Kiprah Bisnis Online di Kalangan Milenial

Mutiara Dewi Permatasari, Nisa Aurelya Salsabyla, Miranti Puspaningtyas

Abstract


Era Revolusi Industri 4.0 memberikan banyak manfaat yang membantu manusia dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari, diikuti perkembangan teknologi yang terjadi begitu pesat. Salah satu dampaknya ada pada perubahan bisnis, di mana telah marak bisnis online di berbagai kalangan (khususnya milenial) didukung dari penggunaan internet yang membuat kegiatan ini menjadi lebih fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan serta motivasi milenial dalam memilih jalur bisnis online, mengetahui cara mereka dalam mengatur faktor pendukung melakukan bisnis online, salah satunya seperti persiapan modal awal yang dibutuhkan dan pendekatan dalam hal meyakinkan ataupun menarik konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu systematic review yang pada dasarnya menggunakan metode ilmiah untuk merangkum hasil penelitian melalui peninjauan dari artikel atau jurnal penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa alasan atau motivasi milenial dalam memilih jalur bisnis online adalah lebih fleksibel, karena menghemat waktu dan biaya serta keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan ketertarikan pribadi. Faktor pendukung seperti persiapan modal yang dibutuhkan tidak berfokus pada kemampuan khusus ataupun modal finansial yang besar, melainkan pada pelayanan secara profesional dan memiliki sifat wirausahawan seperti terus berusaha dan pantang menyerah dengan diikuti persiapan lainnya. Pendekatan dalam hal meyakinkan ataupun menarik konsumen dilakukan dengan cara memiliki strategi yang baik, melalui pemberian pelayanan terbaik.


Full Text:

PDF

References


Djuharni, D & Dewi S. (2021). Fenomena Transaksi Bisnis Online di Era 4.0. Jurnal Akuntansi Kontemporer (JAKO) 13(1), 27-38. https://doi.org/10.33508/jako.v13i1.2509.

Farida, Hanum. (2019). Bisnis Online Indonesia Menarik Minat Kalangan Anak Muda. Jurnal Bisnis Corporate: Vol. 4 No. 1.

Hamdan. (2018). Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusamba Vol. 3 No. 2. Universitas Serang Raya.

Hendarsyah, D. (2015). Bisnis Toko Online. Jurnal Iqtishaduna (Ekonomi Kita). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syariah Bengkalis.

Husnan, Fahtul dkk. (2016). Buku Pintar Bisnis Online. Elex Media Komputindo: Jakarta. Online: https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Pintar_Bisnis_Online/L4lKDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=bisnis+online+adalah&printsec=frontcover. Diakses: 26 Maret 2021.

Ionica, O & Stanciu A. (2017). The Impact of Management Accounting Innovations on Millenials Business. “Ovidius” University Annals, Economic Sciences Series Volume XVII, Issue 1/2017.

Kahayani, M. V. (2017). Studi Tentang Motivasi Anak Muda Untuk Berwirausaha di Kecamatan Samarinda Kota. eJournal Administrasi Bisnis, Volume 5, Nomor 1, 2017: 53-66.

Kumar, N., Gaurav, K. G & Swati, S. (2018). Social Media Marketing and Destination Choice of Millennials: An Analytical Review. Amity Research Journal of Tourism, Aviation and Hospitality Vol. 03, issue 01. Jan-June 2018.

Mlelwa, K. L., Chachage, B & Zaipuna, Y.O. (2015). E-Commerce Trend in Developing Countries: A Case Study of Tanzania. International Journal of Computer Applications 125 (1).

Nofriansyah. (2020). Bisnis Online: Strategi dan Peluang Usaha. Yayasan Kita Menulis. Online: https://www.google.co.id/books/edition/Bisnis_Online_Strategi_dan_Peluang_Usaha/ruz4DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=bisnis+online+adalah&printsec=frontcover. Diakses: 26 Maret 2021.

Purba, Mortigor & Yando Agus. (2020). Revolusi Industri 4.0. Online: https://www.google.co.id/books/edition/Revolusi_Industri_4_0/BRAREAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=revolusi+industri+4.0&printsec=frontcover. Diakses: 26 Maret 2021.

Rakib, M dkk. (2020). Pelatihan Merancang Bisnis Online di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. Jurnal Dedikasi, Vol. 22, No. 2, 2020 (129-134). Jurusan Bisnis dan Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar.

Safitri, Dwi Kurnia. (2019). “Pengembangan Bisnis Online Berbasis Modal Sosial pada Komunitas Funbizclub Surabaya dalam Perspektif Teori Modal Pierre Bourdiue”. Skripsi Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Siswanto. (2010). Systematic Review sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintesis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar). Online : https://media.neliti.com/media/publications/21312-ID-systematic-review-sebagai-metode-penelitian-untuk-mensintesis-hasil-hasil-peneli.pdf. Diakses: 26 Maret 2021.

Suyatna, H & Yanti, N. (2017). Socioprenuership Sebagai Tren Karir Anak Muda. Jurnal Studi Pemuda Vo. 6 No. 1 Mei 2017. Universitas Gadjah Mada.

Teddy, Michael dkk. (2018). Karakteristik Pengusaha Saat Ini di Kalangan Milenial di Ibu Kota Indonesia. Jurnal Pemerintahan dan Pembangunan Vol. 14. Edisi 2, Juli 2018.

Wardana, Ludi. Puji Handayati dan Narmaditya Bagus. (2020). Faktor Penentu Kaum Muda dalam Mempersiapkan Kewirausahaan: Pelajaran dari Indonesia. Jurnal Keuangan Asia, Ekonomi dan Bisnis 7 (8), 555-565. DOI: 10.13106 / jafeb.2020.vol7.no8.555.

Wulandari, Wiwit. (2019). Analisis Hambatan Bisnis Online di Kalangan Mahasiswa (studi Kasus pada Mahasiswa Kota Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yusnandar, W. (2017). Analisis determinan minat berbisnis online di kalangan mahasiswa.

Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(2), 129-138. DOI: 10.5281/zenodo.1095037.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.