Implementasi Kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Kejuruan dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang implementasi kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia tepatnya pada SMK jurusan akuntansi dalam menghadapi era revolusi 4.0. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan menelusuri berbagai rujukan yang terkait dengan topik utama permasalahan yang akan dianalisis dan disimpulkan. Data penelitian ini diperoleh dari literatur – literatur yang relevan dari buku dan jurnal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 dikatakan masih belum cukup efektif dalam menghadapi tuntutan era revolusi 4.0 karena masih terdapat beberapa kendala dalam pengimplementasiannya seperti kurangnya kompetensi guru dalam menggunakan berbagai metode pembelajaran, masih banyak guru dalam menerapkan pembelajarannya belum sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), guru masih terlalu dominan dalam pembelajaran di kelas (teacher centered), dan masih terdapat guru yang masih mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian terhadap peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 70. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157
Fitriani, R. I., Putri, S. D. A., & Mustiningsih. (2020). Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal UNM Conferences, 1(1), 266–272.
Gautam Kumar Chaudhary, & Rohit Kalia. (2015). Development curriculum and teaching models of curriculum design for teaching institutes. International Journal of Physical Education, Sports and Health , 1(4)(4), 57–59. http://documents.tips/documents/wheeler-modelpdf.html
Jatmoko, D. (2013). Relevansi kurikulum SMK kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan terhadap kebutuhan dunia industri di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1572
Hakim, L. (2017). Analisis Perbedaan Kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), 129. https://doi.org/10.22373/jid.v16i1.590.5
Indah, D., & Sinurat, S. B. (n.d.). PENGEMBANGAN SISTEM KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN UNTUK MENGHASILKAN LULUSAN YANG HANDAL DI INDONESIA.
Januariansyah, S. (2017). Pedoman Pengembangan Kurikulum SMK Secara Sederhana dan Relevan Dengan Perkembangan Zaman. In ResearchGate. Universitas Negeri Yogyakarta (Issue November). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.25734.42568
Karakuş, G. (2021). A Literary Review on Curriculum Implementation Problems. Shanlax International Journal of Education, 9(3), 201–220. https://doi.org/10.34293/education.v9i3.3983
Kwadwo, O. A., Ernest, A., & Rita, Y. (2019). Relevance of the Senior High School Curriculum in Ghana in Relation to Contextual Reality of the World of Work. Journal of Curriculum and Teaching, 9(1), 1. https://doi.org/10.5430/jct.v9n1p1
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.36588/SUNDERMANN.V1I1.18
Maulida, T., Mustiningsih, & Katerina, E. I. (2020). Hubungan Pengembangan Dan Perkembangan Kurikulum Terhadap Tujuan Pendidikan. Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 318–324.
Narizona, H. S., & Utomo, S. W. (2017). Analisis Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Di Smkn Abc Madiun. … Pendidikan Akuntansi, September, 774–792. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/FIPA/article/viewFile/282/263
Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x
Pardomuan, M. J. N. (2013). Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085/6067
Permendikbud_Tahun2014_Nomor160.Pdf. (n.d.).
Permendikbud No. 60 Tahun 2014. (n.d.). PERMENDIKBUD No. 160 Tahun 2014.pdf.
Prajana, A., & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran oleh Guru SMK Di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p033
Prasetyono, H., Abdillah, A., Djuhartono, T., Ramdayana, I. P., & Desnaranti, L. (2021). Improvement of teacher’s professional competency in strengthening learning methods to maximize curriculum implementation. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 720–727. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21010
Prasetyo, B., & Trisyanti, D. (2018). REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN TANTANGAN PERUBAHAN SOSIAL. IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(5), 22–27. https://doi.org/10.12962/J23546026.Y2018I5.4417
Prasetyono, H., Abdillah, A., Djuhartono, T., Ramdayana, I. P., & Desnaranti, L. (2021). Improvement of teacher’s professional competency in strengthening learning methods to maximize curriculum implementation. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 720–727. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21010
Puspitasari, R., Rahmah, F. N., Nugroho, A. A., Khamidah, F. N., & Sutrimo, M. S. (2019). ANALISIS KESIAPAN SEKOLAH TERHADAP PERUBAHAN KURIKULUM Studi Kasus SMK Perindustrian Yogyakarta dan SMA Negeri 5 Yogyakarta. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 280. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i2.6843
Saavedra, J., & Gutierrez, M. (2020). Peru: A wholesale reform fueled by an obsession with learning and equity. In Audacious Education Purposes: How Governments Transform the Goals of Education Systems. https://doi.org/10.1007/978-3-030-41882-3_6
Septianingrum, A. D., & Indartono, S. (2019). The Implementation of Archive Learning Based on the Kurikulum 2013. Dinamika Pendidikan, 14(1), 87–101. https://doi.org/10.15294/dp.v14i1.18755
Sukarni, S. (2019). Analisis Kesulitan Guru SMA Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2013 di Propinsi Riau. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 68–74. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v7i2.21180
Suyatmini. (2017). Implementasi kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran akuntansi di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 60–68. https://doi.org/10.2317/jpis.v27i1.5120
Uran, L. L. (2018). Evaluasi implementasi KTSP dan Kurikulum 2013 pada SMK se-Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.13309
Vananda, R. (2019). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Kejuruan Untuk Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri.
Wardana, E. D., Utomo, S. W., & Wihartanti, L. V. (2020). Analisis Profesionalisme Guru Akuntansi dan Keuangan Lembaga Pada Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SMK Negeri Bringin. Soedirman Economics Education Journal, 2(1), 35. https://doi.org/10.32424/seej.v2i1.2188
Wahzudik, N. (2018). Kendala dan Rekomendasi Perbaikan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(2), 87–97. https://doi.org/10.15294/ijcets.v6i2.26712
Refbacks
- There are currently no refbacks.