Perbaikan Proses Pembelajaran Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Melalui Penerapan Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Binjai Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dribbling sepakbola melalui penerapan variasi pembelajaran pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Kota Binjai Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 yang terdiri dari 34 siswa, objek dalam penelitian ini adalah peran variasi pembelajaran pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Kota Binjai Tahun Ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses dribbling sepakbola. Untuk Memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes pada siklus I yaitu dengan cara melakukan dribbling sepakbola. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh perbaikan hasil belajar siswa dari 34 siswa terdapat 21 orang siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 61,76% dan 13 orang siswa yang belum tuntas yaitu sebesar 38,23%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan tes siklus II yang sama perlakuannya disiklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh perbaikan hasil belajar siswa dari 34 orang siswa terdapat 32 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 94,11% dan 2 orang siswa yang belum tuntas yaitu sebesar 5,88%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (>85%) telah tercapai. Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui peran variasi pembelajaran dapat memperbaiki proses pembelajaran dribbling pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Kota Binjai Tahun Ajaran 2018/2019
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.