Analisis Kesesuaian Rencana Pembelajaran Satu Lembar dalam Pelaksanaan Pembelajaran Online Berbasis Active Learning pada Sekolah Kejuruan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian RPP satu lembar tematik dengan model pembelajaran online berbasis active learning dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah kejuruan. Pada masa pandemi COVID-19 diketahui bahwa pembelajaran harus dilakukan secara online. Maka guru membuat rencana pembelajaran satu lembar sesuai dengan peraturan terbaru yang kemudian menggunakan model pembelajaran online dikarenakan terjadi pandemi. Pembuatan RPP didasarkan pada RPP Merdeka Belajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis active learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode systematic literature review. Analisis literatur dengan kriteria atau kata kunci artikel yang mengkaji tentang pembelajaran online selama pandemi, penyusunan rencana pembelajaran atau RPP satu lembar, dan model pembelajaran berbasis Active Learning pada jurnal yang diterbitkan yang juga dibatasi yaitu selama 10 tahun terakhir. Pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data adalah pendekatan contein analysis dari segi isi berupa latar belakang, permasalahan, metode, kajian, dan hasil pembahasan. Analisis data tersebut dijadikan sebagai hasil dari penelitian. Hasil penelitian ini yaitu kesesuaian RPP satu lembar dengan strategi pembelajaran online berbasis active learning dalam penerapannya harus mempertimbangkan berbagai faktor pendukung dan penghambat dalam penyusunan dan pelaksanaan pembelajaran. Jika pembelajaran online berbasis active learning berhasil maka dapat meningkatkan prestasi akademik dan kreativitas siswa terutama pada pembelajaran sekolah kejuruan.
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R., Fadhilaturrahmi, F., & Hanafi, I. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1689–1694.
Anggara, R. T. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Type Quiz Team Dapat Menuntaskan Hasil Belajar Mata Diklat Di Smk. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan.
APJII. (2017). Komposisi Pengguna Internet Berdasarkan Usia.
Asriwati, S. K., & Ns, S. P. (2021). GLOBAL BOURDEN OF DISEASE. Kesehatan Masyarakat Di Era Society 5.0, 35.
Astrada, A., Suherman, A., & Yayat, Y. (2016). Studi pelaksanaan standar proses di sekolah menengah kejuruan. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 25–34.
Bochkareva, T. N., Akhmetshin, E. M., Zekiy, A. O., Moiseev, A. V., Belomestnova, M. E., Savelyeva, I. A., & Aleynikova, O. S. (2020). The Analysis of Using Active Learning Technology in Institutions of Secondary Vocational Education. International Journal of Instruction, 13(3), 371–386.
Carolina, D. (2012). Penerapan Strategi Active Learning Berbasis Web (Blended Learning) Dalam Upaya Menciptakan Pembelajaran Aktif dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar. 1(1).
Dimyati, & Mujiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta.
Effendi, M. (2016). Integrasi pembelajaran active learning dan internet-based learning dalam meningkatkan keaktifan dan kreativitas belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–309.
Efyanto, D. (2021). Analisis Penerapan Kebijakan Merdeka Belajar Pada Kurikulum SMK. Universitas Muhammadiyah Malang.
Firdaus, R. F., Kusumah, I. H., & Sulaeman, S. (2018). Kontribusi Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Peserta Didik Dalam Berwirausaha. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(1), 99–105.
Fitri, M. M., Wahyuni, Y., & Vermana, L. (2020). Pengembangan RPP dan Skenario Pembelajaran Active Learning Tipe Hollywood Square Review Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas Viii Smpn 25 Padang. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(02), 44–45.
Gunawan, I. (2011). Evaluasi program pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 17(1).
Hadi, N. F., & Afandi, N. K. (2021). Literature Review is A Part of Research. Sultra Educational Journal, 1(3), 64–71.
Hamid, M. A., Nurtanto, M., & Fawaid, M. (2018). The analysis of learning implementation plan in vocational subjects based on 2013 Curriculum. INVOTEC, 14(1), 17–21.
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Insan Madani.
Hyun, J., Ediger, R., & Lee, D. (2017). Students’ Satisfaction on Their Learning Process in Active Learning and Traditional Classrooms. International Journal of Teaching, 29(1), 108–118.
Indonesia, K. P. dan K. R. (2019). Surat Edaran Nomor 14 tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Ismail, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Policy Analysis Of Implementation Of Minimum Competency Assessment As An Effort To Improve Reading Literacy Of Students In Schools. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(1), 83–91.
JAMADI, J. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Solusinya Studi Kasus di Smkn 4 Yogyakarta. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 78–88.
Janah, D. M., & Rahmawati, L. E. (2019). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dengan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII SMK. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ke, Fengfeng; Hoadley, C. (2009). Evaluating Online Community Learning. Education Tech Research, 57, 487–491.
Khan, A., Egbue, O., Palkie, B., & Madden, J. (2017). Active learning: Engaging students to maximize learning in an online course. Electronic Journal of E-Learning, 15(2), 107–115.
Kurniawan, R. (2020). The Effect of Student Interaction Ability and Student Adaptability to Student Satisfaction and The Moderating Role. Sekolah Tinggi Manajemen IPMI.
Kusumastuti, R. (2013). Upaya SMK bidang studi bisnis manajemen dalam memenuhi kebutuhan softskill dunia industri. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3).
Lestati, E. T. (2020). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. In Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar (1st ed., p. 94). Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=wGL2DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Lestari,+T.+(2020).+Pendekatan+Saintifik+di+Sekolah+Dasar.+Yogyakarta+:+Deepublish.&ots=OaMXSByQN3&sig=jFg9Z57OJWdEbZyAe9_CcrscXM0&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Loilatu, S. H., Rusdi, M., & Musyowir, M. (2020). Penerapan sistem informasi manajemen pendidikan dalam proses pembelajaran. Jurnal Basicedu, 4(4), 1408–1422.
Made, D., Manili, C., Subagia, I. W., & Citrawathi, D. M. (2021). Analisis Pengelolaan Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP. 5(3), 362–375.
Maisaroh, -, & Rostrieningsih, -. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 7(2), 157–172. https://doi.org/10.21831/jep.v7i2.571
Mawardi, M. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26–40.
Michie, S., & Williams, S. (2003). Reducing work related psychological ill health and sickness absence: a systematic literature review. Occupational and Environmental Medicine, 60(1), 3–9.
Mizikaci, F. (2006). A systems approach to program evaluation model for quality in higher education. Quality Assurance in Education.
Muazzaroh, F. (2017). Reaktualisasi Pendidikan Behavioristik. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 8(2), 265–286.
Muhtadi, A. (2009). Implementasi Konsep Pembelajaran “Active Learning” sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa dalam Perkuliahan. Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan FIP UNY, Majalah Ilmiah Pembelajaran.
Munthe, F., & Mataputun, Y. (2021). Analisis kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri dalam meningkatkan mutu lulusan sekolah menengah kejuruan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(2), 312–319.
Nahak, Roswita Lioba; Benu, A. Y. (2021). Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Satu Lembar Tematik Berbasis Active Learning dengan Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1539–1546.
Nahak, R. L., & Benu, A. Y. (2021). Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Satu Lembar Tematik Berbasis Active Learning dengan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1539–1546.
Ndiung, S., & Menggo, S. (2021). Pelatihan Penyusunan RPP Merdeka Belajar Bagi Guru SDN Ules Kabupaten Manggarai Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15–22.
Prince, M. (2004). Does active learning work? A review of the research. Journal of Engineering Education, 93(3), 223–231. https://doi.org/10.1002/j.2168-9830.2004.tb00809.x
Putra, Y. D. P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Type Quiz Team Pada Mata Pelajaran Finishing Kayu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TekniK Konstruksi Kayu SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1, 195–199. https://core.ac.uk/search?q=authors:(DWI PRANATA, YANO)
Rahman, K. A. A., Salleh, S., Wazir, R., Sudi, S., Awang, A. H., & Kamarulzaman, A. I. (2021). Kajian Systematic Literature Review (SLR) Tentang Kesihatan Mental Di Malaysia Semasa Pandemik Covid-19: Systematic Literature Review (SLR) On Mental Health in Malaysia During the Covid-19 Pandemic. Sains Insani, 6(3).
Riany, R. (2012). Karakteristik Dan Tuntutan Perkembangan Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Statement: Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 2(2), 81–98.
Riyadi, S., & Chuluq, M. K. (2021). Implementasi Metode Addie Pada Sistem Informasi Pembuatan Rpp 1 Lembar Di Smk Pgri 4 Pasuruan. Spirit: STMIK Yadika Journal of Computing and Cybernetic System, 13(2).
Rohani, A. (2010). Pengelolahan Pengajaran. PT. Rineka Cipta.
Roviandri, R. (2021). Thematic Based Private Vocational School Learning Chomparison Analysis In One Sheet Lesson Plan. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(2), 123–133.
Salabi, A. S. (2020). Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah. Education Achievement: Journal of Science and Research.
Sandra, Y. (2019). Analisis dan Refleksi Model-Model Pembelajaran.
Setiawan, D. F. (2016). Relevansi Rencana Pembelajaran Dalam International Standar Organization (Iso) 9001: 2008 Terhadap Rencana Pembelajaran Dalam Standar Proses Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). EQUILIBRIA PENDIDIKAN: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 13–26.
Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 183–190.
Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Diperguruan Tinggi Pada Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373
Somawati, A. V., Adnyana, K. S., Darmawan, I. P. A., Dewi, N. P. D. U., Untara, I. M. G. S., Suadnyana, I. B. P. E., Paramita, I. B. G., Gede Yoga Satriya Wibawa, M. H., Gunawijaya, I. W. T., & Srilaksmi, N. K. T. (2020). Bali vs COVID-19: Book Chapters. Nilacakra.
Stark, J. S. (1986). Designing the Learning Plan: A Review of Research and Theory Related to College Curricula.
Stemler, S. (2000). An overview of content analysis. Practical Assessment, Research, and Evaluation, 7(1), 17.
Syakila, S. N. W., Setyowati, W., & Lestari, D. E. (2021). Independent Learning Program Policies in the Preparation of the Thematic Learning Implementation Plan (RPP). Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(2), 168–174.
Tarigan, O. A., Kusumah, I. H., & Karo-Karo, U. (2016). Penerapan Model Active Learning Type Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 124. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3203
Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397–413.
Utami, R. P. (2009). Active Learning Untuk Mewujudkan Pembelajaran Efektif. Al-Bidayah, 1(2), 151–166.
Wendi, S., & Martias, M. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). MSI Transaction on Education, 2(4), 183–192.
Wibowo Nugroho. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidian Teknologi dan Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Kejuruan, 23(1), 45–50.
Widiasih, R., & Hermayanti, Y. (2020). International Students’ Experience of Studying at Indonesian Universities: A Systematic Review. Journal of International Students, 10(S3), 24–43.
Widodo, A., Nursaptini, N., Novitasari, S., Sutisna, D., & Umar, U. (2020). From face-to-face learning to web base learning: How are student readiness. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 149–160.
Wirentanus, W. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 melalui Pendampingan Berbasis KKG di SDN Dondak Kec. Pujut Tahun pelajaran 2018/2019”. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(1).
Zendrato, J. (2016). Tingkat Penerapan dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta Juniriang Zendrato FIP – Universitas Pelita Harapan ABSTRAK. Scholaria : Jurnal Elektronic Universitas Kristen Satya Wacana, 6(2), 58–73.
Refbacks
- There are currently no refbacks.