PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI MELALUI MESIN TEMPA OTOMATIS UMKM PANDE BESI DESA SUMBERPASIR

Erwin Komara Mindarta, Redyarsa Dharma Bintara, Dani Irawan, Deva Putri Lestari, Eka Lisa Oktaviana, Risa Rahmawati

Abstract


Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis memiliki berbagai jenis UMKM, salah satunya adalah UMKM pande besi. Produk-produk yang dihasilkan meliputi alat-alat pertanian seperti pisau, cangkul, arit (sabit), dan produk- produk berbahan besi lainnya. Dari segi kualitas dan kuantitasnya, UMKM pande besi Sumberpasir belum mampu memenuhi kebutuhan pasar. Hal ini disebabkan oleh proses produksi masih mengandalkan tenaga manusia, terutama pada proses penempaan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi UMKM pande besi Desa Sumberpasir melalui penggunaan mesin tempa besi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berada di aula Kantor Desa Sumberpasir. Kegiatan ini meliputi sosialisasi penerapan mesin tempa besi. Metode yang digunakan yaitu diskusi dan penyuluhan terkait cara kerja dan cara perawatan mesin kepada pelaku UMKM pande besi. Kegiatan ini terdapat 2 tahapan yaitu mulai dari perancangan mesin pande besi otomatis, lalu dilanjutkan dengan sosialisasi mesin. Dalam sosialisasi ini pelaku UMKM diharapkan dapat memahami, menggunakan, merawat mesin tempa besi dengan baik dan benar. Adapun hasil dari kegiatan ini adalah pelaku UMKM dapat memenuhi kebutuhan pasar dengan produk-produk yang berkualitas dengan kuantitas yang memadai.

Full Text:

PDF

References


Aryo Satito, Supandi, T. A. K. (2021). Aplikasi Teknologi Mesin Tempa Sederhana Untuk Peningkatan Kapasitas Produksi UMKM “ NURI STEEL “, 286–294.

Darmanto, S., Purwadi, D., Ariwibowo, D., Hadi, A. F., Industri, D. T., Vokasi, S., … Diponegoro, U. (2020). Aplikasi Mesin Tempa Mini Di Industri Pande Besi. Jurnal Pengabdian Vokasi, 01(03), 187–190.

Darmanto, S., Ridwan, M., & Nugroho, A. (2020). Peningkatan Produktifitas dan Keselamatan Kerja Industri Pande Besi dengan Mengaplikasikan Rak Penyimpanan “ Peralatan , Benda Kerja dan Bahan Lain ”, 641–644.

Darsan, H., Susanto, H., Fazlina, R., Syari, Z., Munawir, A., & Farizal, T. (2021). Pembuatan Mesin Pneumatic Power Forging Hammer Untuk Meningkatkan Produktifitas Pandai Besi Tradisional Di Aceh Barat Tempa merupakan proses pengolahan logam dengan perubahan bentuk dalam keadaan panas dengan sistem

pukulan . seperti parang , pisau , cang, 3(2), 196–204.

Dukolamo, S. (n.d.). Pandai Besi di Kelurahan Toloa Kecamatan Tidore Selatan Kota Tidore Kepulauan Syahril Dukomalamo 060815040, 1–14.

Nurbarokah, S., Utami, H., Pendahuluan, A., Tahunan, D., Putatsari, D., & Grobogan, K. (2019). Peningkatan Produktivitas Ukm Pande Besi Melalui Penerapan Ipteks Mesin Tempa Besi. Jurnal DIANMAS, 8(April), 47–52.

Sukardi, Jumadi, & Najamuddin. (2020). Perubahan alat-alat produksi pandai besi Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang 1990-2017. Attoriolog Jurnal Pemikiran Kesejarahan Dan Pendidikan Sejarah, 18(1), 21–35.

Titanika Kusumawardhani, R. (2019). Peningkatan Pemberdayaan UMKM Kreatif Dalam Pembangunan Ekonomi Ideal Indonesia.

Wardani, A. P. (2018). Pengaruh Aktivitas Industri Terhadap Struktur Ruang Di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Retrieved from http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167425/1/Anggirena Pramastia Wardani (2).pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.