Pengaruh Merchant Discount Rate dan Biaya Internet Terhadap Minat Usaha Mikro Kecil Menengah Dalam Menggunakan E-Money
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat UMKM dalam mengadaptasi E-Money dengan tingkat MDR dan adanya Biaya Internet. UMKM telah menjadi prioritas karena peran pentingnya dalam pembangunan ekonomi nasional. Perkembangan UMKM yang semakin pesat turut berpengaruh dalam penyerapan tenaga kerja yaitu sebanyak 97,02% di Indonesia. Kondisi itu pula yang terjadi di kota Malang, sebanyak 99,8% penyerapan tenaga kerja didominasi oleh UMKM. Dengan perkembangan zaman dan teknologi yang diiringi oleh sejumlah permasalahan ekonomi yang ada, UMKM harus mampu mengadaptasi teknologi untuk mengembangkan dan memperluas eksistensinya demi bersaing di pasar dalam negeri maupun luar negeri. Kemudahan dalam ber transaksi melalui E-Money dapat memperluas jangkauan pasar dan menjadi alternatif UMKM dapat berjalan beriringan dengan kemajuan teknologi. Penelitian ini menggunakan 30 Unit UMKM di kota Malang yang menjadi responden dengan menyebar kuisioner dan menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel MDR tidak memiliki pengaruh dan Biaya Internet yang memiliki pengaruh terhadap minat UMKM dalam menggunakan E-Money.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, M. S. (2016). DAMPAK KEBIJAKAN E-MONEY DI INDONESIA SEBAGAI ALAT SISTEM PEMBAYARAN BARU. 11080694234, 1–21.
Amir, A., Auzair, S. M., & Amiruddin, R. (2016). Cost Management, Entrepreneurship and Competitiveness of Strategic Priorities for Small and Medium Enterprises. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 219, 84–90. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.04.046
Ayudya, A. C., & Wibowo, A. (2018). The Intention to Use E-Money using Theory of Planned Behavior and Locus of Control. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 22(2), 335–349. https://doi.org/10.26905/jkdp.v22i2.1691
Bank Indonesia. (2016). Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/ 17 /PBI/2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/Pbi/2009 Tentang Uang Elektronik (Electronic Money). h. 1–4. https://www.bi.go.id/elicensing/helps/PBI_181716-Emoney.pdf
Bank Indonesia. (2021). Transaksi Uang Elektronik. https://www.bi.go.id/id/statistik/ekonomi-keuangan/ssp/uang-elektronik-transaksi.aspx
BCA. (n.d.). ketentuan-merchant-bca. https://www.bca.co.id/syarat-dan-ketentuan/ketentuan-merchant-bca
Copunation. (2019, January). Koneksi dan Tarif Internet di Asia Tenggara. copunation.co.id
Costa, A. S., & Rodrigues, A. (2018). ELECTRONIC RETAIL PAYMENT SYSTEMS AS AN INSTRUMENT TO ACHIEVE A CASHLESS ECONOMY : CHALLENGES DUE TO INFRASTRUCTURE GAP AND USER ADAPTABILITY IN DEVELOPING COUNTRIES Received : 15 Mar 2018 ABSTRACT Accepted : 21 Mar 2018 Various Forms of Cashless Electron. 6(3), 43–52.
Felt, M.-H., Hayashi, F., Stavins, J., & Welte, A. (2020). Distributional Effects of Payment Card Pricing and Merchant Cost Pass-through in the United States and Canada. The Federal Reserve Bank of Kansas City Research Working Papers. https://doi.org/10.18651/rwp2020-18
Depkop.go.id (2018). Diakses pada 18 Maret 2021
Górka, J. (2018). Interchange Fee Economics. In Interchange Fee Economics. https://doi.org/10.1007/978-3-030-03041-4
Kuncoro, Mudrajad, 2009, Ekonomika Indonesia Dinamika Lingkungan Bisnis di Tengah Krisis Global, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Lukman. (2020). Cara Daftar Merchant OVO,GO-PAY,DANA,ShoppePay Dan LinkAja. https://kitashare.net/cara-daftar-merchant/
Miftaudin, H. (2020, March). BI: Biaya MDR QRIS Bisa di Bawah 0,7%. medcom.co.id
Korella, J. L., & Li, W. (2018). Retail payment behaviour and the adoption of innovative payments: A comparative study in China and Germany. Journal of Payments Strategy & Systems, 12(3), 245-265.
Miftaudin, H. (2020, March). BI: Biaya MDR QRIS Bisa di Bawah 0,7%. medcom.co.id
Petriella, Y. (2018). Penjualan Ritel di Indonesia Bakal Tembus US$16,47 Miliar pada 2022 - Ekonomi Bisnis.
Seetharaman, A., Patwa, N., Niranjan, I., & Kavuri, S. P. (2016). The Impact of Increased Credit Card Usage on Costs Incurred by Merchant Establishments in Singapore. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 3(4), 43–56. https://doi.org/10.13106/jafeb.2016.vol3.no4.43
Sleekr. (2015, September). Apa Itu Merchant Discount Rate Perusahaan_ Bagaimana Mengelolanya_. sleekr.co
Rahmana, Arief. (2009). Peranan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 SNATI. ISSN: 1907-5022.
Refbacks
- There are currently no refbacks.