Blended Learning: Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa SMK Jurusan Akuntansi di Era Digital
Abstract
Di era digital saat ini memberikan dampak dan hambatan untuk beberapa bidang, salah satunya bidang pendidikan. Pendidikan saat ini mengharuskan untuk menggunakan digital guna menghindari ketertinggalan zaman yang hampir seluruhnya sudah memanfaatkan teknologi informasi. Salah satunya di jurusan akuntansi, di era yang semakin maju akuntansi bakal digantikan oleh teknologi bukan lagi oleh manusia sehingga Sekolah Menengah Kejuruhan mengharuskan siswa jurusan akuntansi untuk mengenal baik teknologi agar tidak ketinggalan zaman. Selain itu dengan memanfaatkan teknologi juga dapat menjadikan siswa lebih berfikir kritis karena siswa lebih banyak mendapatkan informasi dari berbagai sumber. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran blended learning pada siswa SMK jurusan akuntansi. Manfaat dari penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada para pengajar bahwasannya pemanfaatan strategi pembelajaran blended learning dapat digunakan pada jurusan akuntansi. Metode penelitian yang dipilih adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi pembelajaran blenede learning cocok digunakan di sekolah khususnya di SMK jurusan akuntansi.
Full Text:
PDFReferences
Creswell, John. W. 2016. Research Desain: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Elaine Allen, Jeff Seaman, and Richard Garrett. (2007). Blending In The Extent and Promise of Blended Education in the United States, Sloan-Cā¢.
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities. Last Revised. Emeritus Proffessor: University of Illinois
Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Millbrae: Measured Reasons and The California Academic Press
Faizal, A. (2011). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Implementasi Blended Learning pada Pembelajaran Biologi Kelas XI Smait Nur Hidayh Kartasura.
Kaleiloglu, F., & Gulbahar, Y. (2014). The Effect of Instructional Techniques on Critical Thinking Disposition in Online Discussion. Educational Technology & Society, 17(1), 248ā258.
Kazempour, E. (2013). The Effects of Inquiry-Based Teaching on Critical Thinking of Students. Journal of Social. Issues & Humanities, 1(3), 23ā27.
Maria D. Avgerinou. (2008).Blended Collaborative Learning for Action Research Training.Journal of Open Education volume 4 No.1, 2008.
Moleong, Lexy, J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Rini, Y. T. 2019. Mengurai Peta Jalan Akuntansi Era Industri 4.0. Jurnal Ilmu Manajemen Dan
Akuntansi, 7(1), 58-68
Putritama, A. 2019. Peluang dan tantangan profesi akuntan di era big data. Jurnal Akuntansi,
(1). 74-84. https://doi.org/ 964/jav 1.758
Refbacks
- There are currently no refbacks.