Peran Sistem Digital Payment Sebagai Strategi Peningkatan Pendapatan pada Usaha

Eka Wulandari Putri, Rizkika Auliya Isnaini, Salsabila Putri Tristiana

Abstract


Era ini, teknologi berkembang secara cepat dan semakin canggih sehingga perlu adaptasi bagi para penggunanya. Dalam aktivitas sehari-hari, manusia tidak bisa lepas dari internet dan teknologi. Teknologi tersebut membantu masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya terutama bagi para pelaku usaha khususnya dalam sistem pembayaran digital (digital payment). Adanya digital payment tersebut membantu para pelaku usaha dalam mengelola keuangan dan transaksi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran digital payment sebagai strategi dalam meningkatkan pendapatan usaha. Metode yang digunakan yaitu systematic review yang merupakan salah satu metode yang menggunakan review, telaah, evaluasi terstruktur, pengklasifikasian, dan pengkategorian dari evidence based yang telah dihasilkan sebelumnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa digital payment memberikan dampak positif terhadap tingkat pendapatan usaha. Selain itu, mayoritas usaha telah menerapkan digital payment pada system pembayarannya. Pada pembahasan konseptual, terdapat kesesuaian antara teori dengan hasil penelitian yang digunakan.


Full Text:

PDF

References


Abidin, M. S. (2015). Dampak Kebijakan E-Money Di Indonesia sebagai Alat Sistem Pembayaran Baru. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 3(2), 1–21. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-akuntansi/article/view/13212.

Andari, A. T., Aalin, E. R., & Putranti, E. (2020). Implementasi Aplikasi OVO Melalui Grab Untuk Meningkatkan Pendapatan (Studi Pada Merchant Di Kota Kediri). Seminar Nasional Gabungan Bidang Sosial - Polinema 2020, 203–212.

Azizah, F. N., Ilham, I. F., Aqidah, L. P., Firdaus, S. A., Setyani, A. D. A., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46–62.

Asmaul Husna. (2019). E-Fish Pay (Electronic Fish Pay) Kabupaten Bintan Kepulauan Riau. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 2(2), 15 - 26. https://doi.org/10.31629/jiafi.v2i2.1713.

Baraja, Y. A., & Gunawan, J. (2019). Identifikasi Karakteristik Merchant dalam Mengadopsi Layanan Mobile Payment Studi Kasus: Merchant OVO dan Merchant Gopay di Surabaya. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 8(2), 405–410. https://doi.org/10.12962/j23373520.v8i2.47898

Firdaus, Z. Y., Krisbiantoro, D., & Afiana, F. N. (2022). Analsis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan dan Penggunaan Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Technology Accetane Model (TAM). Journal of Information System Management (JOISM), 3(2), 56 - 62. https://doi.org/10.24076/joism.2022v3i2.619

Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. D. E., Handoko, A. L., Putra, R. S., Wijoyo, H., Ari-Yanto, A., & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. International Journal of Data and Network Science, 6(1), 37–44. https://doi.org/10.5267/J.IJDNS.2021.10.006

Handayani, M., & Rianto, M. R. (2021). Pengaruh Financial Knowledge , Pendapatan dan Social influence terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Pembayaran Digital pada Generasi Milenial Islam di Kota Bekasi. Jurnal Ilmial Ekonomi Islam, 7(03), 1858–1865. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3620

Kwabena, G.-Y., Qiang, M., Wenyuan, L., Qalati, S. A., & Erusalkina, D. (2019). Effects of the Digital Payment System on Smes Performance in Developing Countries; a Case of Ghana. EPRA International Journal of Economic and Business Review, 7(12), 79–87. https://doi.org/DOI:10.36713/epra2012

Lestari, D., Purnamasari, E., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Payment Gateway terhadap Kinerja Keuangan UMKM. JASMARK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Pemasaran Dan Keuangan, 1(1), 9-18. Retrieved from http://journal.fe-uigm.ac.id/index.php/JASMARK/article/view/14

Lestari, Merryana., Purnomo, H.D., Sembiring, Irwan. (2019). Pengaruh E-Payment Trust terhadap Minat Transaksi pada E-Marketplace Menggunakan Framework Technology Acceptance Model (TAM) 3. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 8(5). http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.2021855212

Marginingsih, Ratnawaty. (2021). Financial Technology (Fintech) Dalam Inklusi Keuangan Nasional di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 8(1), 56-64. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter

Marheni, D., & Melani, G. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat untuk Menggunakan Mobile Payment pada Masyarakat Kota Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(2), 804-815. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.399

Natalina, S. A., Zunaidi, A., & Rahmah, R. (2021). Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Strategi Survive UMKM Di Masa Pandemi di Kota Kediri. ISTITHMAR : Jurnal Pengembangan Ekonomi Islam, 5(2), 43–62. https://doi.org/10.30762/itr.v5i2.3376

Najib, M., & Fahma, F. (2020). Investigating the adoption of digital payment system through an extended technology acceptance model: An insight from the Indonesian small and medium enterprises. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 10(4), 1702–1708. https://doi.org/10.18517/ijaseit.10.4.11616

Namira, L. . (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat UMKM di Kota Padang Menggunakan e-Payment sebagai Metode Pembayaran. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(1), 212-224. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.553

Nasution, E. Y. (2021). The Role of Financial Technology on Income in Small and Medium Enterprises (SMEs). International Journal of Business Economics (IJBE), 3(1), 29–33. https://doi.org/10.30596/ijbe.v3i1.7897

Puteri, I., & Wijayangka, C. (2020). Analisis Penerimaan Teknologi Dompet Digital Pada UMKM Di Kota Bandung. Journal Of Applied Business Administration, 4(2), 115-123. https://doi.org/10.30871/jaba.v4i2.2119

Saputri, W. Y. (2021). Finansial teknologi ( fintech ) dan problematika usaha kreatif batik sebagai upaya peningkatan kesejahteraan di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(12), 1142–1158. https://doi.org/10.17977/um066v1i122021p1142-1158

Saputri, N. (2021). Readiness of SMEs on Digital Payment for Business Sustainbility. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 140-144. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1079

Sari, S. P. (2020). Strategi Meningkatkan Penjualan Di Era Digital. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 291–300. https://doi.org/10.5281/zenodo.3930698

Sari, P., & Rinofah, R. (2019). Pengaruh Financial Technology Terhadap Kepuasan Keuangan Dengan Capaian Keuangan Sebagai Variabel Mediasi. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 27(2), 134 - 146. https://doi.org/10.32477/jkb.v27i2.56

Shaury, S. (2019). Positioning Analysis of E-Wallet Based on Perceptual Mapping. SEIKO Journal of Management & Business, 3(1), 187–198. https://doi.org/10.37531/sejaman.v3i1.531

Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287-297. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i2.2384

Sugiharto, Umar, A., Sasongko, A. H., & Aguzman, G. (2019). PEMANFAATAN PEMBAYARAN ONLINE BAGI E-COMMERCE USAHA KECIL DAN MENENGAH. Buletin Bisnis & Manajemen, 5(1), 77–87.

Suyanto, U., & Purwanti, I. (2020). Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis E-Commerce ( Studi Pada UMKM Kabupaten Lamongan). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(1), 189-198. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.299

Venia, N., & Abdullah , M. F. . (2021). Pengaruh Financial Technology Terhadap Pendapatan Usaha Kecil Dan Menengah Di Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Journal of Financial Economics & Investment, 1(3), 182-195. https://doi.org/10.22219/jofei.v1i3.17788

Widyayanti, E. R. (2019). Analisis Pengaruh Kecenderungan Pergeseran Sistem Pembayaran Dari Tunai Ke Non-Tunai/Online Payment Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha (Studi Pada UMKM di Yogyakarta). Seminar Nasional Dan Call For Paper Paradigma Pengambangan Ekonomi Kreatif Di Era 4.0, 187–200.

Wijayani, D.I.L., etc. (2021). Implementasi Manajemen Pemasaran “Toko Lapak Poltekba Graha Poltekba” Melalui Diseminasi Teknologi Digital Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(4), 1514-1525. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5 061.

Wiyono, G., & Kirana, K. C. (2021). Digital Transformation of SMEs Financial Behavior in the New Normal Era. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 25(1), 191–211. https://doi.org/10.26905/jkdp.v25i1.4954

Yuwana, S. I. P. (2020). Coronanomics: Strategi Revitalisasi UMKM MenggunakanTeknologi Digital di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Technopreneurshipon Economics and Business Review, 2(1), 47–59. https://doi.org/10.37195/jtebr.v2i1.58

Zada, Chrysilla. Sopiana, Yunita. (2021). Penggunaan E- Wallet atau Dompet Digital sebagai Alat Transaksi Pengganti Uang Tunai Bagi UMKM di Kecamatan Banjarmasin Tengah. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, 4(1), 251-268. https://doi.org/10.20527/jiep.v4i1.3556.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.