Merdeka Belajar Menggunakan Video Tutorial Siskeudes Bagi Siswa Akuntansi di Era Pandemi: Menyenangkan atau Membosankan?
Abstract
Dampak dari pandemi Covid-19 yang merambah pada dunia pendidikan, menjadikan dunia pendidikan harus beradaptasi mulai dari sistem pembelajaran hingga penyesuaian media pembelajaran yang digunakan. Adanya kurikulum baru pada SMK jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga memuncul mata pelajaran baru yakni Praktikum Akuntansi Lembaga Instansi/Pemerintahan yang merupakan kelompok C3 yang menuntut siswa untuk memiliki keterampilan dalam prakteknya menggunakan aplikasi SISKEUDES. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual menggunakan video tutorial dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam mengoperasikan aplikasi SISKEUDES. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan subjek penelitian yakni siswa kelas XII jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK Negeri 1 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merasakan senang dan cenderung tidak mudah bosan ketika belajar SISKEUDES menggunakan video tutorial. Siswa juga merasa lebih cepat memahami dan mempraktikkan kembali aplikasi SISKEUDES ketika belajar menggunakan video tutorial daripada menggunakan text book. Hal ini juga berhubungan dengan gaya belajar siswa yang lebih suka mengamati dan mendengarkan.
Full Text:
PDFReferences
Al Hakim, M. F., & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1).
Arifin. (2022). Kurikulum dan Implementasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19: Tantangan dan Peluang Menuju Program Merdeka Belajar. Jurnal Education and Development, 10(1), 279-284.
Asmuni, A. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288.
Basori, A., Megantoro, R. G., & Lasantu, A. I. (2016). Buku Kerja Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES), 3–112.
BPKP. (2015). Peluncuran SISKEUDES. (online) pada web: http://www.bpkp.go.id/sakd/konten/2454/PeluncuranSISKEUDES.bpkp diakses pada tanggal 6 Mei 2022
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications.
Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.
Elly Astuti, Juli Murwani, & Sugiharto. (2020). Pelatihan Akuntansi Pemerintahan dan Pengelolaan Dana Desa Pada MGMP Kabupaten Madiun. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 214–221. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3593
Ginting, R., & Tungga Dewi, V. A. W. (2022). Pembelajaran Matakuliah Pengauditan Dalam Sebuah Kajian: Ada Apa Dibalik Problematika Pembelajaran Daring ? Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(3), 389–398. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n3.p389-398
Haryoko, S. (2012). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 1–10. https://www.academia.edu/download/39899592/972-3008-1-PB.pdf
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147-154.
Karyanto, S., Tandayu, R., Febriani, J., & Kuang, T. M. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Daring Terhadap Pengetahuan Belajar Mahasiswa Akuntansi. Journal of Accounting, Finance, Taxation, and Auditing (JAFTA), 2(2), 171-186.
Muh Tanwil, Liliasari, Keterampilan-keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA, (Makassar : Badan Penerbit UNM, 2014), h. 8.
Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49-59.
Prayogo. (2020). Peluang Reformasi Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid-19. (Online) dalam web : https://www.prayogo.kalderanews.com/2020/05/peluang-reformasi-pendidikan-di-tengah-pandemicovid-19-begini-kata-mendikbud/
Rafique, G. M., Mahmood, K., Warraich, N. F., & Rehman, S. U. (2021). Readiness for Online Learning during COVID-19 Pandemic: A Survey of Pakistani LIS Students. Journal of Academic Librarianship, 47(3), 102346. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102346
Saleh, M. (2020). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51-56.
Sari, Y. P., Widianto, A., Alfian, M., Harjanti, R. S., & Rahmadiane, G. (2020). Peningkatan Kapasitas Guru Akuntansi dalam Mata Pelajaran Akuntansi Lembaga (Pelatihan Tata Kelola Keuangan Desa). Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 3(1), 23–26.
Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 183-190.
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165-173.
Syukri, Bayumie, AP., Se., M.Si. 2020. Menakar Konsep Merdeka Belajar. (Online) dalam web: https://intens.news/menakar-konsep-merdeka-belajar/ diakses tanggal 27 April 2022.
Trinova, Z. (2012). Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209-215.
Wardoyo, C., Puspitasari, P., Fauzan, S., Firmansyah, R., & Putra, N. F. (2021). Pelatihan Komputer Akutansi Desa Dengan Aplikasi Keuangan Desa (Siskuedes) Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(5), 227–232. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.52
Yin, R.K. (2009). Case study research: design and methods. 4th edition. Los Angeles: Sage.
Widyantara, IMS. Rasna, IW. 2020. Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Vol 9(2), 114.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta
Yarden, H., & Yarden, A. 2010. Learning Using Dynamic and Static Visualizations: Students’ Comprehension, Prior Knowledge and ConceptualStatus of a Biotechnological Method. Res Science Education, 40: 375-402
Pramana, W.D. & Dewi,N.R. (2014). Pengembangan E-Book Ipa Terpadu Tema Suhu Dan Pengukuran Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa. Unnes Science Education Journal, 3(3), 602-608
Sukiyasa, K., & Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif . Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126-137
Atintyasputri, AAW. Hapsari. ANS. 2019. Analisis Implementasi Pengelolaan Dana Desa Menggunakan Aplikasi Siskeudes Desa Banyuanyar. Perspektif Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana. Vol 2 (2): 171
Rivan, Arif. Maksum. Irfan Ridwan. 2019. Penerapan Sistem Keuangan Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal) Vol 9(2): 94
Solikhah. B. Subowo. Yulianto, A. 2018. Mewujudkan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Dengan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES). Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Pada Masyarakat. Vol 1: 435
Refbacks
- There are currently no refbacks.