Dim Sum Sayur: Peluang Bisnis di Era Pasca Pandemi Covid-19

Bellira Sivarani Ditania, Farhan Ubaidillah, Khosifa Sintari, Tomy Rizky Izzalqurny

Abstract


Usaha bisnis Dim Sum merupakan sebuah peluang bisnis yang menjanjikan dikarenakan tingginya minat masyarakat terhadap jenis makanan ringan ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana kelayakan bisnis Dim Sum sayur “D’Say” yang akan dijalankan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis bisnis dari aspek keuangan yang terdiri dari analisis proyeksi laba rugi dan arus kas, NPV, Payback Period, IProbability Index, dan IRR. Metode kualitatif digunakan untuk menganalisis aspek pasar dan pemasaran, aspek teknik dan teknologi, aspke manajemen, dan aspek lingkungan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari seluruh aspek yang diteliti, usaha bisnis Dim Sum Sayur “D’Say” layak untuk dijalankan. Hasil ini didukung dengan perhitungan pada aspek keuangan yang menunjukkan bahwa usaha bisnis Dim Sum Sayur “D’Say” mampu menghasilkan keuntungan.


Full Text:

PDF

References


Adyana, I. M. (2020). Studi Kelayakan Bisnis (Revisi) (Melati, ed.). Jakarta Selatan: Lembaga Penerbitas Universitas Nasional.

Iisnawatia, Rosa, A., Yunita, D., & Hartati. (2019). Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pesan Antar Makanan Online di Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 17(3), 147–157.

Katti, S. W. B., & Mutmainah. (2020). Penyuluhan Pentingnya Pembukuan UMKM Sederhana Dan Tahapan Penyusunan Studi Kelayakan Usaha. DAYA - MAS : Media Komunikasi Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(September), 58–60.

Krisnandika, V. R., Aulia, D., & Jannah, L. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pengangguran Di Indonesia. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 720–729. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2227

Qibtiyah, M., Rosidati, C., & Siregar, M. H. (2021). Perilaku Konsumsi Buah dan Sayur Pada Remaja. Jurnal Gizi Kerja Dan Produktivitas, 2(2), 51. https://doi.org/10.52742/jgkp.v2i2.12760

Rizki, A., Pasaribu, M. H., Islam, U., & Sumatera, N. (2021). Meninjau Kegelisahan Mahasiswa Dengan Kondisi Lapangan Pekerjaan. 1(November), 14–22.

Zalukhu, V. E. (2019). PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN TEPUNG DAUN KELOR (Moringa Oleifera) TERHADAP DAYA TERIMA DIM SUM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.