Implementasi Penggunaan E-Moin Modul Elektonik Berbasis Website Sebagai Media Pembelajaran Interaktif (Studi Kasus Kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penggunaan modul elektronik interaktif berbasis website dalam pembelajaran akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber penelitian ini menggunakan data primer yang diambil langsung pada kelas XI Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan e-moin modul elektonik berbasis website sebagai media pembelajaran interaktif pada siswa kelas XI Akuntansi dapat menjadi media pembelajaran yang tepat untuk pelajaran akuntansi. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai dibandingkan sebelum menggunakan modul elektronik interaktif yang berbasis website.
Full Text:
PDFReferences
Denda Suryadien ddk. (2022). Rencana Implementasi Kurikulum Prototipe Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal PGMI Universitas Garut, 01(01), 27–34. https://journal.uniga.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1754
Dermawan, & Fahmi, R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 508–515.
Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb Unj. Jurnal PenSil, 7(2), 95–104. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6
Giarti, S. (2016). MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN SD SOLIHUDDIN SCHOOL THAILAND Noerlitasari, Retno Triwoelandari, Muhammad Fahri. Satya Widya, 32(2), 117.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144.
Khairil, K. (2021). Penilaian Kepuasan Pelanggan Dengan Aplikasi Survei Pada Pdam Kota Bengkulu. Teknosia, 1(1), 16–21. https://doi.org/10.33369/teknosia.v1i1.15542
Kusuma, A. Z. F. (2016). Pengaruh Pendekatan Pemecahan Masalah Dalam Memahami Konsep Matematika Siswa Kelas Vii Mts Darul Huda Wonodadi. UIN Satu Tulungagung.
Lase, D. (2016). Jurnal sundermann. Journal Sunderman, 1(1), 28–43. 10.1109/ITHET.2016.7760744
Lutfhi, R. (2013). Tips Membuat Website Tanpa Goding da Langsung. In CV Andi Offset (p. 56).
Lutfiyah, M. F. & D. (2018). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tidakan Kelas & Studi Kasus. In CV Jejak (p. 234).
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative data analysis: A sourcebook of new methods. In In Qualitative data analysis: a sourcebook of new methods (pp. 263–263).
Nagari, P. M. (2021). " Hi , Learning Models ": A Development of Online Learning Media for Accounting Learning and Teaching Strategies Course. JEKPEND (Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan), 4(1), 8–17.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Susanto, H. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 197–212. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028
Suyoso, & Nurohman, S. (2014). Developing web-based electronics modules as physics learning media. Jurnal Kependidikan, 44(1), 73–82.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA Developing Android-Based Instructional Media of Solubility to Improve Academic Performance of High School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99.
Refbacks
- There are currently no refbacks.