Analisis Kelayakan Usaha pada Bisnis Chipskuy
Abstract
Sebagai negara yang beriklim tropis, Indonesia memiliki beragam sumber daya alam yang melimpah seperti buah-buahan dan umbi-umbian. Sumber daya tersebut dapat dijadikan chips yang digemari oleh masyarakat luas. Dengan adanya studi ini, peneliti ingin menganalisis apakah bisnis “Chipskuy” layak untuk dijalankan atau tidak. Metode yang digunakan dalam analisis kelayakan bisnis ini yaitu metode kuantitatif dan kualitatif. Dalam menganaisis aspek pasar dan pemasaran, teknis dan teknologi, sumber daya manusia, hukum, dan lingkungan, peneliti menggunakan metode kualitatif. Sedangkan, metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis aspek keuangan seperti analisis metode Net Present Value, Payback Period, Profitability Index, Internal Rate of Return, Break Event Point, dan proyeksi. Hasil yang diperoleh dari analisis tersebut yaitu bisnis “Chipskuy” layak untuk dijalankan bagi pemilik usaha karena memiliki manfaat baik di bidang finansial maupun sosial.
Full Text:
PDFReferences
Herminingsih, H. (2018). Penerapan Inovasi Teknologi Mesin Penggorengan Vakum dan Pelatihan Olahan Kripik Buah di Kelompok Usaha Bersama(Kub) Ayu di Kelurahan Kranjingan Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Jurnal Ilmiah Inovasi, 17(2), 102–108. https://doi.org/10.25047/jii.v17i2.550
Sugiyanto, Nadi, L., & Wenten, I. K. (2020). STUDI KELAYAKAN BISNIS Teknik untuk mengetahui bisnis dapat dijalankan atau tidak (Vol. 1). http://eprints.unpam.ac.id/8654/3/Buku SKB Sugiyanto-Terbit 2020 Gabung-E-book.pdf
Wardhani, A. R., Suwandono, P., Silviana, S., & Fadhillah, A. R. (2019). Analisis kelayakan bisnis pada UKM Kripik Pisang Ramesta di Tulungagung. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 2(1), 32–36. https://doi.org/10.51213/jmm.v2i1.15
Wawolangi, J. A., & Permatasari, A. (2021). Pentingnya Perhitungan Biaya Produksi Untuk Penentuan Harga Jual Produk Aneka Kripik. BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 13(1), 62–70. https://doi.org/10.37477/bip.v13i1.206
Yanuar, D. (2016). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau dari Aspek Pasar , Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan pada UMKM Makanan Khas Bangka di Kota Pangkalpinang. Jurnal E-KOMBIS, II(1), 41–51.
Refbacks
- There are currently no refbacks.