Pengembangan Media Pembelajaran Kayanya Negeriku Berbasis Multimedia Interaktif di Kelas IV Sekolah Dasar

Khotimatul Hosna, Isna Ida Mardiyana

Abstract


Abstrak. Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kevalidan pengembangan media pembelajaran Kayanya Negeriku berbasis multimedia interaktif dilihat dari validasi ahli, selain itu mengetahui keefektifan media pembelajaran dilihat dari tes hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui kemenarikan produk ini dilihat dari angket respon siswa. Model penelitian pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian pada uji kelompok, rata-rata persentase dari validasi ahli yaitu 92,02% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Keefektifan pada media pembelajaran ini memperoleh ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 100%. Selain itu berdasarkan hasil angket respon siswa, termasuk dalam kategori sangat menarik, dengan perolehan persentase 91,67%.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, ADDIE

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran (Cetakan Kelima). Bandung: PT Remaha Rosdakarya.

Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. University Of Northern Colorado. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68-72.

Arifin, Z. (2019). Evaluasi Pembelajaran (Cetakan Kesebelas). Bandung: PT Remaha Rosdakarya.

Aris, I. E., Wijaya, S., & Ilannur, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Atraktif Ropibel Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas IV SDN Singapadu Kecamatan Curug Kota Serang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 62-73.

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman konsep kurikulum dan pembelajaran dengan peta konsep bagi mahasiswa pendidikan seni. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 1(1), 16-28.

Munir. (2015). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan (Cetakan Ketiga). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.

Pribadi, B. A. (2019). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran (Cetakan Kedua). Jakarta: Prenadamedia Group.

Rachmadtullah, R., Ms, Z., dan Sumantri, M. S. (2018). Development of computer-based interactive multimedia: study on learning in elementary education. Int. J. Eng. Technol, 7(.4), 2035-2038.

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model ADDIE pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2).

Saputri, D. Y., Rukayah, R., dan Indriayu, M. (2018). Need assessment of interactive multimedia based on game in elementary school: a challenge into learning in 21st century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1-8.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D) (Cetakan kedua). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.