Motivasi Kaum Milenial Memulai Trend Bisnis E-Commerce di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi Covid-19 sedang melanda Indonesia dan memberikan dampak bagi seluruh aspek terutama aspek ekonomi dan bisnis. Perkembangan teknologi dan komunikasi yang dari tahun ketahun semakin canggih, menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Masyarakat Indonesia terutama kaum milenial mulai berbisnis secara online menggunakan e-commerce. Tulisan ini menyajikan informasi mengenai motivasi kaum milenial memulai trend bisnis e-commerce di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pusposive sampling. Berdasarkan hasil wawancara pada 10 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat motivasi internal dan eksternal. Motivasi internal yaitu untuk mengisi waktu luang dan keinginan untuk menghasilkan uang. Sedangkan motivasi eksternal yaitu adanya peluang yang besar untuk berbisnis di masa pandemi Covid-19.
Full Text:
PDFReferences
Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114. https://doi.org/10.24036/jkmb.10994100
Hardiyanto, Feri. (2020). "Analisis Marketing Syariah dalam Menghadapi Covid 19 (Studi Kasus Arpi Hijab Kuningan)." Jurnal Syntax Admiration, vol. 1, no. 1, pp. 23-32. https://e-resources.perpusnas.go.id:2152/id/publications/330775/analisis-marketing-syariah-dalam-menghadapi-covid-19-studi-kasus-arpi-hijab-kuni#cite
Kala’lembang, A. (2020). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(1), 54. https://doi.org/10.25273/capital.v4i1.7358
Kompas. (2020). Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta-lengkap-kasuspertama-virus-corona-di-indonesia?page=all, Diakses 17 Maret 2021
Lexy J. Moleong. 2005. Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Moon, J., Choe, Y., & Song, H. (2021). Determinants of consumers’ online/offline shopping behaviours during the COVID-19 pandemic. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(4), 1–17. https://doi.org/10.3390/ijerph18041593
Rahmawati, L. (2020). Peran E-commerce dalam Mendukung Ketahanan Pangan Wilayah Jakarta Saat Pandemi Covid-19. Magister Ketahanan Nasional, Universitas Gadjah Mada, 8(2), 11–27.
Rahwanto, E., Komala, R., & Kom, S. (2020). E-commerce dorong perekonomian Indonesia, selama pandemi covid 19 sebagai entrepreneur. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Jumanis) Prodi Kewirausahaan, 2(3), 200–213.
Salam, Wafa Raihany. (2020). "Inflasi Ditengah Pandemi dalam Perspektif Islam." Jurnal Syntax Transformation, vol. 1, no. 5, pp. 187-192. https://eresources.perpusnas.go.id:2152/id/publications/330008/inflasi-ditengah-pandemi-dalam-perspektif-islam#cite
Sangadji, Sopiah ( 2010). Metodologi Penelitian – Pendekatan Praktis dalam penelitian. CV Andi Offeset. Yogyakarta
SARI, S. (2019). Literasi Media Pada Generasi Milenial Di Era Digital. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(2), 30–42. https://doi.org/10.37676/professional.v6i2.943
Tuffour, I. (2017). A Critical Overview of Interpretative Phenomenological Analysis: A Contemporary Qualitative Research Approach. Journal of Healthcare Communications, 02(04), 1–5. https://doi.org/10.4172/2472-1654.100093
Refbacks
- There are currently no refbacks.