Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Generasi Milennial (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1-Akuntansi 2018 Universitas Negeri Malang)
Abstract
E-commerce sebagai sebuah inovasi untuk memluai bisnis saat ini mulai banyak digunakan, karena kemudahan e-commerce yang dapat menyediakan tempat berjualan tanpa membutuhkan modal yang besar dalam mendirikannya, apalagi melihat berwirausaha saat ini banyak terkadang memiliki halangan seperti akses sumber pendanaan, modal menjadi salash satu faktor yang harus dipertimbangkan, dengan adanya e-commerce dapat mengurangi penggunaan modal tersebut dalam mendirikan toko atau tempat berjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh E-commerce dalam menggugah minat milenial untuk berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi aktif angkatan 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 64 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuisioner berbentuk google form yang diberikan pada mahasiswa Universitas Negeri Malang. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya e-commerce berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan untuk berwirausaha pada generasi milennial.
Full Text:
PDFReferences
Ayu, Dewa, and Anggi Pramiswari. 2017. “Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha.” E-Jurnal Akuntansi 2017(1):261–89.
Azwar, S. 2007. Metode Penelitian.
Desra. 2019. “7 Jenis E-Commerce Yang Perlu Anda Ketahui! - Jurnal.” Jurnal.Id.
Dosen Pendidikan. 2020a. “Reliabilitas - Jenis, Tujuan, Contoh, Cara, Konsep, Faktor.”
Dosen Pendidikan. 2020b. “Teknik Pengumpulan Data - Pengertian, Proses, Jenis Dan Prinsip.” Dosenpendidikan.Co.Id.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21.
Hidayat, Taufik. 2008. Panduan Membuat Toko Online Dengan OSCommerce. Jakarta: Mediakita.
Kasmi, Kasmi, and Adi Nurdian Candra. 2017. “Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu.” Jurnal AKTUAL 15(2):109. doi: 10.47232/aktual.v15i2.27.
KBBI. 2019. “Arti Kata Data - Kamus Besar Bahasa Indonesia.” KBBI Online 1.
Maulana, Shabur Miftah, Heru Susilo, and Riyadi. 2015. “Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online.” Jurnal Administrasi Bisnis 29(1):1–9.
Mulyadi, Mohammad. 2011. “Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them].” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 15(1):128.
Pendidikan, Dosen. 2020. “Uji Validitas - Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis, Cara.” Dosenpendidikan.Co.Id.
Priyanto, Sony Heru. 2008. “Di Dalam Jiwa Ada Jiwa: The Backbone and the Social Construction of Entrepreneurships.” Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Kristen Satya Wacana.
Sugiarto, Jhonij, Y. Bagus Wismanto, and Cicilia Tanti Utami. 2015. “Efektivitas Pelatihan Entrepreneurship Skill Untuk Meningkatkan Minat Menjadi Entrepreneur.” Prediksi 4(1):51.
Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Sugiyono. 2014. “Educational Research Methods Quantitative, Qualitative Approach and R&D.” Alfabeta.
Sugiyono. 2016. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharti, Lieli, and Hani Sirine. 2012. “Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention).” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 13(2). doi: 10.9744/jmk.13.2.124-134.
Yadewani, Dorris, and Reni Wijaya. 2017. “Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha.” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi) 1(1):64. doi: 10.29207/resti.v1i1.6.
Refbacks
- There are currently no refbacks.