Penerapan Etika Bisnis dalam Mengembangkan UMKM Martabak Umi di Era Modern

Rista Fitri Muliani, Vandi Andiono Syarif, Sheila Febriani Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis yang diterapkan oleh UMKM Martabak Umi di. Sehingga penulis melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Etika Bisnis dalam Mengembangkan UMKM Martabak Umi di Era Modern”. Jenis penelitian ini adalah = menggunakan penelitian kualitatif fenonenologi. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif untuk mendapatakan infromasi ataupun data-data dengan akurat dan relevan dalam mengetahui Penerapan Etika Bisnis dalam mengembangkan UMKM Martabak Umi dengan menggunakan metode teknik wawancara terhadap dua informan yaitu pemilik Wirausaha Martabak Umi dan Pelanggan tetap Martabak Umi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis dalam UMKM Martabak Umi ini menunjukan bahwa penerapan etika bisnis oleh UMKM Martabak Umi ini belum sepenuhnya maksimal karena dalam menerapkan pelayanan yang adil pada pelanggan UMKM Martabak Umi ini terkadang belum baik. Akan tetapi UMKM Martabak Umi ini selalu berusaha untuk memperbaiki dan mengevaluasi usahanya agar dapat lebih baik lagi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan etika bisnis di UMKM Martabak Umi ini belum sempurna sepenuhnya akan tetepi selalu berusaha semaksimal mungkin untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan mutu serta kualitas dari UMKM Martabak Umi.

Full Text:

PDF

References


Adi, Khrisna. (2010). Pengaruh Etika Bisnis di Perdagangan Internasional dalam Menghadapi Era Globalisasi CV Karya Baru Klaten. Surakarta.

Anastasyah, D., Hidayat, H. (2017). Perbedaan Persepsi Tentang Etika Bisnis pada Mahasiswa yang Belum dan Sudah Mempelajari Mata Kuliah Etika Bisnis pada Prodi Akuntansi di Perguruan Tinggi Kota Batam. Vol. 5, No. 2. E-ISSN: 2548-9836.

Auliya, Aidil. (2020). Filosofi Sosiologis Globalisasi dan Pembentukan Identitas Keagamaan: Interpretasi Gerakan HTI. Jurnal Al-Aqidah: Jurnal Ilmu Aqidah Filsafat, Volume 12, Edisi 1.

Aygun, E., & Pazarcik, Y. (2013). Business ethics, social responsibility and corporate governance: Does the strategic management field really care about these concepts? Procedia - Social and Behavioral Sciences 99, 294 – 303.

Ayyubi, S., (2016). Peran Etika Bisnis Islam terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Pangan di Kota Bogor. DOI: 10.14414/jbb.v6i2.1299.

Butarbutar, B. (2019). Peranan Etika Bisnis dalam Bisnis. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(2), 187-195.

Baskara. H., Zakir. H. (2018). Pengaruh Motivasi, Kepribadian dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau (UIR). Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR Vol 6 No 1.

Darwis, Robby. PENGARUH MODERNISASI DAN GLOBALISASI TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DI INDONESIA.

Georgescu, M. (2012). Business ethics and organizational values in Romanian enterprises. doi: 10.1016/S2212-5671(12)00222-5.

Hasoloan, A. (2018). Peranan Etika Bisnis dalam Perusahaan Bisnis. Warta Dharmawangsa, (57).

Hakim, Arif. Persepsi Pelaku Bisnis SPBU di Kabupaten Kudus Terhadap Etika Bisnis Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus.Hasoloan, A. (2018). Peranan Etika Bisnis dalam Perusahaan Bisnis. ISSN: 1829-7463.

Hotimah, H. (2020). Analisis Penerapan Etika Bisnis Dan Nilai Perusahaan Pt Axa Mandiri Financial Services. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(6), 570-580.

Juliana, L., Praptiningsih, M. 2014. Analisis Penerapan Etika Bisnis pada PT Maju Jaya di Pare - Jawa Timur. AGORA Vol. 2, No. 2.

Juliana., Faathir, M. (2019.) Implementasi Etika Bisnis Islam Pelaku Usaha Mikro: Studi Kasus Pada Pelaku Usaha Mikro Syariah Puspa Bank Indonesia Wilayah Jawa Barat di Bandung Tahun 2017. Strategic Volume 19 No.1.

Keraf. 1998. Etika bisnis (tuntutan dan relevansinya). Yogyakarta: Kanisius.

Khusna, Nurma. (2014). Etika Bisnis Sebagai Kiblat Mutlak Pelaku Usaha, Implikasi Ekonomi Islam. Az Zarqa’, Vol. 6, No. 2.

Kinasih, Matutino. 2020. TANTANGAN ETIKA BISNIS DALAM DUNIA BISNIS SEBUAH REFLEKSI FILOSOFIS TENTANG PENTINGNYA ETIKA DALAM DUNIA BISNIS. p–ISSN: 2541-0849. e-ISSN: 2548-1398. Vol. 5, No. 12.

Lubaba, A., Kristin, A. (2019). Etika Bisnis Islam: Implementasi pada UMKM Wirausahawan Krupuk Tayamum di Desa Sarirejo Kec. Kaliwungu Kab. Kendal. Volume 22. Nomor 01.

Ludigdo, Unti., Syariati, Dian. 2020. Transformasi Praktik Akuntansi Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM): dari Memori ke Catatan.

Moh, Muslim. (2017). Urgensi Etika Bisnis di Era Global. Esensi, vol.20 no.2. (021) 8564932.

Pricillia, Mellisa. Mengkaji Pentingnya Etika dalam Praktik Bisnis pada Pasar Ritel Modern.

Sinarta, O., Harjanti, D. (2014). Penerapan Etika Bisnis Pada PT. X. AGORA Vol. 2, No. 1.

Tormo, G., & Oltra, V. (2016). How effective are business ethics/CSR courses in higher education? Procedia - Social and Behavioral Sciences 228, 567 – 574.

Włodzimierz, S., & Lőrinczy, M. (2015). The perception of ethics in business: analysis of research results. Procedia Economics and Finance 34, 156 – 163.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.