Strategi Bisnis Usaha Otomotif Agar Tetap Aktif di Era New normal

Fitriana Santi, Ary Yunita Anggraeni

Abstract


Wabah Covid 19 yang memasuki Indonesia di pertengahan tahun 2019 memberikan dampak negatif pada beberapa sektor, salah satunya adalah sektor otomotif. Turunnya daya beli masyarakat membuat perusahaan harus dapat menetapkan strategi untuk bertahan melawan pandemi ini. Strategi bisnis memiliki peran penting dalam jalannya perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh perusahaan otomotif guna bertahan dalam menjalankan kegiatan usahanya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan model pendekatan studi kasus. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara. Informan yang dipilih menggunakan teknik purposive. Melalui teknik ini peneliti memilih informan dan lokasi peneliti dengan tujuan untuk mempelajari permasalahan pokok yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 3 strategi bisnis yang dipertahankan dalam mempertahankan bisnis yakni: merekrut karyawan berpengalaman, meningkatkan loyalitas terhadap karyawan serta pemberian bonus kepada pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Baldwin R&Weder B. 2020. Economics in Time of Covid-19. Centre for Economic Policy Research. London.

Barney, Jay B, William S. H. 2008. Strategic Manahemen and Competitive Advantage. Second Edition Byod, et all. 2000. Manajemen Pemasaran Suatu Pendeksatan Strategis dengan Orientasi Global. Jilid 2. Edisi Kedua. Alih Bahasa: Imam Nurmawan. Jakarta: Erlangga

Gunawan J. 2013. Analisa Manajemen dan Strategi Bisnis pada UD. Cahaya Abadi Indah di Surabaya. Agora. 1(3).

Hitt, Michael a, et all. 2001. Strategi Manajemen. Jakrta: Bayumedia Publishing

Panjaitan Mangasa. Peran Keterlibatan dan Partisipasi Karyawan terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen. 4 (1):52-60.

Poernomo Hadi&Hartono. 2019. Pengaruh Rekruitmen dan Seleksi terhadap Kinerja Karyawan PT Telkom Indonesia, Tbk Cabang Sidoarjo. Journal of Management and Accounting. 2 (1):87-101.

Potale R.B dkk. 2016. Pengaruh Proses Rekrutmen dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan pada OT Bank Sulutgo. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 16(4):453-464.

Shirov. 2020. Statistic for the Benefit of Economics and Society. Studies on Russian Economic Development. 31:3-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.