Studi Naratif Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Pembelajaran jarak jauh timbul akibat adanya pandemi covid-19. Sejak awal tahun 2020 pembelajaran di seluruh jenjang dilaksanakan secara daring sesuai Surat Edaran Kemdikbud. Hal ini menimbulkan adanya peran teknologi yang penting dalam menyukseskan pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan teknologi dalam pembelajaran akuntansi selama pandemi di SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang. Penelitian ini merupakan jenis naratif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah guru belum menggunakan teknologi secara sepenuhnya dalam pembelajaran karena berbagai faktor. Selain itu, sarana dan prasarana yang belum mendukung baik dari siswa maupun sekolah juga menjadi permasalahan dalam pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang. Disisi lain belum terampilnya guru dalam penguasaan teknologi membuat guru hanya menggunakan media WhatsApp dan google meet untuk melakukan pembelajaran. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah membandingkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran akuntansi selama pandemi dan setelah pandemi.
Full Text:
PDFReferences
Bustomi, A. (2020). Implikasi COVID-19 Terhadap Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1007–1017.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Fatwa, a. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Era New Normal. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(September), 20–30. https://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit/article/view/37
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 496–503.
Herliandry, L. D., & Suban, M. E. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55
Marbun, P. (2020). Disain Pembelajaran Online Pada Era dan Pasca Covid-19. CSRID Journal, 12(2), 129–142.
Mendikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).
Pambudi, M. B., & Wibawa, S. C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Massive Open Online Courses Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal IT-EDU, 5(1), 294–302.
Riyanda, A. R., Herlina, K., Wicaksono, B. A., & Lampung, B. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 66–71.
Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637
Saputra, A. (2020). PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI: TANTANGAN DAN KESEMPATAN. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 21–33.
Sunaryanto, Putri, S. F., Putri, D. M., & Muqorobbin, M. M. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran Berbasis Ict Bagi Guru Akuntansi SMK di Kota Malang. Jurnal Sinergi, 3(1), 14–19.
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Tridiana, R., & Rizal, F. (2020). Keterampilan Guru Abad 21 Di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ). Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 221–231.
Yohana, Muzakir, & Dina, H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Qamarul Huda Badaruddin. Jurnal Tirai Edukasi, 1(4), 1–8.
Refbacks
- There are currently no refbacks.