Produk Kerajinan Tangan: Analisis Strategi 3P dalam mempertahankan Usaha Online Shop pada Masa Pandemi

Endira Ramadhani, Irfa’ Masluhatul Ummah, Sheila Febriani Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi dalam mempertahankan bisnis online shop pada masa pandemi berlangsung yang diterapkan oleh salah satu pemilik online shop yang bergerak di bidang kerajinan tangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan cara menganalisis data secara kualitatif. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh menggunakan teknik wawancara serta dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti dan beberapa narasumber melalui meeting conference karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk berinteraksi secara langsung. Selain itu penulis juga menggunakan sumber data sekunder untuk mendukung dan memberikan tambahan serta penguatan terhadap data penelitian. Dari wawancara melalui video conference yang dilakukan oleh penulis kepada narasumber, hasil yang didapat peneliti adalah terkait berbagai jenis platform yang digunakan oleh salah satu online shop untuk memasarkan kerajinan tangannya, lalu terkait dengan kendala selama menjalani usaha online shop ini dan bagaimana pemilik dapat mengatasi hal tersebut, karena bisnis tersebut terus berlanjut dan berkembang walaupun masa pandemi berlangsung maka pemilik online shop ini memberi perhatian khusus dan menganalisis strategi baru untuk diterapkan dalam menghadapi masa pandemi agar penjualan tetap stabil dan memiliki nilai jual dibandingkan online shop yang lainnya.

Full Text:

PDF

References


Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83-96.

Fabeil, N. F., Pazim, K. H., & Langgat, J. (2020). The impact of Covid-19 pandemi crisis on micro-enterprises: Entrepreneurs’ perspective on business continuity and recovery strategy. Journal of Economics and Business, 3(2).

Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun Pemasaran Online dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 5(2), 213-222.

Firmansyah, M. A., & Mochklas, M. (2018). Analisa Strategi Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Giras Di Surabaya. Jurnal Eksekutif, 15(1), 281-295.

Kurniawati, R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Kerajinan Tangan (Handycraft) Dalam Meningkatkan Kemandirian Di Bengkel Kriya Daun 9996 Skala Ekspor Ngagel Mulyo Surabaya. J+ Plus Unesa, 8(2).

Laura Hardilawati, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. jurnal akuntansi dan ekonomika, 10(1), 89-98.

Lupi, F. R., & Nurdin, N. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Dan Penjualan E-Commerce Pada Tokopedia. Com. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 2(1), 20-29.

Nguyen, N. (2020). Thematic analysis of the effects of COVID-19 on Vietnamese micro-entrepreneurs in the service business in Finland.

Onoshakpor, C., Etuknwa, A., & Karamalla-Gaiballa, N. Strategic Flexibility and Organizational Resilience of Women Entrepreneurs’in Africa During the Covid-19 Pandemi. Research Journal of Business and Management, 7(4), 277-287.

Permadi, E. (2019). Sistem Informasi Pemesanan Dan Penjualan Kerajinan Tangan Berbasis Website (Studi Kasus Minimocraft Semarang) (Doctoral Dissertation, University of Technology Yogyakarta).

Petri, M. M., Majid, N., & Addiarrahman, A. (2020). Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi UMKM Buket Bunga Gallery Daisuki Jambi) (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Puspasari, A., & Adawia, P. R. (2020). Strategi penjualan sepatu dengan metode analisis swot di era pandemi covid-19. AKUNTABEL, 17(2), 270-276.

Rosmadi, M. L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. IKRA-ITH EKONOMIKA, 4(1), 122-127.

Sabariah, E. (2021). Strategi Mempertahankan Energi Dinamis Suatu Wirausaha Pada Perubahan Fenomena Khususnya Fenomena Pandemi Covid 19 Berbasis Pengetahuan. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(1), 19-31.

Sarastuti, Dian. (2017). Strategi komunikasi pemasaran online produk busana muslim queenova. Visi Komunikasi, 16(01), 71-90.

Wahab, A., & Mangkuto, I. J. (2020). Analisis Strategi Iklan di Media Sosial Untuk Meningkatkan Efektifitas Penjualan (Studi Kasus: PT Wieda Sejahtera). Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 3(3), 81-90.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.