Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran Produk Milkshake dan Ice Cream “SOJ” Suwe Ora Jamu
Abstract
Digital marketing dalam kewirausahaan dapat membantu pelaku usaha untuk memasarkan produknya dimanapun dan kapanpun melalui media internet. Permasalahan yang diteliti oleh peneliti, yaitu: (1) bagaimana penerapan digital marketing yang digunakan oleh pemilik usaha Milkshake dan Ice Cream “SOJ” Suwe Ora Jamu (2) bagaimana keuntungan dan hambatan dalam penerapan digital marketing bagi pelaku usaha (3) apakah brand “SOJ” semakin terkenal setelah menerapkan digital marketing. Dalam penerapan kewirausahaan digital pada produk yang kami buat berfokus melalui media sosial yaitu: Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Selain itu, peneliti juga membahas teori mengenai tanaman obat keluarga terkhusus kencur, kunyit, dan jahe. Artikel ini disusun menggunakan metode penelitian kepustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengamati dan menganalisis fenomena terkait pemanfaatan tanaman toga di Desa Ploso, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, digitalisasi dalam jual-beli dan pemasaran, terjadinya pandemi Covid-19, dan kreativitas masyarakat dalam berwirausaha. Peneliti kemudian menentukan fokus penelitian, melakukan riset pasar, mengkaji dari berbagai literatur kemudian menyusunnya dalam bentuk informasi yang sistematis. Digital marketing sangat efektif dan efisien sehingga mampu meningkatkan volume penjualan secara signifikan. Dengan adanya digital marketing, produk lebih cepat dikenal oleh masyarakat luas dan mudah untuk dikembangkan. Namun, penerapan digital marketing selain memiliki manfaat juga memiliki kendala dalam suatu bisnis.
Full Text:
PDFReferences
Albarran, Allan B. 2013. The Social Media Industries. USA: Routledge.
Arianto, Bambang. 2020. “Pengembangan UMKM Digital Di Masa Pandemi Covid-19.” ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis 6(2):233–47.
Budiman, CV. 2017. “Strategi Viral Marketing Produk Chitato Indomie Di Instagram Dalam Membangun Brand Awareness.” Universitas Multimedia Nusantara.
Digital, Marketing. 2019. “Masalah Dan Solusi Dalam Praktik Digital Marketing.” Retrieved (https://groeducontentmarketing.com/2019/10/5-masalah-dan-solusi-dalam-praktik-digital-marketing/).
Karim, M. 2012. Letak Geografis Indonesiaku. Jakarta: Gramedia.
Kotler, P. 2016. Marketing Management (Global Edition). Harlow: Pearson Education Limited.
Maysari, Shelly. 2021. “Manfaat Digital Marketing Untuk Usaha & Bisnis Anda.” Retrieved (https://www.akudigital.com/bisnis-tips/manfaat-digital-marketing-untuk-usaha-bisnis-anda/).
Muhlisah. 2006. Tanaman Obat Keluarga. Jakarta: Penebar Swadaya.
Nambisan, Satish. 2017. “Digital Entrepreneurship: Toward a Digital Technology Perspective of Entrepreneurship.” Entrepreneurship: Theory and Practice 41(6):1029–55. doi: 10.1111/etap.12254.
Nugrahani, Farida. 2014. Metofe Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.
Permadi, D. 2018. “Menyongsong Kewirausahaan Dogital Indonesia.” Pp. 79–84 in UGM PRESS.
Pradiani, Theresia. 2018. “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan.” Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia 11(2):46–53. doi: 10.32812/jibeka.v11i2.45.
Ridwan. 2007. Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pertanian.
Sari, Milya, and Asmendri. 2018. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA 2(1):15.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Alfabeta.
Wahyuni, I. 2016. “Strategi Viral Marketing Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan.” Universitas Sunan Kalijaga.
Widiasih, Restuning, Raini Diah Susanti, Citra Windani, Mambang Sari, and Sri Hendrawati. n.d. “MENYUSUN PROTOKOL PENELITIAN DENGAN PENDEKATAN SETPRO : SCOPING REVIEW.” 3(3):171–80.
Yusri, Muhammad, and David Sukardi. 2017. “Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Bisnis Pada Perusahaan Mitra Jaya Abadi.” Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis 2(1):124–31.
Refbacks
- There are currently no refbacks.