208

Haryadi, R., & Nuraini, H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Vol.7 No.1 (2021) Hal. 68-73.

Hanan. (2020). Survey Kemdikbud, Rata-rata Siswa Tak Paham Materi Pembelajaran Jarak Jauh.

Michael, A. (2013). Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada: ohn Wiley & Sons.

Prihati, Y., & Paramita, P. (2016). Efektifitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Tunagrahita Ringan, 10(2), 199–210.

Rahmasari, G dan Rismiati, R. (2013). E-Learning. Bandung: Yrama Widya

Rofiah & Bahtiar. (2022). Analisis Penggunaan E-learning, Intensitas Latihan Soal, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Halm 2143 - 2155.

Sidiq & Nuswantoro. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran (E-Learning) dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bagi Mahasiswa S1 Akuntansi FE Universitas Semarang. SOLUSI : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi Vol. 19, No. 2 April 2021, Hal 14-26 P-ISSN : 1412-5331, E-ISSN : 2716-2532.

Suendari & Suparno. (2019). Pengaruh Penerapan E-learning terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA) Vol. 4, No. 4, (2019) Halaman 613-617 E-ISSN 2581-1002.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Yogyakarta: Pararaton (Group Elmatera).

Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: UR PRESS.

Wijaya, R., Lukman, M., & Yadewani, D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pemanfaatan E-Learning. DIMENSI Vol.9, No.2 ISSN : 2085-9996, 1-15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.