Pemaanfaatan Teknologi bagi Entrepreneur sebagai Digital Natives dalam Membangun Personal Branding di Sosial Media

Widyana Rahma Cahyani, Yuniar Cysearlika Sudiro, Miranti Puspaningtyas

Abstract


Media digital telah membuka jalan bagi entrepreneurs dalam berkomunikasi, mengatur serta membangun suatu strategi dalam menjalankan aktivitas bisnis. Saat ini, bagaimana suatu strategi dapat bekerja telah dipraktikan sebagai bentuk “mediasi” kepada masyarakat luas melalui teknologi sosial media salah satunya adalah dengan personal branding. Artikel ini bertujuan mentelusuri literatur interdisipliner yang berkembang serta menggambarkan bagaimana tekonologi media digital memainkan peran dominan dalam personal branding bagi wirausahawan serta bagaimana wirausahawan mampu memanfaatkan perkembangan teknologi digital dalam membangun personal branding guna mengembangkan bisnis nya. Dalam artikel ini, penulis berusaha membangun konsep teoritis terkait pemanfaatan teknologi bagi pengusaha dalam membangun personal branding berdasarkan kajian literatur yang ada. Temuan artikel ini yaitu bahwa personal branding merupakan salah satu faktor krusial yang mampu meningkatkan kredibelitas, visibilitas, menunjang karir seseorang, menciptakan reputasi sehingga pada gilirannya akan membantu seseorang untuk mendapatkan pengaruh dimana orang lain akan melihat sebagai pribadi yang efektif, terhubung dengan baik, berpengetahuan luas serta up-to-date. Dengan adanya artikel ini diharapkan entrepreneur dan digital natives mampu secara optimal memanfaatkan sosial media sebagai platform untuk personal branding. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur dengan meninjau literatur yang relevan serta membuat interpretasi terkait personal branding sebagai salah satu strategi dalam pemanfaatan teknologi di era digital.

Full Text:

PDF

References


Afrilia, A. M. (2018). Personal Branding Remaja di Era Digital. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 20-30.

Archer, C., & Harrigan, P. (2016). Show me the money: how bloggers as stakeholders are challenging theories of relationship building in public relations. Media International Australia, 160(1), 67-77. Doi: 10.1177/1329878X16651139

Brogan, Chris. (2010). Social Media 101: Tactics and Tips to Develop Your Business Online. New Jersey: Jhon Wiley & Sons, Inc.

Brydges, T., & Sjöholm, J. (2018). Becoming a personal style blogger: Changing configurations and spatialities of aesthetic labour in the fashion industry. International Journal of Cultural Studies, 22(1), 119-139. Doi: 10.1177/1367877917752404

Fink, M., Koller, M., Gartner, J., Floh, A., & Harms, R. (2020). Effective entrepreneurial marketing on Facebook–A longitudinal study. Journal of business research, 113, 149-157.

Franzia, E. (2018, March). Personal Branding melalui Media Sosial. In Prosiding Seminar Nasional Pakar (pp. 15-20).

Hearn, A. (2008). `Meat, Mask, Burden`. Journal of Consumer Culture, 8(2), 197–217. doi:10.1177/1469540508090086.

Hjorth, L., & Hinton, S. (2019). Understanding Social Media (Second ed.). London: Sage.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing, 14th ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kraus, S., Palmer, C., Kailer, N., Kallinger, F. L., & Spitzer, J. (2019). Digital entrepreneurship. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 25(2), 353-375. Doi: 10.1108/ijebr-06-2018-0425

Kucharska, W. (2017). Consumer social network brand identification and personal branding. How do social network users choose among brand sites? Cogent Business & Management, 4(1), 1315879.

Lair, Daniel J.; Sullivan, Katie; Cheney, George (2005). "Marketization and the Recasting of the Professional Self". Management Communication Quarterly 18 (3): 307–343.

Nambisan, S. (2018). Digital Entrepreneurship: Toward a Digital Technology Perspective of Entrepreneurship. Entrepreneurship Theory and Practice, 41(6), 1029-1055. Doi: 10.1111/etap.12254

Nambisan, S., Siegel, D., & Kenney, M. (2018). On open innovation, platforms, and entrepreneurship. Strategic Entrepreneurship Journal, 12(3), 354-368. Doi: 10.1002/sej.1300

Pawar, A. (2016). The Power of Personal Branding. International Journal of Engineering and Management Research, 6(2), 840-847.

Rendan Liu, Ayoung Suh, Self-Branding on Social Media: An Analysis of Style Bloggers on Instagram, Procedia Computer Science, Volume 124, 2017, Pages 12-20, ISSN 1877-0509, https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.12.124. (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877050917328922)

Siapera, E. (2018). Understanding New Media (Second ed.). London: Sage

Smith, C., Smith, J. B., & Shaw, E. (2017). Embracing digital networks: Entrepreneurs' social capital online. Journal of Business Venturing, 32(1), 18-34. Doi: 10.1016/j.jbusvent.2016.10.003

Taprial & Kanwar. 2012. Understanding Social Media. Terj. Bandung: Alfabeta

Tamimy, M. F. (2017). Sharing-mu, Personal Branding-mu: Menampilkan Image Diri dan Karakter di Media Sosial. VisiMedia.

Van Nuenen, T. (2015). Here I am: Authenticity and self-branding on travel blogs. Tourist Studies, 16(2), 192-212. Doi: 10.1177/1468797615594748

Van Gelderen, M., Kautonen, T., & Fink, M (2015). From entrepreneurial intentions to action: Self-control and action-related doubt, fear, and aversion. Journal of Business Venturing. 30(5), 655-673.

Viţelar, A. (2019). Like me: Generation Z and the use of social media for personal branding. Management Dynamics in the Knowledge Economy, 7(2), 257-268.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.