Pengaruh Literasi Digital Terhadap Tingkat Penggunaan E-Commerce Pada UMKM Di Indonesia (Studi Pada UMKM Kayungyun di Malang)
Abstract
Beradaptasi dengan adanya perkembangan teknologi digital merupakan suatu hal yang wajib bagi setiap individu, terutama bagi para pelaku usaha seperti UMKM. E-commerce merupakan suatu platform online yang ada sebagai dampak dari adanya perkembangan teknologi digital. Namun dalam praktiknya, banyak UMKM yang masih belum bisa memanfaatkan e-commerce akibat rendahnya tingkat literasi digital yang dimiliki individu. Literasi digital merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menggunakan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh literasi digital terhadap tingkat penggunaan e-commerce pada UMKM di Indonesia khususnya pada UMKM Kayungyun di Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan ialah semua UMKM Kayungyun yang ada Malang sebanyak 18 UMKM. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, yang penentuannya menggunakan rumus slovin dimana sebanyak 15 UMKM yang ditentukan untuk menjadi responden. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, sedangkan untuk pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh signifikan terhadap tingkat penggunaan e-commerce pada UMKM Kayungyun Malang. Diketahui bahwa kontribusi literasi digital terhadap tingkat penggunaan e-commerce pada UMKM Kayungyun di Malang ialah sebesar 40%. Pengaruh tersebut memiliki hubungan yang positif antar variabel. Hubungan yang positif tersebut memiliki arti bahwa dengan meningkatnya literasi digital pada UMKM Kayungyun maka tingkat pengggunaan e-commerce pada UMKM Kayungyun juga akan mengalami peningkatan, begitupun sebaliknya.
Full Text:
PDFReferences
Al-Bakri, A. A., & Katsioloudes, M. I. (2015). The factors affecting e-commerce adoption by Jordanian SMEs. Management Research Review, 38(7), 726–749.
Amelia M., Prasetyo Y., Maharani I. (2017). E-Umkm: Aplikasi Pemasaran Produk Umkm Berbasis Android Sebagai Strategi Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Jurnal Prosiding SNATIF ke-4, 11-16.
Bawden, D. (2001). Information and digital literacies: a review of concepts. Journal of Documentation, 57(2), 218–259.
Beik, Irfan Syauqi dan Laily Dwi Arsyanti. (2016). Ekonomi Pembangunan Syariah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Bejaković, P., & Mrnjavac, Ž. (2020). The importance of digital literacy on the labour market. Employee Relations, 42(4), 921–932.
Bernada, T. (2017). Upaya Perlindungan Hukum Pada Konsumen Dalam Transaksi E-commerce Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Digital Di Indonesia. Jurnal Hukum dan Peradilan, 6(1), 1-24.
Boyd, S. L., Hobbs, J. E., & Kerr, W. A. (2003). The impact of customs procedures on business to consumer e-commerce in food products. Supply Chain Management, 8(3), 195–200.
Candiya Bongomin, G. O., Munene, J. C., Ntayi, J. M., & Malinga, C. A. (2018). Determinants of SMMEs growth in post-war communities in developing countries. World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development, 14(1), 50–73.
Cetindamar Kozanoglu, D., & Abedin, B. (2020). Understanding the role of employees in digital transformation: conceptualization of digital literacy of employees as a multi-dimensional organizational affordance. Journal of Enterprise Information Management.
Chan, B., & Al-Hawamdeh, S. (2002). The development of e-commerce in Singapore: The impact of government initiatives. Business Process Management Journal, 8(3), 278–288.
Eduardsen, J. (2018). Internationalisation through Digitalisation: The Impact of E-commerce Usage on Internationalisation in Small-and Medium-sized Firms. Progress in International Business Research, Vol. 13, 159–186.
Elpira, B. (2018). Pengaruh penerapan literasi digital terhadap peningkatan pembelajaran siswa di smp negeri 6 banda aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Feerrar, J. (2019). Development of a framework for digital literacy. Reference Services Review, 47(2), 91–105.
Fitriani, Y., Aziz I. A. (2019). Literasi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra), 100-104.
Guven, H. (2020). Industry 4.0 and Marketing 4.0: In Perspective of Digitalization and E-commerce. In Agile Business Leadership Methods for Industry 4.0, 25–46.
Henari, T. F., & Mahboob, R. (2008). E-commerce in Bahrain: The non-technical limitations. Education, Business and Society: Contemporary Middle Eastern Issues, 1(3), 213-220.
Maria, N. S. B., & Widayati, T. (2020). Dampak Perkembangan Ekonomi Digital terhadap Perilaku Pengguna Media Sosial dalam Melakukan Transaksi Ekonomi. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 234–239.
Ningsih, S. E. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Kabupaten Jember.
Öncül, G. (2020). Defining the need: digital literacy skills for first-year university students. Journal of Applied Research in Higher Education.
Puspita, A. G. (2015). Pengaruh Penerapan Just In Time Terhadap Efisiensi Biaya Produksi Dan Efektivitas Produksi (Studi Pada PT Sugiura Indonesia) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Unpas).
Rakanita, A. M. (2019). Pemanfaatan E-commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jurnal EKBIS, 20(2), 1280-1289.
Saffu, K., Walker, J. H., & Hinson, R. (2008). Strategic value and electronic commerce adoption among small and medium‐sized enterprises in a transitional economy. Journal of Business and Industrial Marketing, 23(6), 395–404.
Salsabila, F. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Literasi Digital Terhadap Perilaku Berwirausaha Sektor Kuliner Yang Terdaftar Pada Aplikasi Go Food Di Pasar Segar Kota Makassar.
Subagyo, J. (2011). Metode Penelitian: Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: isu-isu penting. Lp3es.
Website Resmi Badan Pusat Statistik. www.bps.go.id.
Website Resmi Kabupaten Malang. www.umkm.malangkab.go.id.
Widyastuti, D. A. R., Nuswantoro, R., & Sidhi, T. A. P. (2016). Literasi Digital pada Perempuan Pelaku Usaha Produktif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal ASPIKOM, 3(1), 1-15.
Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh E-commerce Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 64-69.
Refbacks
- There are currently no refbacks.