PELUANG BISNIS KOPI KEKINIAN SEBAGAI DAMPAK COVID-19 DI BIDANG TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI

ARNINDYA WAHYU TRIA, ALFONSIUS NAHUM PASARIBU, DIANA NATASYA CHANDRA DEWI, LINDA WAHYU NINGRUM, Umi Nuraini

Abstract


Kopi merupakan jenis minuman yang sekarang banyak dinikmati oleh kalangan muda hingga tua. Dari banyaknya peminat kopi ini banyak sekali orang yang mulai membuka usaha berbagai jenis olahan kopi. Pada era New Normal saat ini tentu tidak dapat menikmati kopi secara langsung di gerai kopi, sehingga dalam menjalankan usaha olahan kopi ini tentu perlu menggunakan teknologi dalam pemasaran agar usaha tetap berjalan. Dengan adanya era New Normal ini dimana penjual kopi membuat cara baru dengan memanfaat teknologi untuk memenuhi permintaan peminat kopi yang tidak bisa menikmatinya dengan secara langsung dating ke gerai kopi. 

Kata Kunci: Kopi, teknologi, usaha, new normal.


Full Text:

PDF

References


Alfin, A. (2021). Analisis Strategi UMKM dalam Menghadapi Krisis di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1543–1552.

Alfirahmi, A. (2019). Fenomena Kopi Kekinian di Era 4.0 Ditinjau dari Marketing 4.0 dan Teori Uses and Effect. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1), 24–32.

Annisa, N., Hartono, B. D., & Syarun, M. (2021). Analisis Strategi Pemasaran dan Diferensiasi Produk Melalui Instagram Dalam Menciptakan Loyalitas Konsumen di Kedai Kopi Darling Habit. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Publik (JMBP), 1(1), 20–31.

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid–19 terhadap Prekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146–153.

HARIYANTI, N. D. (n.d.). Pengaruh Atmosfir Kafe, Kualitas Produk, Dan Aplikasi Dompet Digital Terhadap Minat Beli Ulang Pada Pesenkopi Jember. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

laura Hardilawati, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98.

Leatemia, S. Y. (2020). ADOPSI E-COMMERCE PADA UMKM DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada UMKM di Kota Ambon). Soso-Q: Jurnal Manajemen, 8(2), 1–11.

Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118–124.

Pramelani, P. (2020). FAKTOR KETERTARIKAN MINUMAN KOPI KEKINIAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN KALANGAN MUDA. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(1), 121–129.

Rosmadi, M. L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. IKRA-ITH EKONOMIKA, 4(1), 122–127.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Savitri, A. S. N., Al Umar, A. U. A., Fitriani, A., Mustofa, M. T. L., & Arinta, Y. N. (2020). DAMPAK DAN STRATEGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI MASA PANDEMI DAN ERA NEW NORMAL. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1433–1437.

Solikatun, S., Kartono, D. T., & Demartoto, A. (2015). Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi (Studi Fenomenologi Pada Peminum Kopi Di Kedai Kopi Kota Semarang). Jurnal Analisa Sosiologi, 4(1).

Susanti, W. D., Mutia, F., & Agustin, D. (2020). Kedai Kopi: Kepintaran Kopi Dalam Menciptakan Ruang di Kota Malang. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 17(2), 149–154.

Teuku Isnaini, R. (2021). PENGARUH RELATIONSHIP MARKETINGDAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CAFÉ AWESOME SIGLI KABUPATEN PIDIE. Prosiding Seminar Nasional Universitas Jabal Ghafur, 1(1), 406–412.

Utami, S. S. (2012). Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Bisnis. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 8(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.